Tips

Sistim Kerja Pilot Jet dan Main Jet Pada Karburator Motor

Sistim Kerja Pilot Jet dan Main Jet

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, meskipun sudah era injeksi, namun yang namanya karbuarator masih saja banyak dipake oleh para pemotor. Bahkan di dunia balappun juga banyak yang mengaplikasikan ini. Nah, parahnya lagi di dunia balap liar malah sebagian mekanik justru lebih memeilih karbu ketimbang Injeksi. Yup mas bro, tak ada salahnya yuk belajar Sistim Kerja Pilot Jet dan Main Jet Pada Karburator Motor. Sedikit Tips trik mas bro.

Sistim-Kerja-Pilot-Jet-dan-Main-Jet
Sistim-Kerja-Pilot-Jet-dan-Main-Jet

Yup mas bro, ini setidaknyabisa memberi gambaran pada kita semua untuk bisa nyetting karburator agar bisa dalam kondisi sesuaidengan keinginan kita.

Yup jelasnya yuk kita baca yang disampaikan ‎Mbah Wahid‎ berikut :

Pada pilot jet dan main jet (set) terdapat lubang-lubang nozle di bagian samping. Banyak yg blm tau fungsi dari lubang tsb.
.
Kita ambil contoh lubang nozle pada pilot jet. Makin besar lubang nozle samping maka pasokan udara pada pilot jet makin besar. Akibatnya bahan bakar yg terhisap dari mangkok karbu makin sedikit karena banyak udara yg malah masuk ke ruang bakar.
Sama halnya pada nozzle pada bodi spuyer main jet. Makin banyak lubamg justru angin yg masuk tambah banyak. Dan bensin yg tersedot makin dikit. Maka dari itu biasanya disandingkan dgn main jet besar agar mixingnya sesuai.
Naahhh pada karburator balap biasanya terdapat 20 lebih lubang pada nozzle. Tujuannya untuk mengabutkan derasnya suplay bbm dari ukuran main jet yg besar, biasanya ukuran 150 keatas.
Pada motor standar gak perlu lubang yg segitu banyak, karena ukuran main jetnya yg kecil. Biasanya cuma 8-10 lubang dengan ukuran main jet gak jauh dari 120.
Demikian ilmu cocoklogi yg saya pahami dari cara lerja karbu.
.
.
Bergejil yg suka tanya mana bekakasnya minggir dulu sana.

Nah mas bro, cukup jelas kan ya. Mana yang untuk nyetting besaran bensin, dan mana ang untuk nyetting besaran udara yang masuk. Jadi stellah karbu sesuai peruntukannya biar pass. So selamat mencoba masbro. Biar jozz settingan motornya.

One thought on “Sistim Kerja Pilot Jet dan Main Jet Pada Karburator Motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.