Mitra Binaan AHM Banting Stir Bikin Masker, Wujud Peduli Corona

Mitra Binaan AHM Banting Stir Bikin Masker

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah kepedulian akan wabah virus corona dari Mitra Binaan AHM. Yup mas bro, melonjaknya kebutuhan masker bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19 mendorong mitra binaan PT Astra Honda Motor (AHM) beralih produksi. Yup, Mitra Binaan AHM ini kini Banting Stir Bikin Masker sebagai Wujud Peduli Wabah Corona. Kelompok usaha binaan AHM yang bernama Kalihurip Satu Hati (KSH) ini semula memproduksi kain lap serba guna untuk memenuhi kebutuhan industri, termasuk AHM.

Mitra Binaan AHM Banting Stir Bikin Masker
Mitra Binaan AHM Banting Stir Bikin Masker

Sebagaimana kita tahu bahwa penggunaan masker di tengah pandemi Covid-19 ini adalahmerupakan kebijakan dari dari WHO. Nah, karena anjuran ini diperkuat pemerintah, maka wargapun banyak yang kemudian menggunakan masker. Hal ini membuat kebutuhan masker melonjak tajam mas bro.

Mensikapi hal ini, KSH yang beranggotakan 8 perempuan dari Desa Kalihurip, Karawang, memutuskan banting stir. Yakni yang awalnya produksi kain lap, kini berubah memproduksi masker kain sejak awal April 2020 ini. Di tengah pandemi ini muncul inisiatif untuk mengembangkan keterampilan dalam rangka penyediaan masker kain di Desa Kalihurip.

Mas bro sekalian, Lilis Solihat, Ketua KSH menyampaikan tanggapannya sebagai berikut :

“…mulanya kami membuat kain lap serba guna untuk dikirim ke pabrik-pabrik sekitar kawasan industri. Melihat adanya kebutuhan warga dan harga masker kain yang cukup tinggi di pasaran, kami berinisiatif membantu penyediaan masker kain, terutama untuk warga desa Kalihurip. AHM menyambut baik …”

Awalnya KSH bekerja sama dengan perangkat desa, memproduksi 4.000 masker kain untuk digunakan warga desa setempat. Nah mas bro Nantinya masker bikinan KSH ini diharapkan dapat terus bertambah jumlahnya seiring dengan kebutuhan masyarakat.

Komentar General Manager Corporate Communication AHM

Menanggapi Mitra Binaan AHM Banting Stir Bikin Masker ini General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin angakt bicara. Menurutnya usaha KSH diawali dari adanya bantuan modal awal dari AHM. Yakni dengan beberapa langkah berikut :

  • Memberikan hibah 7 mesin jahit industri dan kelengkapannya. Ini dilakukan pada akhir tahun lalu.
  • AHM kemudian juga memberikan modal usaha pembuatan kain lap serba guna untuk industri. Yakni yang berupa material seperti kain perca dan benang.
  • AHM membekali modal keterampilan pelatihan dasar menjahit, pelatihan organisasi hingga pengetahuan mengenai kewirausahaan.

Mas bro, Pak Muhib ini amat mengapresiasi KSH ini, meski dengan berbagai keterbatasannya, mereka tetap peduli.

O ya mas bro, sekedar share aja, bahwa KSH ini biasanya memproduksi kain lap serba guna yang memiliki kapasitas produksi hingga 2 ton per bulan. Lap produksi KSH ini telah dipasok ke AHM dan beberapa perusahaan lainnya di sekitar kawasan industri Indotaisei, Cikampek, Jawa Barat. Ya pastinya ini jadi pemberdayaan ekonomi bagi warga Kalihurip. Hasilnya bukancuman buat perorangan lho mas bro, tapi juga bisa bantu posyandu di 3 dusun yang bernaung di Desa Kalihurip. Muanteb mas bro.

One thought on “Mitra Binaan AHM Banting Stir Bikin Masker, Wujud Peduli Corona

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: