Tips

Pengguna Motor Matic Di Pegunungan Jangan Sungkan Sering Istirahatkan Rem, Ingat Kasus RIP Azizah!

Pengguna Motor Matic Di Pegunungan

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah peringatan yang mungkin sering diabaikan. Ya, Pengguna Motor Matic Di Pegunungan Jangan Sungkan Sering Istirahatkan Rem. Pasalnya sering kali motor matik ini mengalami kecelakaan lantaran rem terlalu panas akibat kelamaan ngerem atau salah teknik pengoperasian.

Pengguna Motor Matic Di Pegunungan
Pengguna Motor Matic Di Pegunungan

Kejadian Pengguna Motor Matic Di Pegunungan mengalami kecelakaan maut memang sering terjadi. Baik itu di wilayah yang terkenal macem bromo, Cemorosewu, dieng, dan sebagainya. Sehingga kejadiannya terliput oleh media. Kadang juga terjadi di wilayah tak terkenal sehingga tak terliput media. Padahal banyak sekali kejadiannya.

Tips Menggunakan Rem Motor Matik di Pegunungan

Yup mas bro, motor matik memang tak dibekali dengan engine brake. Sehingga ketika pada turunan panjang, yang bekerja adalah murni hanya rem saja untuk mengontrol motor. Mesin tak memberikan engine brake layaknya motor bebek atau motor sport. Di sini banyak pemotor yang cuman ngerem saja dibejek keras-keras. Akhirnya rem ngeblong, bahkan ada yang ngelock karena kepanasan. Akhirnya tak jarang petaka yang berujung maut terjadi.

Mustinya pengguna matik tidak membejek remnya keras-keras. Harus sering istirahat bila menemukan turunan panjang. Seksekali rem dilepas lalu rem kembali. Untuk menghindari rem blong pada matik ini.

Kasus RIP Azizah

Lihat saja baru-baru ini mas bro, sebuah kecelakaan yang dialami pengguna motor matik. Sebagaimana dishare oleh akun Sonny Johnbmc 29 Mei lalu sebagai berikut :

#LAKA_JALAN_VIRAL__BAWANG__DIENG
Hari ini terjadi Laka Dijalan Yang lagi Viral Bawang Dieng pasangan suami istri :
Nama gunawan 24 tahun dan istri saudari azizah 23 tahun.warga Plenden Rt 04/02 kelurahan Pretek.Kec Pecalungan kab.Batang.
Pagi ini jumat 29 mei 2020 pukul 05.30 wib Sengaja untuk berangkat wisata keluarga berdua dengan tujuan ke jalan Viral yaitu
Jalan Tembusan Baru Bawang_Dieng.
Setelah sampai Disana dalam perjalanan pulangnya tepatnya di desa Sigemplong Pranten sekitar pukul 08.00 wib lebih mengalami laka pribadi ( Rem Blong ) Menggunakan motor Matic.
Sehingga motor tidak dapat dikendalikan dan
Mulai melaju Liar dan Akhirnya terpelosok ke dalam jurang setinggi kurang lebih 50 Meter.

Gunawan sempat mengabarkan kejadian kepada kerabatnya Dan Mencoba naik ke jalan Raya Meminta Bantuan pada warga.
Dengan Rasa sakit yang tidak karuan pun ditahan oleh Gunawan sambil membawa Sang istri tercinta Dari Bawah jurang sampai keatas yang sudah tidak sadarkan diri untuk dinaikan ke Mobil bak terbuka menuju Rumah Sakit Kecamatan Bawang.
karena medan dan jarak yang lumayan sulit Azizah yang mengalami luka benturan keras pada rahangnya pun meninggal Dunia
Di Rumah sakit Bawang.
( luka parah / pada Rahang Terbentur keras ) jenazah sampai Dirumah pukul 10.30 wib.
Di Plenden Desa pretek kec pecalungan kab.Batang Dan Dimakamkan Pukul 13.30 Wib Semoga Dimudahkan ❤?
.
https://www.instagram.com/p/CAx8c1PHDdb/?igshid=82bzlallz4wh
.
.
#Laka_Jalan_Viral_Bawang_Dieng
Sonny John Cyberman Indra GrOw

Mas bro, simak beberapa kejadian rem matik blong yang telah dishare bonsaibiker berikut!

So, Pengguna Motor Matic Di Pegunungan Jangan Sungkan Sering Istirahatkan Rem, Ingat Kasus RIP Azizah!

2 komentar pada “Pengguna Motor Matic Di Pegunungan Jangan Sungkan Sering Istirahatkan Rem, Ingat Kasus RIP Azizah!

  • matic sbtlnya ada engine break tapi minim. waktu turun jgn dilepas gasnya. tapi di gas tipis2. begitu rpm dirasa mau hilang langsung di gas tipis. lalu penggunaan rem disimulasikan spt abs. pulsing. bergantian antara depan – belakang jd tidak cpt panas. kalau memaksa rem terus maka akan terjadi panas pd kanvas rem dan akhirnya rem fatigue alias blong. di turunan yg panjang lebih baik disempatkan berhenti istirahat untuk mendinginkan rem

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.