Awan Caping di Gunung Merbabu Pagi Ini

Awan Caping di Gunung Merbabu

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, pagi menjelang siang ini wrganet dihebohkan oleh sebuah kabar terkait fenomena Gunung Merbabu pada Kamis (3/10/2019) pagi ini. Yaitu ada penampakan Awan Caping di Gunung Merbabu Pagi Ini. Warganet banyak yang mengunggah foto puncak Gunung Merbabu yang diselimuti awan tebal yang berbentuk Caping alias topi petani.

Awan Caping di Gunung Merbabu Pagi Ini
Awan Caping di Gunung Merbabu Pagi Ini

Yup mas bro ada awan berwarna cerah layaknya caping yang menutupi puncak gunung ini. Selanjutnya bisa ditebak. lantaran hal ini memang memukau. Maka bisa jadi bahan jepreten dan objek selfioleh warga yang selanjutnya menguploadnya ke sosial media.

Yup mas bro, fenomena awan caping di puncak Merbabu Jateng ini kabarnya telah berlangsung sejak saat matahati terbit dari ufuk timur pagi ini.

Awan-Caping-Merbabu
Awan-Caping-Merbabu

Kata warganet, Gunung Merbabu kepanasan mas bro, jadi harus menggunakan Caping. Aihiihih.

Nah, kalau menurut BMKG, bentuk awan seperti ini, yaitu yang berbentuk topi caping, atau piring raksasa. Kemudian awan yang melingkari gunung, disebut Awan Lenticular. Masih dari BMKG, awan ini sering ditemukan di dekat bukit atau gunung-gunung. Awan ini sering terbentuk dari hasil pergerakan angin yang menabrak dinding penghalang besar, seperti pegunungan dan perbukitan, sehingga menimbulkan sebuah pusaran. Nah pusaran inilah yang membentuk awan menyerupai piring terbang raksasa atau caping.

Yup mas bro, kejadian serupa memang kerapnampakdi beberapa gunung. Bonsaibiker pernah menulis dalam beberapa artikel berikut :

Yup demikian kilas berita dari gunung merbabu yang terletak di antara 4 kota ini, yaitu Boyolali, Salatiga, magelang, dan Klaten.

One thought on “Awan Caping di Gunung Merbabu Pagi Ini

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: