Beli Motor Terancam Dituduh Penadah

Bonsaibiker.com – sebuah kisah yang musti jadi pembelajaran buat kita. Yakni, ada kisah Beli Motor Terancam Dituduh Penadah, akhirnya yang beli tadi tekor, harus balikin motornya dan hanya diberi ganti 50% dari harga motor yang dia beli dulu. Almak tekor. Musti hati-hati kalau beli motor di group jual beli.

Beli Motor Terancam Dituduh Penadah
Beli Motor Terancam Dituduh Penadah (ilustrasi)

Kisah Beli Motor Terancam Dituduh Penadah ini seperti yang paparkan oleh mbah Anton Pramono ini :

Hati-hati mbah kalo mau melakukan jual beli kendaraan bermotor (di kasus ini motor) karena salah-salah kita bisa rugi.
Bagian atas TS (sebut saja Mawar eh Fulan) membuat postingan dengan menyertakan SS postingannya sebelum itu (di bagian bawah).
Ceritanya Fulan membeli motor dari seorang makelar di marketplace. Motor dan surat-suratnya oke. Cocok. Kemudian ada orang yang mengaku kalo motor itu hasil kejahatan (pencurian). Setelah dirunut ternyata sudah dilaporkan motor hilang satu tahun lalu. Dan belakangan surat-surat oleh X yang ternyata ponakan pemilik motor (sebut saja Y) dibeli. Nah X ternyata kemudian menjual motor beserta surat-suratnya kepada Fulan, melalui makelar. Dan sayangnya jual beli itu tidak menggunakan bukti jual beli.

Di akhir cerita, Fulan akan dilaporkan ke polisi kalo tidak mau mengembalikan motor itu. Namun hanya akan diberi 50% dari uang penjualan.

Dari cerita ini ada kemungkinan terjadi persengkongkolan antara X, Y dan makelar hingga terjadi jual beli ini. Dalam persengkongkolan ini Fulan akan di posisi lemah di mata hukum karena bisa disangkakan sebagai penadah hasil kejahatan. Akhirnya Fulan harus mau mengikuti apa kata X, Y dan makelar.

Meskipun sebenarnya (bila polisi bisa obyektif benar) Fulan punya alibi kalo dia bukan penadah (harga belinya sesuai harga pasaran), namun lemah lagi karena tidak ada bukti jual beli (kuitansi). Fulan bisa saja kuat di mata hukum, namun dia akan jadi korban penipuan oleh makelar dan X. Dan seperti kebiasaan, korban penipuan belum tentu berarti kerugian materi bisa digantikan.
Akhirul kalam, baik Fulan menang maupun kalah, dia akan rugi. Demikian pula bila dia mengikuti apa kata X, Y, dia rugi uang 50% dari yang sudah dibayarkan untuk beli motor itu.

Saran, bila mau beli kendaraan, pastikan kendaraan tidak dalam status bermasalah

Statmen di atas merupakan pemaparan dari postingan asli sebagai berikut :

Yup mas bro, dari kisah Beli Motor Terancam Dituduh Penadah ini setidaknya kita musti waspadai beberapa hal. Pertama ya kalau beli motor musti pastikan tidak dalam masalah. Artinya ya tu riwayat motor tersebut. Selanjutnya kalau membeli musti hari ada bukti otentik, yakni kwitansi yang bisa buat jaga-jaga kaalu nanti ternyata motor ini terindiksi ada kasus seperti di atas.