Berita Umum

Polisi Tidur Diprotes Warganet di Cikarang, Bak Lintasan Cross, Makan Korban

Polisi Tidur Diprotes Warganet

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, ini tipik tentang keberadaan polisi tidur yang jadi sorotan. Ya, Polisi Tidur Diprotes Warganet di Cikarang, Bak Lintasan Cross masbro tingginya, Bikin Celaka pengguna jalan, dan sudah makan korban.

Polisi Tidur Diprotes Warganet di Cikarang
Polisi Tidur Diprotes Warganet di Cikarang

Mas bro, TKP Polisi Tidur Diprotes Warganet di Cikarang ini tepatnya adalah di jalan Kandangroda Perum BCM Ciantra Cikarang, Jawa barat. Diposting warganet pada hari ini, Kamis, 03-08-2020 lantaran dan makan korban. Ada warga jatuh saat melintas karen terlalu tinggi polisi tiurnya.

Hal ini awalnya dishare oleh akun fb Riyan Hidayat sebagai berikut :

1tSpho anjsaoresdomlm  · Tolong berhati-hati yg biasa melintas jalur kandang roda-BCM. Minim penerangan juga. Poldur kaya lintasan motor cross.Semalam temen saya kecelakaan disitu. Buat yg bangun polisi tidur inget aturan dan keselamatan pengguna jalan.Inget dosa jariyah#polrestametrobekasi#DishubKabBekasi

Mas bro,selanjutnya postingan ini ternyata mendapat banyak respon. Lalu kemudian juga dishare ulangoleh akun FB lain. Salah satunya adalah akun FB Disc Brake Merch yang membagikan kiriman ini pada 27 menit lalu di group FB Bekakas dengan statmen berikut :

 · #oot#ask#repsolhapusajaBagi warga BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas) yg berdomisili sekitar cifest pasti paham……tKP jln.kandangroda-perum BCM ciantra,cikarangSedikit cerita dr gejil mbah…….gejil lwt jalan tsb skitar jam 10mlm blm ada poldur tsb cuman ada ember putih berisi batu dan hampir gejil tendang krn posisi di tikungan alhasil gejil kget……eh sekitar jam 11an ada info dr grup perumahan gejil jd korban pertama poldur tsb……Yg gejil tanyain nh mbah…..kira2 ada ga ya peraturan ato UU untuk bikin poldur di jln umum……

Mas bro, kalau dari penampakannya polisi tidur ini ya cukup tinggi, cuman, yang lebih ngerinya kok penggarapannya gak rapih, kemudian banyak kerikil dan aspal serta pasir berceceran. Ya terang aja ini membahayakan pengguna jalan yang melintas. Nah, kabarnya memang ada pengguna yang jatuh saat berkendara. Ya akhirnya Polisi Tidur Diprotes Warganet di Cikarang ini.

polisi-tidur-diributkan-warga
polisi-tidur-diributkan-warga

Standar Polisi tidur

Mas bro, ya kalau Polisi Tidur Diprotes Warganet, kelau memang gak memenuhi standar ya sah-sah saja diproes. Sebenarnya ada zona aturan membuat polisi tidur ada pasalnya. Yakni sesuai pasal 274 & 275 UU No.22 tahun 2009. Nah kalau ngasal bisa kena denda. Ya, dendanya sampai 24 juta lho, atau atau kurungan penjara 1 tahun. Nah yang berhak membuat polis tidu ini dizona atau jalan umum, yakni jalan yang dibuat pemerintah ya memang dinas terkait. Tak boleh sembarang orang bikin polisi tidur.

Setidaknya ada 2 macam polisi tidur yang diaplikasikan di jalan. Yakni Speed Hump dan Speed Table.

Speed Bump

Jadi mas bro, sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan No 3 Tahun 1994. Yang berisi tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pemakai Jalan. Polisi tidur jenis Speed Bump mustidan dibuat di area parkir, jalan privat, dan jalan di lingkungan terbatas. Jalan di sini kecepatan laju di bawah 10 KPH mas bro.

Ukurannya harus diperhatikan. Yakni dengan ketinggian maksimum 120 mm dengan lebar bagian atas minimal 150 mm, serta sudut kemiringan atau kelandaian sebesar 15%.

Kemudian warnya harus kombinasi nggak bleh dibarin gitu aja. Yakni harus warna hitam dan kuning, atau hitam dan putih. Yang hitam di cat selebar 30 cm dan warna kombinasinya selebar 20 cm. Kemudian harus pula diperhatikan sudut kemiringan pewarnaan ke kanan. Yakni sebesar 30 – 45 derajat.

Speed Table

Speed Table adalah pembatas speed untuk jalan kolektor, lokal, lingkungan, dan juga tempat penyeberangan jalan (raised intersection). Model ini kecepatan laju operasional seharusnya di bawah 40 KPH.

Contohnya mas bro, bisa kita liat di jalan tol tepat mau masuk gerbang tol. Ini dibuat agar para pengedara mengurangi kecepatan sat mau transkasi di gerbang tol.

Aturannya adalah tinggi maksimum 80 – 90 mm, lebar bagian atas minimal 6600 mm, sudut kemiringan atau kelandaian sebesar 15 %. Sementara itu cat seperti aturan di atas. Yakni dicat dengan menggunakan kombinasi warna hitam dan kuning atau putih. Lebar cat juga sama dengan yang di atas, yang model Speed Bump. Yakni warna hitam sebesar 30 cm dan warna kombinasinya di cat sebesar 20 cm.

Nah, kalau kita ubat ngasal, ya melanggar hukum juga mas bro. Bisa kena pasal. Demikian artikel terkait Polisi Tidur Diprotes Warganet dari Bonsaibiker ini semoga bermanfaat.

27 komentar pada “Polisi Tidur Diprotes Warganet di Cikarang, Bak Lintasan Cross, Makan Korban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.