Daging Babi Dijual Jadi Daging Sapi Bikih Heboh Bandung, 4 Oran Diciduk

Daging Babi Dijual Jadi Daging Sapi

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah berita miris mas bro. Daging Babi Dijual Jadi Daging Sapi Bikih Heboh Bandung, 4 orang Diciduk. Lha di tengah carut-marut kondisi seperti ini, ada aja orang cari keuntungan dengan merugikan orang lain. Polisi membeberkan hal ini dalam sebuah konferensi pers pada hari ini, Senin, 11-05-2020.

Daging-Babi-Dijual-Jadi-Daging-Sapi-gambar-ilustrasi
Daging-Babi-Dijual-Jadi-Daging-Sapi-gambar-ilustrasi

Lantaran aksinya ini Polresta Bandung menciduk 4 pengedar sekaligus bandar daging babi yang dijual seolah-olah daging sapi tersebut. TKP adalah di wilayah Kabupaten Bandung. Kelompok ini dalam setahun telah menjual dan mengedarkan 63 ton daging palsu ini. Ngeri mas bro!

Identitas Pelaku dan Rekam Jejaknya

Mas bro Identitas dan Rekam Jejak pelaku dalam perkara Daging Babi Dijual Jadi Daging Sapi ini dijabarkan Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan sebagai berikut :

  • Identitas empat pelaku tersebut adalah berinisial T (54), MP (46), AR (38), dan AS (39).
  • Modus operandinya adalah mengolah daging babi hingga menyerupai daging sapi dengan menggunakan boraks.
  • T dan MP asli solo, ngontrak kurang lebih satu tahun. Barangnya dikirim oleh temannya dari Solo pake mobil pick-up.
  • T dan MP merupakan bandar daging, AR dan AS aalah bandar sekaligus pengecer.
  • AR ini jualan di daerah Majalaya, AS menjual di daerah Baleendah.

Ngeri juga mas bro, para kelaku ini sanggup menjual 63 Ton dalam Setahun.

Proses Distribusi Daging Babi Dijual Jadi Daging Sapi

Mas bro, sistem kerja para tersangka ini adalah bahwa mulanya T dan M beli daging babi seharga Rp45.000/kg dari Solo. Lalu diolah menyerupai daging sapi pake boraks, dijual lagi dengan harga Rp60.000 di tingkat bandar.

Dari bandar, di jual lagi ke tingkat pengecer yakni kepada AR dan AS. Di level ini harganya adalah Rp85.000 sampai Rp90.000/kg ke pasar dan masyarakat.

Mas bro, menurut pak Kombes Pol Hendra Kurniawan ini, seperti disampaikan di Antara sebenarnya ada sedikit beda antara 2 aging ini. Daging babi ini lebih pucat, tapi kalau daging sapi ini lebih merah. Nah lantaran dotambah boraks maka daging babi ini menjadi lebih merah mirip daging sapi.

Kini kurang lebih 600 kg daging babi diamankan polisi pada penggerebekan ini. Dari jumlah itu 500 kilogram di antaranya adalah diciduk dari freezer dan 100 kilogram sisanya diambil dari para pengecer.

Ancaman Hukuman Buat Pelaku

Lantaran perbuatannya ini mas bro, para pelaku dalam perkara Daging Babi Dijual Jadi Daging Sapi ini musti berbursan denga Pasal 91 A jo Pasal 58 Ayat 6 UU Nomor 41 Tahun 2014. Yakni terkait peternakan dan kesehatan hewan. Pelaku juga dikenakan ancaman Pasal 62 Ayat 1 jo Pasal 8 Ayat 1 UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Mereka ini bakal diancam dengan hukuman 5 tahun penjara.

Selanjutnya mas bro, pak Hendra ini mengimbau kepada masyarakat supaya lebih berhati-hati atas modus penjualan ini. Yakni daging babi yang diserupakan dengan daging sapi, terutama di wilayah Kabupaten Bandung. Ya sedikit lebih murah, tapi kan daging babi, bukan sapi.

One thought on “Daging Babi Dijual Jadi Daging Sapi Bikih Heboh Bandung, 4 Oran Diciduk

  • 12 Mei 2020 pada 15:41
    Permalink

    Masyarakat disuruh hati hati, kalo sudah dikasi boraks gimana mau ngebedain nya, hadeuh. Harusnya pemerintah taruh petugas khusus di tiap pasar untuk bertugas mengawasi tindak kecurangan penjual (bukan hanya daging sapi) seperti ini. Kalo perlu keluarkan keluarkan peraturan dilarang berjualan seumur hidup untuk pedagang nakal seperti ini

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: