Tim Safety Riding AHM

By Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini Tim Safety Riding AHM Berikan Tips Teknik Kontrol Gas dan Pengereman yang Baik nih. Sudah tentu dalam berkendara itu tidak boleh ngasal. Semua ada tata caranya kalo kita mau memilih aman dan selamat dalam berkendara.

Yup mas bro, tim Safety Riding PT AHM memberikan pengetahuan dasar tentang keselamatan berkendara nih. Ilmu ini bisa buat pemula ataupun buat yang udah mahir. Awalnya pengenalan terhadap fitur keselaman berkendara seperti sistem pengereman, kaca spion, instrumen lampu, dan lainnya.

Lalu lanjut mempelajari teknik berkendara nih mas bro. Metode latihan dengan menggunakan motor statis atau mesin dalam keadaan mati. Saat teknik pengereman, motor dalam keadaan mesin mati dengan posisi standar tengah, tutup putaran gas lalu tarik tuas rem dengan 4 jari juga tarik tuas rem belakang atau injak pedal rem belakang. Lalu tarik tuas kopling dan turunkan kaki kiri.

Alat simulasi berkendara juga ada nih mas bro. Yakni Honda Riding Trainer (HRT) untuk berlatih teknik dasar berkendara secara aman dan efektif. Metode lainnya ada juga dengan menjalankan sepeda motor dari titik A menuju titik B yang didampingi instruktur berpengalaman.

Ada 3 tingkatan pelatihan teknik pengereman nih mas bro. Tingkat pertama, latihan terfokus pada kordinasi putaran gas, tuas rem/pedal rem dan tuas kopling. Lalu Tingkat kedua, berlatih mengerem dengan kecepatan lebih tinggi yang bertahap antara 30km/jam – 50km/jam. Dan tingkat ketiga, berlatih dengan kecepatan 60km/jam yang jarak berhentinya 17-20 meter dari titik awal penarikan tuas rem.

Saat lewat tikungan, pengendara ngerem secara perlahan sebelum lewat daerah tikungan mas bro. Kecepatan tetap konstan dan jangan mengurangi atau menambah gas dengan mendadak. Posisi motor dan tubuh juga dalam kondisi seimbang agar tidak tergelincir.

Untuk latihan teknik kontrol gas dilakukan dengan membuka gas dengan cara diputar perlahan dan menutup putaran gas dengan cepat. Kalau ada tuas kopling tarik tuas kopling dengan cepat dan lepaskan secara perlahan.

Johanes Lucky, Manager Safety Riding AHM mengungkapkan bahwa ilmu yang diberikan tidak hanya teknik mengatur bukaan gas dan teknik pengereman, tapi teknik berkendara seperti postur tubuh yang tepat, teknik dalam macam-macam situasi jalan raya, serta mengenal rambu-rambu lalu lintas juga diajarkan. Faslitas AHM Safety Riding Park (SRP) ada area course on road seperti keseimbangan, pengereman, cornering dan slalom, tanjakan dan turunan.

AHM Safety Riding Park

Jadi simulasi berbagai situasi jalan raya ini ditemukan di pusat pelatihan keselamatan berkendar mas bro. AHM Safety Riding Park (AHM-SRP) ada di kawasan Deltamas, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. AHM-SRP adalah sarana pelatihan berkendara yang mengajarkan cara berkendara sepeda motor di jalanan beraspal atau on road dan juga jalanan off road.