Berita Umum

Cara Verifikasi Blog WP Ke Google Webmaster Tools udpate 2020

Cara Verifikasi Blog WP Ke Google

Bonsaibiker.com – mas bro, kali ini kita sedikit share Cara Verifikasi Blog WP Ke Google Webmaster Tools. Karena dengan Verifikasi Blog WP Ke Google Webmaster Tools ini kita dapat berbuat banyak dengan mengetahui kondisi umum blog kita di mata google. Kita bisa melakukan analisa, rencana, dan pengembangan yang sesuai dengan keinginan google, sehingga blog kita mudah tenar.

Cara Verifikasi Blog WP Ke Google Webmaster Tools
Cara Verifikasi Blog WP Ke Google Webmaster Tools

Sebelum memulai silakan dulu pehuhi syarat-syaratnya :

  1. Punya akun Google yakni berupa Gmail.
  2. Punya blog wordpress, baik itu yang gratisan atau berbayar.
  3. Siapkan koneksi internet yang cukup serta perangkat mengakses blog, yakni HP, PC, atau Laptop.

Langkah Pertama, Membuka Menu Tempat Verivikasi di Blog

Langkah pertama yang harus anda lakukan terkait “Cara Verifikasi Blog WP Ke Google” ini adalah kenali cara masuk ke admin blog dengan mengakses dasbor admin klasik. Caranya adalah :

  • Misal nama blog anda https://banifaqih.school.blog/ maka ada harus menambah wp-admin. Jadinya adalah https://banifaqih.school.blog/wp-admin
  • Misal nama blog anda adalah https://alfiyahsuhaima.wordpress.com/ maka ada harus menambah wp-admin. Jadinya adalah https://alfiyahsuhaima.wordpress.com/wp-admin

Lalu tekan Enter, maka akan keluar seperti di bawah ini!

Bani Faqih
Bani Faqih

isilah email atau user name blog anda, lalu tekan enter, lalu masukkan password anda dan silakan tekan enter atau log in. Maka akan keluar dasbor seperti berikut ini!

dasbor banifaqih
dasbor banifaqih

Selanjutnya mas bro, silakan pilih menu Tools di sebelah kiri halaman. Atau kalau disetting bahasa indonesia akan muncul menu Peralatan. Lalu pilih Available tools, Maka akan muncul seperti di bawah ini! Pada kolom Google Webmaster tools inilah kita akan mempaste kode dariakun google kita.

Langkah Ke 2, Minta Kode Verivikasi

Cara Verifikasi Blog WP Ke Google yang ke dua adalah buka google, lalu ketik Google Search Console, lalu akan muncul seperti ini :

Pilihlah yang berlingkaran merah, dan silakan klik. Selanjutnya anda akan dibawa ke form log ini google. Silakan masukkan email anda yakni Gmail anda. Harus Gmail, karena harus email dari google. Klik lanjut. Lalu masukkan password dan tekan enter. Anda akan melihat menu seperti ini :

verivikasi-banifaqih
verivikasi-banifaqih

Selanjutnya mas bro silakan pilih yang sebelah kanan, yakni dengan judul Awalan URL. Selanjutnya silakan masukkan alamatblog anda ke kolom isian! Yakni yang ada tulisan Masukkan URL. Misalnya adalah https://alfiyahsuhaima.wordpress.com/ lalu klik TERUS!

Di sini anda akan disuguhi 5 macam cara verifikasi yakni :

  • File HTML
  • Tag HTML
  • Analitis Google
  • Google Tag Manager
  • Penyedia nama domain

seperti ini penampakannya :

bani faqih ver
bani faqih ver

Nah mas bro, silakan pilih yang ke 2, yakni Tag HTML. Klik tulisan Tag HTML maka akan keluar yang seperti ini!

Nah dalam kolom yang di sebelah kanannya ada tulisan Salin itulah kode verifikasi Google yang harus kita copy dan paste ke blog kita. Pertama kita copy dulu, atau klik SALIN. Lalu paste di word, maka akan nampak kira-kira seperti ini :

Nah mas bro, kode tersebut beru muncul masih original , seperti yang di atas. Lalu saya kasih gambar panah ke bawah, dan saya kasih warna merah yang bawah. Nah silakan Copy tulisan yang berwarna merah saja. Jangan tutup dulu ya menu yang ini, nanti kita akan balik lagi ke sini.

Langkah ke 3, Paste Kode Verifikasi Google

Langkah ke 3 terkait Cara Verifikasi Blog WP Ke Google ini adalah kita kembali ke blog kita tadi, pada menu tools, lalu bagian avalilable tools, nampak seperti ini!

Nah mas bro, silakan paste kode verifikasi Google yang berwarna merah tadi, yakni yang seperti ini :

T0ljFpneKkLzbORmmfrRKS42t1cLUHHtAwAHi0j2qys

ke kolom google webmaster tools di blog anda seperti nampak diatas. Setelah kode verifikasi Google dipaste ke kolom google webmaster tools,silakan geser ke bawah halaman anda, lalu klik Save, atau save Changes, atau simpan perubahan.

Ingat tidak ada warna merah dalam praktik asli, saya kasih warna merah karena untuk mempermudah saja dalam pembelajaran.

Nah, di sini kita sudah menyimpn kode verifikasi google pada blog kita.

Langkah selanjutnya kita kembali ke menu Google Webmaster Tools tadi.

Langkah ke 4, Verivikasi

Yup mas bro, Cara Verifikasi Blog WP Ke Google ini setelah kita simpan kode verifikasi Google tadi, kita masuk ke menu google webmaster tol tadi, yang gak kita tutup. Nampak seprti di bawah ini!

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah image-6.png

Kita tinggal klik verifikasi. Selesai. Maka blog anda sudah terverifikasi di google webmaster tools.

One thought on “Cara Verifikasi Blog WP Ke Google Webmaster Tools udpate 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.