Motor Ditutupi Jerami Ditinggal Derep

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah berita rada-rada bikin nyesek nih dari derah Jawa Tengah bagian selatan. Yup mas bro jadi ceritanya ada Motor Ditutupi Jerami Ditinggal Derep Malah Dibakar Orang Jeraminya. Ya angus motornya mas bro.

Motor Ditutupi Jerami Ditinggal Derep
Motor Ditutupi Jerami Ditinggal Derep

Dereb adalah memanen padi. Istilah di banyumasan adalah Mbawon, yakni kerja memanen padi orang lain dengan upah berupa bawon. Bawon adalah upah berbentuk padi bagi para pemanen di kampung.

Kejadian kabarnya belum lama ini, lalu dishare ke sosialmedia oleh akun fb Faiz Astyan’s merasa sedih. 21 jam lalu dengan statmen berikut : 

Ujiane wong mbawon..
Motor di tutupi damen palah damene di bakar wong..

Ini dia vidio kejadiannya mas bro:

View this post on Instagram

Motor ditinggal derep alias manen pari ditutupi jerami la jeraminya dibakar orang, hangus deh motor

A post shared by Bonsai Biker (@ucin99) on

Tkp kejadian adalah di daerah Wakeran, Kemranjen, Banyumas. Hal ini sebagaimana dishare oleh RydHaa sebagai berikut :

Begini ceritanya, mtore bapaku kue d parkir nng tanggul ora mtore bapaku tok banyak mtor lain,, lah bapaku bawone nang tengh2 adoh. Lah brhubung mtore bapaku karo kancane kue sing trllu perek damen dadi kebakar mtor bok ana bensine. Sing bakar haruase ya mikir ana mtor akeh pula nng kono. Kenapa di bakar,, dii tutupi damen kue ben joke ora panas. Netijen yang terhormat tolong la kue nek coment sing bagus mawon, aja gmg mtore maling bireng. Kue mtore bapaku agi nasib apes. Kejadian nng sawah wakeran,kemranjen, banyumas. Paham.

Terjemahannya begini mas bro:

Begini ceritanya, mtornya bapakku tersebut di parkir di tanggul,bukan cuman motornya bapakku doang, tbanyak motor lain juga. Nah, bapakku Upah padinya (bawon) berada di tengh swah jauh. Nah karena mtornya bapakku dan temennya ini terlalu dekat dengan jerami maka ikut kebakar motor yang ada bensinnya ini. Yang membakar harunsnya mikir, ada motor banyakdi situ. Kenapa di bakar, moto ditutupi jerami kan biar joknya gak panasa. Netijen yang terhormat tolong lah itu kalau komen yang bagus-bagus aja, jangan ngomong motor maling. Ini motor bapakku yang lagi kena nasib apes. Kejadian adalah di sawah Daerah Wakeran, Kemranjen, Banyumas. Paham.

Nah, gitu kira-kira kronologinya mas bro.