Balapan Motor

Kenapa Cornering di U Turn Sering Ndlosor? Bahaya lo, Ini 3 penyebab dan Tipsnya!

Kenapa Cornering di U Turn Sering Ndlosor

Bonsaibiker.com – sebuah pertanyaan mas bro. Kenapa Cornering di U Turn Sering Ndlosor? Ini sering terjadi untuk para pemula, bak tu yang belajar balap di sirkuit maupun belajar otodidak di jalan raya. Apa sebab kira-kira?

Kenapa Cornering di U Turn Sering Ndlosor
Kenapa Cornering di U Turn Sering Ndlosor

Yup mas bro, Kenapa Cornering di U Turn Sering Ndlosor? Coba kita intip balapan jalan raya macam di Monasco, sering kali ada yang ndlosor. Banyak kejadiannya yang terrekam kameralalu dishare di sosial media. Silakan saja simak di artikelberikut ini!

Kumpulan Vidio Crash di Monasco, Pada Ngeri-ngeri Gan, Ada CBR250RR dan Ninja250R Crash

Atau coba kita lihat kejadian ndlosor ketika di u turn di daerah pegunungan. Simak vidio ini!

Jadi Kenapa Cornering di U Turn Sering Ndlosor? Yup mas bro, memang banyak faktor yang terjadi dalam insidne ndlosor di U turn ini. Ya secara umum ada 3 point yang sering terjadi dalam ndlosornya rider saat di uturn.

  • Ngerem Depan dengan kuat saat U turn. Jadi ketika cornering sementara kondisi motor miring, lalu rem depan ditarik, maka titik beban akan bertumpu pada ban depan. Kondisi ini berbahaya mengingat ban depan yang digunakan bermanuver bakal ngelock atau terkunci. Motor miring saat berbelokpun gampang terjatuh. Yup mas bro, sebaliknya ketika cornering, lalu posisi motor miring, maka menginjak rem belakang akan memudahkan motor kembali pada posisi tegak setelah melewati tikungan.
  • Faktor yang ke dua adalah salahnya posisi tubuh dan tang dalam bermanuver. Contoh, ketika motor belok kiri, maka posisi setang sebaiknya tetap. Selanjutnya biarkan gerak tubuh yang mengendalikannya. Jadi posisi badan harus direbahkan, yakni menarik bahu kiri ke dalam, menjepit tangki dengan kaki kanan, dan menekan footstep pakai kaki kiri. Nah,trik ini kalau tidak diperhatikan pengendara bisa mudah jatuh.
  • Faktor tidak sesuainya kecepatan dengan kemiringan tubuh. Yup mas bro, ketika cornering, kita rebah terlalu dalam,sementara kecepatan terlalu pelan, bakal ndlosor. Sebaliknya kita kencang, lalu badan nggak rebah, maka motor gak bakal belok optimal. Kitapun bisa jatuh.
Knee Down Di Monasco Lalu Crash (5)
Knee Down Di Monasco Lalu Crash (5)

Sebenarnya masih banyak faktor lain, baik faktor teknis motor ataupun kondisi ban, kondisi jalan dan sebagainya. Namun ini yang kita ulas adalah terkait keterampilan dalam bercornering saja.

Tips Cornering Bagi Pemula

Lalu bagaiman tips-tips agar mudah bercornering bagi pemula? Simak beberapa tips berikut mas bro :

  • Pada awal cornering tekan tuas rem depan dan belakang serta turunkan gas dalam rangka menurunkan kecepatan sesaat sebelum nikung dan turun gigi.
  • Untuk memulai belok, arahka motor dari bagian luar jalan terlebih dahulu guna menuju ke sisi dalam tikungan. Ancang-ancang mas bro.
  • Selanjutnya geser titik beban tubuh ke bagian dalam tikungan. Namanya adalah body steering. Cukup hanya menggeser posisi duduk menjadi lebih condong ke dalam tikungan, ke arah motor mau nikung.
  • Ingat, kepala dan mata tidak boleh jelalatan, harus fokus ke arah yang seharusnya kita tuju. Misal ada UG di pinggir jalan, ya gakboleh kita intip, aihihihi.
  • Saat motor mulai merebah menikung, tarik gas motor dengan lembut dan taratur agar motor stabil dan tidak melambat.
  • Ketika mendekati titik keluar tikungan, pindahkan kembali posisi berat badan ke tengah jok. Hal ini dilakukan supaya mudah untuk menegakkan motor keposisi awal sebelum nikung.
  • Setelah lepas dari tikungan, bejek gas pol.

Demikian sedikit artikel tentang Kenapa Cornering di U Turn Sering Ndlosor dan tips cornering.

5 komentar pada “Kenapa Cornering di U Turn Sering Ndlosor? Bahaya lo, Ini 3 penyebab dan Tipsnya!

  • kekencengan itu mah, jangan samain ama pembalap motoGP, motor mereka relatif lebih stabil dan U Turn nya jg gak sempit track nya.

    Balas
  • …bego n egois di jalan umum nyari mati min RS …. bahaya tp bersikap bego , orang lain bisa kena musibah

    Balas
  • Pake ban cacing aja sok miring2….

    Balas
  • Nambahin mbah..
    Tips cornering :
    1. sewa sirkuit legal
    2. helm + wearpack

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.