Honda ADV 150 Dihajar di Sungai, Aman Dari Water Hammer

Honda ADV 150 Dihajar di Sungai

Bonsaibiker.com – Mas bro, kita masih ngintip terkait motor produk baru Honda yang baru saja keluar. Yup, mumpung masih hangat nih, dan banyak bikin penasaran orang, lantaran menuai banyak prodan kontra. Ya, kelahiran motor ini memang menjadi perdebatan menarik di antara lovers dan haters. So, biar lebih pro kontra lagi, kita intip yuk, Honda ADV 150 Dihajar di Sungai Padahal Baru Dateng Dari Dealer. ADV yang masih berpelat putih ini adalah punya mas bro Ian Juno‎. Nah, nanti komentar pro kontranya kayak mana gitu? Aihihihi!

Honda ADV 150 Dihajar di Sungai
Honda ADV 150 Dihajar di Sungai

Oceh masbro, ini kemungkinan bakal menuai kontroversi lagi terkait, beberapa waktu lalu dikabarkan ADV jeduk-jeduk shocknya saat melewati polisi tidur. Nah, sekarang malah dibawa ke sungai melewati bebatuan kecil, atau kerikil besar, jalan gujlak-gujlak.

Sungai yang di ambil adalah di daerah Kaliurang, area gunung Merapi. Rute ini memang biasanya digunakan untuk Jeep yang suka main offroad. Bareng juga dengan truk-truk pasir atau truk batu yang suka ngangkut batu atau pasir. Nah lumayan cukup menantang kan mas bro, aihihhihi.

Uniknya mas bro, saat menghajar Honda ADV 150 ini ke sungai, mas bro Ian Juno gak sendiri, katanya keder kalau sendiri. Pasalnya melahap area garuk tanah ‎musti punya bekel skill. Jadi mas bro Ian Juno ini ditemeni seorang Vlogger Fairuz Azka saat bawa motornya ke sungai.

adv-dibawa-ke-sungai
adv-dibawa-ke-sungai

Honda ADV 150 Aman dari Water Hammer

Masbro sekalian, satu catatan yang menarik disimak adalah bahwa menuru mas bro Ian Juno ini, ketika motor dihajari di Sungai yang juga nerjang air seperti di atas, motor aman dari water hammer.

Apa itu water Hammer? Mungkin ada yang belum faham water hammer mas bro. Ya, engine water hammer atau juga dikenal dengan hydro locking adalah keadaan saat mesin mobil atau motor mati mendadak. Hal ini terjadi lantaran ada air yang masuk kedalam ruang bakar melalui “air intake”. (Air dalam air intake adalah udara ya mas bro jadi kita cetak mirik, biar gak salah pengertian dengan air yang dalam bahasa Indonesia. Kemudian air yang masuk lewat “air intake” ini kemudian mendapat tekanan yang sangat besar di ruang silinder oleh piston. Nah saat dihajar di sungai, atau menerjang banjir memang ada kemungkinan motor terancam water hammer.

Lanjut mas bro, jadi saat air masuk area piston dan mendapat tekanan, maka bakal menyebabkan banyak kerusakan. Yaitu mulai dari :

  • Stang piston akan bengkok.
  • Sing piston akan rusak.
  • Dinding silinder akan terluka.
  • Melengkungnya head silinder.

Yup mas bro, ketika menghajar motor agar terhindar dari terjadinya engine water hammer ini dengan memastikan posisi genangan tak setinggi “air intake”. Ada bahkan yang mengatakan bahwa setidaknya 30 cm di bawah “air intake” supaya ketika melewati genangan, air tidak menyedot “air intake”.

Demikian mas bro, review singkat, yang kaitannya dengan AV yang dibawa ke sungai.

Batas ADV Nerjang Air agar Tidak mengalami Water Hammer

Bila misalkan terpaksa atau dipaksa ADV 150 melewati air, misal dihajar ke sungai seperti di atas, atau menerjang banjir, maka bakal teranncam water Hammer. Nah, ternyata di atas tidak terkena water hammer, kok bisa? Ya memang ada batas maksimal air yang bisa dilewati Honda ADV 150. Ya, batasannya ada di box filter udara.

Jadi seperti diulas dalam beberapa alinea di atas, ada intake udara atau “air intake” di box filter Honda ADV 150. Jadi sejauh air tidak setinggi lubang intake udara, masih aman.


6 Comments

  1. dari lingkar perut sama lingkar paha aja dah kebayang berapa bobot ridernya…di tambah medan yang berat..jadi bener bener kasihan motornya di siksa …

  2. Ini blm seberapa ekstrem
    Testimoni pemilik yg lain lebih ekstrem,bisa nanjak 60°
    Monggo dikunyah-kunyah sambil manggut-manggut

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.