Kantor Kejaksaan Agung Terbakar, Nasib Berkas Perkara Gimana? Ngeri

Kantor Kejaksaan Agung Terbakar

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, Kantor Kejaksaan Agung Terbakar. Ya, Kantor yang berlokasi di Jalan Sultan Hasanudin Dalam, Nomor 1, RT 011/RW 007, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini hangus. Kejadian adalah pada Sabtu (22/8/2020) malam hingga dini hari tadi. Api mulai menyala sekitar pukul 19.10 WIB.P ihak pemadam kebakaran langsung mendatangi lokasi usai menerima laporan.

Kantor Kejaksaan Agung Terbakar
Kantor Kejaksaan Agung Terbakar

Mas bro, titik kebakaran adalah berada di gedung utama atau Gedung Bundar Kejagung RI. Dari area tersebut kemudian api membesar dan merembet ke gedung lokal di sebelahnya.

Usai terjadi kebakaran ini, Jalan Panglima Polim Jakarta ditutup. Akses masyarakat dialihkan dari dan ke Blok M. Mas bro saat itu Blok M cukup ramai, lantaran ini adalah akhir pekan. Maka polisi kemudian melakukan penyekatan. Beberapa saat setelah Kantor Kejaksaan Agung Terbakar ini di sekitar lokasi kebakaran banyak warga berusaha mendekat. Karena berbahaya dan bisa jadi mengganggu kinerja petugas pemadaman, maka disekat oleh aparat.

Hingga beberaa jam berikutnya api belum berhasil dipadamkan. Petugas dikabarkan telah mengerahkan 22 unit mobil pemadam kebakaran pada tahap awal. Hingga pagi ini , 65 unit damkar telah diterjunkan.

Hingga 10 Jam Gedung Masih Terbakar

Mas bro, Kantor Kejaksaan Agung Terbakar ini ternyata berlangsung lama. Kebakaran masih terjadi pasca berlangsung lebih dari 10 jam. Menurut keterangan Kasie Ops Damkar Jakarta Selatan, Sugeng, pihak damkar terkendala sulitnya sumber air untuk pemadaman.

Memang di sisi Utara Gedung api Mulai Padam. Namun api masih tersisa di Sisi Selatan. Terlihat sisi Selatan Gedung Kejaksaan Agung masih ada asap membumbung di sekitar area tersebut.

Hingga Minggu (23/8/2020), sekitar pukul 05.50 WIB, terlihat petugas pemadam masih berupaya memadamkan api. Pagi ini nampak petugas masih bberusaha memadamkan dengan alat bronto skylift.

Meski masih ada bagian yang terbakar, namun sudah tidak terdengar lagi adanya suara dentuman ledakan dari Gedung Kantor Kejaksaan Agung Terbakar tersbut. Sementara itu nyala api masih nampak kecil di lantai atas gedung.

gedung-kejagung-hangus
gedung-kejagung-hangus

Jaksa Agung ST Burhanuddin menyampaikan bahwa penyebab Kantor Kejaksaan Agung Terbakar ini masih diselidiki oleh pihaknya.

Berkas Perkara Aman

Mas bro, pak Jaksa Agung memastikan bahwa bahwa berkas-berkas perkara tidak ada di sini. Jadi berkas perkara aman. Sementara para tahanan juga aman dari kebakaran yang terjadi di Gedung Utama Kejaksaan Agung tersebut.

Lebih jauh pak Jagung menjelaskan bahwa Gedung Utama Kejagung yang terbakar bukanlah lokasi penyimpanan berkas penanganan perkara dan tempat tahanan. GEdung tersebut cuman kantor SDM saja. Jadi tahanan berlokasi di belakang, tidak terkena kebakaran dan aman.

Senada dengan pak Kejagung, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiono juga menyebut bahwa tidak ada data penanganan perkara yang terbakar. Kejagung ternyata juga memiliki data cadangan seandainya data pada berkas yang disimpan di gedung tersebut terdampak kebakaran.

Tahanan Dievakuasi

Mas bro, pasca Kantor Kejaksaan Agung Terbakar ini banyak spekuali terkait bagaimana nasib tahanan. Ya, menjawab spekulasi pertanyaan ini Menpolhukam Mahfud MD menyatakan bahwa para tahanan di Kejaksaan Agung sudah dipindahkan atau dievakuasi. Pemindahan tahanan tersebut telah dilakukan sejak pukul 21.00 WIB. Yakni beberapa saat setelah kebakaran dimulai/.

One thought on “Kantor Kejaksaan Agung Terbakar, Nasib Berkas Perkara Gimana? Ngeri

  • 23 Agustus 2020 pada 19:25
    Permalink

    Semua file aman2 saja, karena disimpan di dalam flaskdisk, pinter dikit napa

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: