Esemka Dibilang Mobil China, ini Jawaban Dirut PT SMK dan Komparasi Esemka vs Changan

Esemka Dibilang Mobil China

Bonsaibiker.com – mas bro seklian, gonjang-ganjing seputar mobil Esemka. Yup, Esemka Dibilang Mobil China. Paling mengemuka saat diresmikan oleh pak Jokowi. Jadi Esemka yang umurnya baru 2 hari ini, memang talah banyak diterpa polemik. Salah satunya adalah tudingan bahwa mobil ini menjiplak mobil China, Changan. Menanggapi hal ini, munculla Jawaban Dirut PT SMK (Solo Manufakter Kreasi).

Esemka Dibilang Mobil China
Esemka Dibilang Mobil China

Yup masbro, pihak Esemka mebantah tundingan tersebut. Melalui Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya ditegaskan bahwa mobil Esemka betul-betul diproduksi dalam negeri. Perakitannya dikerjakan oleh anak bangsa.

Jelasnya mas bro, Esemka dituding menjiplak mobil China bermerek Changan. Nah mas bro, ramai di internet, khususnya di sosmed dipublish terkait kemiripan atau bahkan kesamaan antara produk Changan dan produk Esemka. Changan dalam situs resminya ternyata memiliki pick-up MD201 yang wujudnya disebut mirip dengan Bima. Dan memang nampak jelas kemiripan antara keduanya.

Eddy Wirajaya menegaskan bahwa Esemka benar-benar ingin serius bermain di industri otomotif Indonesia bukan hanya ganti emblem dari mobil China. Pria inimelanjutkan bahwa pihaknya telah kerja sama dengan para supplier, seperti ban, pelek, knalpot, sasis kargo. Semua itu menunjukkan bahwa mobil inibenar rakitannya.

Ini dai statmen Eddy “Kalau kita ganti emblem, ngapain kita bangun insfrastruktur ini (mendirikan pabrik-Red),”

Komparasi Esemka vs Changan

esemka-Changan
esemka-Changan

Nah mas bro, penampakan bosynya memang mirip. Kalau mesinnya macam mana bro? Simak:

Komparasi Mesin

  • Kalau liat di brosur tertera Esemka Bima dibekali mesin 1.2 L E-power 14 DOHC. Berdaya maksimum setara 72 kW atau kalau dikonversikan setara dengan 96,5 daya kuda dan torsi maksimum 119 Nm. Bobot Esemka Bima mencapai 2.150 kg.
  • Intip juga dengan Changan MD201 di situs resminya. Changan MD201 menggendong mesin 1.2L DOHC 16-Valve 4 silinder. Mesin yang tersemat pada Changan MD201 bisa menghasilkan tenaga setara 97 daya kuda pada putaran 6.000 rpm dan torsi 119 Nm pada rpm 4.800. Berat mobil pun sama yakni 2.150 kg.

Komparasi Dimensi dan Fitur

  • Esemka Bima memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm dengan kargo boks berukuran 2.750 mmx 1.600 mm x 460 mm.
  • Changan MD201 punya panjang 4.564 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.870 mm.
  • Untuk fitur juga transmisi tak ada informasi lebih detil mengenai Esemka Bima.
  • Fitur Changan MD201 mesinnya bertransmisi manual lima percepatan. Kemudian juga dilengkapi dengan sistem audio FM/AM juga AUX dan koneksi Bluetooth.

Nah, gimana menurutmu masbro?

4 komentar pada “Esemka Dibilang Mobil China, ini Jawaban Dirut PT SMK dan Komparasi Esemka vs Changan

    • 9 September 2019 pada 09:26
      Permalink

      Setubuh sama mas yogas, mau ngeles kaya gimana pun nyatanya 90,9% mirip, spesifikasinya juga bisa di bilang sangat mirip,.
      Tapi ya silahkan saya di tutupi,toh nanti kalau udh ada yg beli bakal terkuak buatan mana sebenernya mobil yg di bilang poduk anak bangsa ini..

      Balas
  • 9 September 2019 pada 17:02
    Permalink

    wah sama gimana? ini bueadda buanget broh. kyny yg bilang beda matanya musti dicek. ini beda cb aja liat pake sedotan

    Balas
  • 10 September 2019 pada 08:22
    Permalink

    Esemka terlalu tertutup untuk tidak dinyinyiri …. Mending jujur aja … Buka bukaan …. Ujug ujug ada peresmian …. Biasanya kalau mau ngeluarin produk tuh ikut pameran sana sini … Testndrive ke wartawan …. Lha ini ujug ujug nongggol …. Gimana ngak pada nyinyir ….

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: