Wacana Cukai Pada Asap Knalpot

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, menteri Keuangan Sri Mulyani diberitakan menyampaikan sebuah usul terkait pengenaan cukai emisi kendaraan bermotor kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dalam hal ini Pemerintah menilai bahwa emisi asap knalpot itu memiliki dampak buruk terhadap iklim. Setelah diberitakan Wacana Cukai Pada Asap Knalpot Dari Sri Mulyani ini, ternyata menuai Tanggapan bragam dari Warganet.

Wacana Cukai Pada Asap Knalpot
Wacana Cukai Pada Asap Knalpot

Yup mas bro, seperti yang diberitakan CNN, Sri Mulyani menyatakan bahwa objek yang dikenakan cukai adalah kendaraan bermotor yang menghasilkan emisi CO2. Cukai ini menurutnya berpotensi pada penerimaan negara sebesar Rp. 15,7 triliun. Wew, mayan juga bro.

Namun begitu mas bro, saat wacana ini bergulir, pemerintah belum punya hitungan detail terkait dampak dari penggunaan kendaraan bermotor spasca cukai ini diberlakukan. Selain itu Sri Mulyani sendir memang belum menentukan besaran tarif cukai yang bakal dikenakan.

Nah mas bro, bila emisi kendaraan bermotor dari knealpot ini dikenakan cukai, harapan Sri Mulyani otomotif bakal beralih bikin kendaraan listrik. Maka kemudian masyarakat yang pake kendaraan berBBM bakal berkurang. Menurutnya ini adak aitannya dengan program pemerintah yang ingin mendorong produksi kendaraan berbasis listrik.

Regulasinya nanti adalah sebagai berikut

  • Subyek dari cukai emisi kendaraan bermotor ini adalah pabrikan dan importir.
  • Pengecualian pengenaan cukai terhadap kendaraan untuk diekspor, kendaraan pemerintah, dan kendaraan keperluan khusus, seperti ambulans serta pemadam kebakaran.
  • Pembayaran cukai dilakukan keitka kendaraan tengah keluar dari pabrik dan pelabuhan.
  • Proses pembayaran dilakukan secara berkala atau setiap bulan.
  • Tarif cukainya nanti advalorum atau spesifik multi tarif berdasarkan emisi CO2 yang dihasilkan.

Nah mas bro, kemudian hal ini menuai rekasi warganet. Banyak banget tanggapannya mas bro. Berikut diantaranya :

Jay Mujen Kira” di pedesaan banyak asap dapur yang ngebul…. dikenakan pajak juga gak ya…??
Muhtarudin Ayooo… semua di bikin pajak.klo kurang orang kentut di pajakin aja

  • Moch Rifa’i : Potensi pendapatan negara segitu dan potensi korupsi pun makin tinggi..🙈🙈🙈
  • Dedi AgenFashion‎ ke Info Warga Jember
    3 jam
    Siap-siap kocek kantong lebih dalam & harus kerja lebih giat lagi..
    Asap knalpot pun akan kena pajak berpotensi negara menerima 15.7T/th…
  • Shan : Di Mnyengsarakan rakyat kecil aja ini ibu mentri, asap knalpot kena pajak otomatis biaya transport bahan makanan/ barang” yg rata” mnggunakan truck jd naik….hrga kbutuhan pokok & semua barang dijamin naik melesat…..
    dan yg paling penting harga jual panther bisa turun…. 😠
  • Cusnung : klo memang kekurangan dana kenapa nggak knalpot pabrik yg besar2 itu saja yg dikenakan pajak bu Menteri keuangan🤔🤔🤔😥😥😥