Bensin Bisa Basi Lantaran Kendaraan Jarang Dipakai Saat Covid-19

Bensin Bisa Basi

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah pertanyaan muncul, Bensin Bisa Basi Lantaran Kendaraan Jarang Dipakai Saat Covid-19? Ya umumny kita naruh kendaraan baik itu motor atau mobil di rumah. Lalu bensin atau bbm diisi banyak, dan kendaraan jarang pakai. Nah gimana kalau waktu lama, basikah?

Bensin Bisa Basi Lantaran Kendaraan Jarang Dipakai Saat Covid-19
Bensin Bisa Basi Lantaran Kendaraan Jarang Dipakai Saat Covid-19

Nah mas bro, terkait Bensin Bisa Basi ini, ngintip dari statmen Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung Tri Yuswidjajanto Zaenuri. Dalam statmennya yang dirilis kompas ia mengatakan bahwa bensin yang lama gak dipake ini basai. Hal ini terjadi lantaran ada perubahan unsur kimia dalam kandungan bahan bakar.

Kandungan unsur kimia ini bisa berubah lantaran bahan bakar ini terlalu lama mengendap di dalam tangki. Akhirnya kandungan bensin ini tercampur zat kimia lain. Jadi mas bro, unsur kimia dalam bensin yang lama mengendap bisa terkontaminasi dengan zat logam atau zat lainnya yang ada di tangki atau saluran bahan bakar.

Salah satu contoh kasus adalah misal saat tangki tidak penuh. Saat malam hari atau lantaran pengaruh cuaca, bisa bisa berembun. Maka selanjutnya tangki bisa tercampur kandungan air. Nah hal ini pastinya bisa mempercepat korosi.

Contoh kasus efek Bensin Bisa Basi ini adalah misal yang terjadi pada mas bro ini, ninjanya jarang pakai, isi bensin tidak full, akhirnya terjadi korosi pada tutup bensinnya.

Tutup Tanki Ninja 250 FI Karatan
Tutup Tanki Ninja 250 FI Karatan

Selengkapnya simak pada artikel berikut :

Tutup Tanki Ninja 250 FI Karatan, Lantaran Bensin Tidak Full dan Jarang Pakai?

Tips Agar Bensin Tidak Basi

Ternyata mas bro, untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bensin tidak basi atau tidak terkontaminasi zat lainnya. SIlakakn lakukan berikut ini!

  • Usahakan BBM dalam tanki harus penuh saat kendaraan ditinggal lama. Ini untuk menghindari pengembunan yang menyebabkan bbm tercampur air.
  • Sekalian dikosongkan, sehingga lebih aman Korosi tanki BBMnya.
  • Harus rutin memanaskan mesin kendaraan secara berkala. Minimal 2 atau 3 hari sekali. Tujuannya adalah agar bahan bakar bersirkulasi.

One thought on “Bensin Bisa Basi Lantaran Kendaraan Jarang Dipakai Saat Covid-19

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: