Wacana Cukai Pada Asap Knalpot Dari Sri Mulyani Tuai Tanggapan Warganet

Wacana Cukai Pada Asap Knalpot

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, menteri Keuangan Sri Mulyani diberitakan menyampaikan sebuah usul terkait pengenaan cukai emisi kendaraan bermotor kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dalam hal ini Pemerintah menilai bahwa emisi asap knalpot itu memiliki dampak buruk terhadap iklim. Setelah diberitakan Wacana Cukai Pada Asap Knalpot Dari Sri Mulyani ini, ternyata menuai Tanggapan bragam dari Warganet.

Wacana Cukai Pada Asap Knalpot
Wacana Cukai Pada Asap Knalpot

Yup mas bro, seperti yang diberitakan CNN, Sri Mulyani menyatakan bahwa objek yang dikenakan cukai adalah kendaraan bermotor yang menghasilkan emisi CO2. Cukai ini menurutnya berpotensi pada penerimaan negara sebesar Rp. 15,7 triliun. Wew, mayan juga bro.

Namun begitu mas bro, saat wacana ini bergulir, pemerintah belum punya hitungan detail terkait dampak dari penggunaan kendaraan bermotor spasca cukai ini diberlakukan. Selain itu Sri Mulyani sendir memang belum menentukan besaran tarif cukai yang bakal dikenakan.

Nah mas bro, bila emisi kendaraan bermotor dari knealpot ini dikenakan cukai, harapan Sri Mulyani otomotif bakal beralih bikin kendaraan listrik. Maka kemudian masyarakat yang pake kendaraan berBBM bakal berkurang. Menurutnya ini adak aitannya dengan program pemerintah yang ingin mendorong produksi kendaraan berbasis listrik.

Regulasinya nanti adalah sebagai berikut

  • Subyek dari cukai emisi kendaraan bermotor ini adalah pabrikan dan importir.
  • Pengecualian pengenaan cukai terhadap kendaraan untuk diekspor, kendaraan pemerintah, dan kendaraan keperluan khusus, seperti ambulans serta pemadam kebakaran.
  • Pembayaran cukai dilakukan keitka kendaraan tengah keluar dari pabrik dan pelabuhan.
  • Proses pembayaran dilakukan secara berkala atau setiap bulan.
  • Tarif cukainya nanti advalorum atau spesifik multi tarif berdasarkan emisi CO2 yang dihasilkan.

Nah mas bro, kemudian hal ini menuai rekasi warganet. Banyak banget tanggapannya mas bro. Berikut diantaranya :

Jay Mujen Kira” di pedesaan banyak asap dapur yang ngebul…. dikenakan pajak juga gak ya…??
Muhtarudin Ayooo… semua di bikin pajak.klo kurang orang kentut di pajakin aja

  • Moch Rifa’i : Potensi pendapatan negara segitu dan potensi korupsi pun makin tinggi..🙈🙈🙈
  • Dedi AgenFashion‎ ke Info Warga Jember
    3 jam
    Siap-siap kocek kantong lebih dalam & harus kerja lebih giat lagi..
    Asap knalpot pun akan kena pajak berpotensi negara menerima 15.7T/th…
  • Shan : Di Mnyengsarakan rakyat kecil aja ini ibu mentri, asap knalpot kena pajak otomatis biaya transport bahan makanan/ barang” yg rata” mnggunakan truck jd naik….hrga kbutuhan pokok & semua barang dijamin naik melesat…..
    dan yg paling penting harga jual panther bisa turun…. 😠
  • Cusnung : klo memang kekurangan dana kenapa nggak knalpot pabrik yg besar2 itu saja yg dikenakan pajak bu Menteri keuangan🤔🤔🤔😥😥😥

7 Comments

  1. pintarnya menkeu kita ini. minus sana sini rumusnya tinggal + hutang + pajak. asap motor + kopis sachet dipajakkin alamakk. besok2 jangan kaget gorengan juga kena pajak

  2. Pajak pejabat di gedein dong,.. jangan selalu rakyat yg kena imbas kebijakan kamu…
    Rakyat jungkir balik cari rezeki kalian seenaknya menjadikan rakyat sapi perah,..
    Kl alasan supaya rakyat berpindah ke kendaraan listri ngga perlu segitunya bikin kebijakan bu,cukup murahin aja kendaraan listriknya, dengan begitu rakyat dgn senang hati akan pindah sendiri tanpa mesti di palakin kebijakan dulu…

  3. emang tujuannya menyengsarakan rakyat kok, klo rakyat makin terhimpit biaya ini itu maka pendidikan akan jadi korban, akhirnya rakyat jd goblog klo rakyat goblog bisa di goblogin…

    nganu nganu…

  4. selayaknya ibu ini lebih mengusahakan agar nilai kurs rupiah naik & perekonomian negeri ini lebih baik,tidak melulu berusaha menarik uang dari rakyat.usaha ibu itu tidak memakmurkan rakyat tapi lebih pada menyengsarakan rakyat,itu yg terasa saat ini

    • Idenya cemerlang ,cepat dan pintas ,tinggal buat aturan dan pencet kalkulator sekian ribu per knalpot kali sekian ratus juta knalpot.Tapi Saya lebih setuju dan sangat saya dukung kalau seandainya pemerintah mulai memikirkan bagaimana caranya mengurangi angka kemiskinan .buka pelatihan keterampilan /kerajinan /peternakan/bercocok tanam ,dll. Binaan dan arahan Apa saja yang laku dan di minati Pasar mancanegara (Komoditas expor) ,permudah fasilitas pinjaman modal ,bentuk wadah / instansi yang siap menampung /membeli dan memasarkan / exspor . jadi menurut saya cara ini lebih bijak ,bisa mengurangi pengangguran dan kemiskinan ,dan negara juga dapat pemasukan dari pajak .

  5. Seharusnya dia Tahu dulu dan dia data dulu sebelum keluarkan ide itu ,Per hari ada berapa jiwa rakyat indonesia Yang tidak dapat makan ,Berapa Bayi yang nggak dapat Susu ,Berapa bayi yang kurang gizi.Dan secara globalnya berapa ratus juta rakyat indonesia yang masih hidup dibawah garis kemiskinan.kok rakyat semakin dibebani dengan pajak dan pajak kenapa nggak sekalian orang kentut di pajakin ya .dan semua orang yang punya tanaman pohon kenapa nggak dipajakin sekalian sekian ribu per pohon kali berapa pohon . pohon juga kalau malam kan mengeluarkan gas CO2.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.