Jakarta Banjir Banyak Motor Kerendem, Ini Tindakan Penanganan Pada Motor

Jakarta Banjir Banyak Motor Kerendem

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, musim telah bener-bener berganti. Musim kemarau telah hilang, dan kini musim hujan datang. dan Bahkan musim banjir telah menyapa. Salah satunya adalah melanda Ibu Kota. Yup mas bro Jakarta Banjir Banyak Motor Kerendem, Tindakan Penanganan seperti apa yang bisa kita lakukan pada motor kalau kena banjir?

Jakarta Banjir Banyak Motor Kerendem, Ini Tindakan Penanganan Pada Motor
Jakarta Banjir Banyak Motor Kerendem, Ini Tindakan Penanganan Pada Motor

Yup mas bro, beberapa dari wilayah Jakarta banjir. Mulai dari Monas, Senayan, dan beberapa tempat lainnya. Eit ini jangan dikaitkan politik ya mas bro. Kita gak bahas politik.

Ya, TMC polda mengabarkan bahwa pada pukul 15:49 tadi Banjir 30-40 cm terjadi di depan Plaza Senayan Jl. Asia Afrika. TMC Polda Metero menghimbau pemotor agar hati-hati bila sedang melintas.‬

Liha vidio berikut ini mas bro!

https://www.youtube.com/watch?v=9Z-ZhyvEOyg&feature=youtu.be

Bahayanya Motor Kemasukan Air

Mas bro, bila motor sering dipake dalam banjir, kerendem banjir dan sebagainya, ada kemungkinan air masuk ke mesin. Baik itu lewat lubang intake atau lewat knalpot. Kalau mesin nyala, air gak masuk lewat knalpot. Tapi masuk lewat intake, bila banjir memang melebihi ketinggian intake. Kalau mesin mati, motor kerendem ya bisa 2 kemungkinan. Air bisa masuk intake, dan juga masuk via knalpot.

Nah, bila air yang masuk dalam jumlah besar, maka bisa berabe. Dimungkinkan air bakal mengalir sampai ke ruang mesin dan tercampur oli sehingga merusak komponen di dalamnya. Kalau ini terjadi dan didiamkan berlarut-larut, maka bakal merusak mesinnya. Kadang bila air masuk ruang pembakaran, maka kompressi motor bakal berlipat-lipat, ini bakal bikin mesin motor kadang pecah,pistor jebol dan sebagainya.

Selain itu air banjir ini juga bisa masuk melalui bagian lain di dalam kendaraan yang juga berbahaya. Yaitu diantaranya pada skuter matik masuk ke CVT dan pada motor bebek air masuk ke dalam cangklong busi. Lagi-lagi kalau ini dibiarkan ya bakal berabe.

Mengatasi Motor Kemasukan Air

Untuk kasus ringan, seperti air masuk ke dalam CVT maupun cangklong busi. Maka penanganannya cuku-mudah. Terdapat selang pada CVT yang berguna untuk menguras air agar tidak bersarang di CVT. Adapun pengguna motor bebek yang cangkling businya kemasukan ari, bisa mencabut cangklong busi dan mengeringkannya.

Lalu untuk motor yang kemasukan air bagian mesin, mmm, mayan berat nih! Biasanyaolilangsung berwarna susu. Kalau dibiarkan,mesin bakal berputar tanpa peelumasan optimal,maka mesin bakal aus.

Nah kalau mesin baru terkena air, kita langsung kuras oli mesin, flush atau bilas dengan cairan flush khusus. Bila nggak ada, bilas pake oli biasa aja 2 atau 3 kali. Selanjutnya mas bro, bila dikuras masih warna coklat susu atau malah putih, masih ada kandungan air tuh di dalam mesin. Ulangi sampe olinyang dikuras warnanya normal. Baru deh mesin motor berani dipake.

Kemudian mas bro, kalau motor dibiarin kemasukan ari, tak langsung ditanganin, misalkan kita sibuk,atau bengkel ngantri, ya mau gak mau mtor harus dibongkar bagian mesinnya. Bersihin atu-atu, lalu pasang lagi. Jreng ah nyala. Tapi ini butuh keahlian khusus mas bro, kalau gak bisa bawa ke bengkel aja deh.

One thought on “Jakarta Banjir Banyak Motor Kerendem, Ini Tindakan Penanganan Pada Motor

  • 21 Desember 2019 pada 15:03
    Permalink

    helm itu bukan kewajiban masbro tapi buat diri kita sendiri, sma aja bohong kalau ga dikancing helmnya

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: