Wacana Pembatasan Motor Terus Bergulir

Bonsaibiker.com – mas bro, sebuah berita yang membuat para pengguna motor tak nyaman duduk dan tak nyenyak tidur mungkin mas bro. Ya, ini adalah terkait Wacana Pembatasan Motor yang Terus Bergulir Panas di dunia pemberitaan.

Wacana Pembatasan Motor Terus Bergulir Panas
Wacana Pembatasan Motor Terus Bergulir Panas

wacana ini bermula dari anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Nurhayati Monoarfa. Ia menyampaikan sebuah wacana dalam rangka mengatasi kesemrawutan kendaraan di jalan raya dengan membatasi kepemilikan roda.

Wacana ini digulirkanNurhayati ketika memimpin Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan pakar. Yaitu saat membahas masukan dalam Penyusunan RUU Revisi UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dan RUU Revisi UU Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Rapat ini sendiri berlangsung di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta pada Selasa (18/2/2020) lalu.

Bu Waketukom V DPR RI ini mewacanakan selain dengan pembatasan kepemilikan kendaraan, ada juga pembatasan kepemilikan kendaraan roda dua atau sepeda motor. Spesialnya adalah terkait si area mana sajakah yang boleh roda dua untuk melintas.

Mas bro, menurutnya berkaca dari jalan nasional diseluruh dunia, tidak ada roda dua melintas. Kecuali di atas 250 cc. Jadi di jalan kabupaten, kota, provinsi motor gak ada yang melintas. Nantinya motor bakal melintas di jalan-jalan perumahan atau di jalur-jalur yang memang tidak dilintasi kendaraan umum.

Nah, ada pertanyaan bahwa roda dua gak bolehmelintas apakah bakal menyulitkan masyarakat luas? Menurutnya,masyarakat harus mulai berpindah ke angkutan umum. Misal di Jakarta kan dah ada Busway, MRT, dan sebagainya.

Selanjutnya mas bro, ternyata wacana ini mendapat respons positif dari pengamat transportasi Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) Djoko Setijowarno. Menurut pak Djoko ini, wacana tersebut musti direalisasikan dalam bentuk nyata. Menurutnya ini real sekali berkaitan dengan kesemrawutan lalu lintas dan juga masalah keselamatan.

Nah, piye mas brokira-kira bagaimana pendapatmu?