Manokwari dan Sorong Rusuh, Mobil dan bangunan Dibakar, Bandara dirusak

Manokwari dan Sorong Rusuh

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah kabar dari Papua Barat, bahwa Manokwari dan Sorong Rusuh, Mobil dan bangunan Dibakar, Bandara dirusak. Yup mas bro, Kericuhan terjadi di Manokwari dan Jayapura, Papua Barat, terjadi pada hari ini Senin (19/8). Kerusuhan ini merupakan reaksi atas penangkapan mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya. Nah, ternyata kerusuhan di Manokwari dan Jayapura melebar hingga ke Kota Sorong. Sejumlah warga menggelar unjuk rasa yang berbuntut pada penutupan jalan. Bahkan bandara dirusak di Sorong.

Manokwari-dan-Sorong-Rusuh-Mobil-dan-bangunan-Dibakar
Manokwari-dan-Sorong-Rusuh-Mobil-dan-bangunan-Dibakar

Mas bro sekalian ada aksi pemblokiran jalan di Kabupaten Manokwari. Pemblokiran dengan menebang pohon, membakar ban dan pembakaran umbul-umbul merah putih oleh masyarakat asli Papua.

Kerusuhan Manokwari

Mas bro sekalian kurang lebih pukul 05.30 waktu Indonesia timur (WIT) di Manokwari telah dilakukan pnghalangan jalan dengan pembakaran ban dan penebangan pohon. Lokasi adalah di depan Hotel Swissbell, Koramil 1801-01/Kota Jl. Yos Sudarso, Manokwari. Selanjutnya pada Pukul 06.30 WIT diloanjut dengan pemalangan jalan dan pembakaran ban di Perempatan Lampu Merah Sanggeng Jl. Yos Sudarso.

Kemudian pada pukul 07.00 WIT pemalangan jalan dan pembakaran Umbul-umbul merah putih terjadi di jalan raya Jl. Yos Sudarso. Pukul 07.30 WIT terjadi pemalangan dan akses lalu lintas macet total di Putaran Sahara Jl. Yos Sudarso.

Jalan Yos Sudarso macet karena kerusuhan ini sehingga perlu penanganan lalu lintas. Bahkan masing-masing perorangan dan keluarga pendatang setiap lewat di caci maki.

Kerusuhan Sorong dalam Insiden Manokwari dan Sorong Rusuh

Sementara itu di Sorong terjadi aksi penutupan jalan berlangsung sekitar pukul 14.00 WIT. Sejumlah akses jalan utama Kota Sorong, seperti Jalan Basuki Rahmat, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Baru ditutup.

Selain itu mas bro, warga juga melempari batu ke arah personel pengamanan TNI dan Polri. Ratusan personel TNI dan Polri dari Polres Sorong, Papua, yang berjaga tampak dilengkapi dengan senjata laras panjang. Para petugas nampak sesekali melakukan tembakan peringatan agar massa tidak berbuat anarkis.

Salah satu titik ricuh, adalah di dekat Kantor Kodim 1704 Sorong. Warga melempari batu ke arah aparat TNI-Polri yang berjaga. Sementara di FB nampak bandara dirusak, dilempari batu dan ada mobil yang terbakar.

Berikut vidionya yang di Bandara Sorong

Mahasiswa Papua di Surabaya Sudah Dipulangkan

Sementara di tempat terpisah, sebanyak 43 mahasiswa asal Papua yang sebelumnya diamankan petugas Polrestabes Surabaya, telah dipulangkan. Bukan dipulangkan ke papua ya mas bro, dipulangkan ke Asrama Mahasiswa di Jalan Kalasan, Surabaya, pada Ahad (18/8) dini hari. Menurut keterangan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho mereka dipulangkan pasca menjalani pemeriksaan di Markas Kepolisian Resmi Kota Besar (Polrestabes) Surabaya.

3 Comments

    • Komentar rasis, mental penjajah (menganggap orang kulit gelap lebih rendah dari orang yang berkulit lebih terang)

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.