Berita Umum

Embun Salju di Dieng Jadi Tujuan Wisata Menarik, Suhu -3 Derajat Celcius

Embun Salju di Dieng

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah fenomena tahunan dimana muncul Embun Salju di Dieng. Nah pastinya ini Jadi Tujuan Wisata Menarik mas bro bagi yang belum pernah ihat salju. Ya, kini di Indonesia terutama di Pulau Jawa tengah dingin-dinginnya suhu. Suhu di Dieng sendiri kini dikabarkan sampai -3 Derajat Celcius, makanya banyak embun membeku.

Embun-Salju-di-Dieng
Embun-Salju-di-Dieng

Yup mas bro dalam beberapa hari ini dataran tinggi Dieng diselimuti embun salju. Embun upas, begitu kira-kira sebutan embun salju untuk yang ada di Dieng ini oleh warga setempat. Embun ini telah muncul sejak Jumat (24/7/2020) hingga Minggu (26/7/2020) pagi, bahkan kini kabarnya juga masih ada.

Kok biya ya? Yup mas bro, ini merupakan sebuah fenomena alam yang disebabkan suhu di Dieng ini mencapai 0 derajat celsius atau bahkan lebih dingin lagi. Seorang karyawan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Aryadi Darwanto, Senin (27/7/2020) dikutip dari kompas mengatakan bahwa suhu udara ketika itu adalah 0 derajat celsius. Maka ada embun es, tapi tipis. Kemudian Sabtu embun es lebih tebal.

embun-es-dieng
embun-es-dieng

Masih menurut pak Aryadi penampakan embun es atau embun salju ini paling banyak adalah berada di kawasan kompleks Candi Arjuna. Senin pagi, Telaga Balekambang yang dipenuhi enceng gondok sempat tertutup embun es.

7 Kali Fenomena Embun Salju di Dieng 2020

Mas bro sekalian fenomena embun es di Kawasan Dieng untuk tahun 2020 ini menurut pak Karyadi ini sudah terjadi sebanyak 7 kali. Simak berikut ini :

  • Embun Salju pertama di Januari 2020 disebabkan adanya anomali cuaca. Pengaruh Badai Diana di Laut Selatan Jawa.
  • Embun salju ke dua muncul di dataran tinggi Dieng pada Juni.
  • Embun Salju kemudian muncul lagi tapi tidak tercatat, tidak terdokumentasikan, warga ada yang nge-upload di medsos di kisaran Juni-juli.
  • Juli Akhir Juga muncul embun salju.
  • Embun Salju ini diperkirakan akan terjadi beberapa kali hingga puncak dingin, yaitu di bulan Agustus-September. Tahun lalu, suhu di sekitar bulan itu mencapai minus 9 derajat celsius.

2 komentar pada “Embun Salju di Dieng Jadi Tujuan Wisata Menarik, Suhu -3 Derajat Celcius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.