Berita Umum

19 Hacker Muda Bobol Kartu Kredit di Sulsel, Diciduk Polisi, Ngeri Nih!

19 Hacker Muda Bobol Kartu Kredit

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah berita yang bikin miris. Ya, ceritanya ada 19 Hacker Muda Bobol Kartu Kredit di Sulsel. Tepatnya 9 Pemuda ini adalah merupakan warga Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka ini ditangkap polisi karena membobol kartu kredit. Korban yang kartu kreditnya dibobol adalah beragam, mulai dari warga negara Indonesia (WNI) hingga warga negara asing (WNA). Wah, dah profesional nih.

19 Hacker Muda Bobol Kartu Kredit
19 Hacker Muda Bobol Kartu Kredit

Kronologi Penangkapan 19 Hacker Muda Bobol Kartu Kredit

Mas bro, menurut Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo kepada wartawan, Senin (25/8/2020), aksi 19 Hacker Muda Bobol Kartu Kredit ini terkuak setelah warga sekitar curiga karena kelakuan para pemuda ini. Jadi mereka pengangguran, ada yang putus sekolah. Tapi ternyata mereka ini memiliki kekayaan yang tidak wajar. Jelasnya, mereka ini memiliki sejumlah barang mewah, seperti kendaraan hingga rumah mewah. Keren kan. Eh ngeri kan.

Wargapun kemudian lapor polisi dan akhirnya kasus ini di selidiki. Lalu dalam penyelidikan polsi ditemukan sekelompok pemuda berkumpul dan bermain laptop serta gadget. TKP adalah di salah satu rumah di Jalan Pahlawan Kelurahan Pajalesang, Kecamatan Lilirilau, Kabupaten Soppeng. Dan ternyata ketika polisi memeriksa rumah tersebut, ditemukan adanya beberapa alat elektronik yang digunakab untuk menjalankan aplikasi untuk kejahatan. Singkat kata,mereka kemudian digiring ke kantor polisi. 19 orang ditangkap mas bro. Mereka ini kemudian ditetapkan sebagai tersangka.

Mash menurut keterang dari Kombes Ibrahim yang telah ramai diberitakan portal-portal berita nasional, bahwa para pembobol atau hacker yang diamankan awalnya berjumlah 23 orang. Tapi setelah didalami lebih lanjut, hanya 19 yang ditahan. Mereka ini adalah yang telah memenuhi kelengkapan alat bukti untuk persidangan di pengadilan nanti.

Mas bro, beberapa barang buktinya disita. Yaitu, mulai dari laptop, desktop, sampai handphone, total ada 51 unit baragn bukti. Selanjutnya alat bukti ini cukup bagi polisi untuk menyeret mereka ke pengadilan.

Sudah Milyaran Dibobol

Masih menurut pak Ibrahim ini, bahwa para hacker muda ini belajar membobol akun bank secara otodidak. Lalu selanjutnya mereka ini secara bersama-sama seperti membuatsindikat. Jadi lantaran mempunyai keahlian yang sama untuk membobol kartu kredit, makanya mereka ngumpul kerja bareng. Nah mas bro, dalam aksinya ini, kemudian uang hasil membobolkartu kredit ini ditampung pada sebuah rekening. Ya lalu dicairkan.

Selanjutnya dalam penyidikan polisi, pelaku mengaku telah lama melakukan kejahatan ini. Yakni pembobolan atau meretas kartu kredit nasabah bank, baik akun dari dalam negeri sampai luar negeri. Menurut mereka sasaran utamanya adalah nasabah dari luar negeri. Aksinya ini juga telah dijalankan sejak beberapa tahun lalu mas bro. Dan ngerinya aksi ini telah meraup untung hingga miliaran Rupiah. Alamak ngeri amat.

Identitas 19 Hacker Muda Bobol Kartu Kredit

Mungkin ada yang penasaran dengan identias 19 Hacker Muda Bobol Kartu Kredit ini? berikut ini identitas mereka mas bro:

  1. Adam Laksana (21)
  2. M Juliandi (23)
  3. Aswal Saputra (25)
  4. Rian Saputra (24)
  5. Iqbal (30)
  6. M Satria (20)
  7. Stevi (30)
  8. Syamsul (23)
  9. Albi (19), dan
  10. Muhammad Syukur (21)
  11. Akbar Usama (19)
  12. Akhmad Afabdi (24)
  13. Rizal (28)
  14. Dedi Rahmat (23)
  15. RA (17)
  16. TA (18)
  17. AD (15)
  18. AR (17)
  19. SM (16)

Ternyata beberapa diantaranya ada yang masih di bawah umur mas bro.

Ancaman Hukuman

Mas bro, bagai 19 Hacker Muda Bobol Kartu Kredit ini mereka terancam pasal berlapis. Yakni 48 ayat (1) jo Pasal 32 ayat (1) dan/atau Pasal 46 ayat (1) jo Pasal 30 ayat (1) Undang-Undang No. 11 th 2008 tentang ITE. Wah, mesti mendekam lama nih mas bro.

2 komentar pada “19 Hacker Muda Bobol Kartu Kredit di Sulsel, Diciduk Polisi, Ngeri Nih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.