Kecelakaan

Motor Kelindes Truk Trailer Mundur, Siapa Salah? Ngeri

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah kejadian dimana sebuah Motor Kelindes Truk Trailer Mundur. Nah kalau gini Siapa Salah? Ngeri banget lho mas bro.

Motor-Kelindes-Truk-Trailer-Mundur
Motor-Kelindes-Truk-Trailer-Mundur

Motor Kelindes Truk Trailer Mundur

Yup mas bro dalam insiden Motor Kelindes Truk Trailer Mundur ini kronologisnya bisa dipaparkan berikut! Jadi ceritanya ada sebuah teruk trailer berjalan, lalu sebuah sepeda motor yang dikendarai berboncengan duapenumpang mengikuti trailer tersebut.

Tiba-tiba trailer berhenti. Nah, kemudian motorpun berhnti mepet di belakang trailer tersebut. Mendadak triler ini berjalan mundur. Ya pemotor ini bersama motornya kelindes masuk kolong trailer ini.

Nampak orangnya kelindes ban trailer ini mas bro.

Lalu kemudian truk triler ini maju lagi. Dan kelihtanlah 2 orang korban ini terkapar tak berdaya beersam motornya.

Kejadian Motor Kelindes Truk Trailer Mundur ini terrekam ke dalam kamera cctv lalu dishare ke sosil media Facebook oleh akun fb Teo Ais Limaw kegroup FB Info Warga Jember pada 6 september lalu9 dengan statmen berikut :

Sekilas info
Cuma ingin mengingatkan saja,bagi pengendara roda 2 /motor supaya lebih hati2 apabila mengikuti kendaraan besar dibelakangnya,takutnya kayak di rekaman CCTV ini?
Info kami dapat dari negara tetangga Upin Ipin beberapa jam yang lalu.
WASPADA!!! dalam berkendara luuur…?
STT.

Berikut ini vidio kejadia Motor Kelindes Truk Trailer Mundur :

Sayangnya kejadian Motor Kelindes Truk Trailer Mundur ini tak dishare tempat dan waktunya, lalu bagaiman nasib 2 korban tersebut.

Blindspot Pada Truk Rawan Kecelakaan

Mas bro, memang beberapa kejadian di jalan raya menunjukkan bahwa pengendara motor kerap terlindas, kesenggol, ketabrak dan sebagainya ketika berada di dekat truk atau kendaraan besar lainnya. Salah satu contohnya adalah Motor Kelindes Truk Trailer Mundur ini. Baik ini motor akan menyalip kendaraan besar macem dump truck, berada di belakangnya, didepannya dan sebagainya. Yup memang perlu diingat bahwa memang ada titik-titik blind spot kendaraan besar tersebut.

Seorang pakar pengemudi kendaraan, Jusri Pulubuhu, Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) angkat bicara dalam kaitan dengan blindspot ini yang peanh dimuat oleh kompas beberapa waktu lalu.

Apa Itu Blindspot?

Blindspot adalah merupakan area sekeliling kendaraaan, yang gagal terlihat atau terhalang untuk dilihat oleh pengemudi. Terutama menurut Jusri Pulubuhu, ini adalah sekeliling kendaraan besar macem trailer di atas. Area tersebut sangat berbahaya, yakni bagi kendaraan itu sendiri dan juga kendaraan lainnya.

Jadi mas bro, penyebab blind spot diantaranya yakni konstruksi kendaraaan. Jadi musti diketahui bahwa semakin besar kendaraaan , semakin besar pula blind spotnya.

Titik Blind Spot Terbesar Truk

Masih dari pak Jusri ini mas bro, bahwa bapk ini menyampaikanbeberapa titik blindpot trul yaitu diantaranya:

  • Di bagian belakang. Titik ini tertinggi da paling rawan. Untuk truk lebih parah karena terhalang muatan dan tak bisa melihatnya lewat kaca spion seperti di mobil penumpang. Jadi untuk truk, selain karena pilar-pilar yang ada, blind spot disebabkan lantaran muatan kendaraan yang menutupi pandangan supir di sisi bagian belakang. Contoh di atas, saat Motor Kelindes Truk Trailer Mundur.
  • Di sisi kiri kendaraan dengan kondisi setir di sebelah kanan. Misal ada pemotor melintas di deket bagian ini ya musti ekstra hati-hati. Pengemudi truk kemungkinan tak melihatmotor ini.
  • Di di depan truk. Ketinggian truk memang bikin pengemudi tak bisa melihat objek di depan mereka. Khusunya yang dekat. Minimal ada dua meter dari sisi depan truk baru terlihat mas bro. Kalau kurang dari itu, sangat bahaya, bisa kelindas, ketabrak dan sebagainya.

Mas bro, untuk mengetahui blindspotnya ini sebenarnya bisa kita ukur, yakni apakah kita bisa melihat wajah si pengemudi truk dari spion kanan atau kiri? Nah kalau memang tidak terlihat berarti mereka juga tak melihat kita.

Peran Kenek

Mas bro, karena dana area blindspot ini maka, menjadi salah satu alasan adanya kenek. Jadi kenek ini bisa menjadi asisten driver untuk mengantisipasi beberapa hal yang tak bisa dilakukan sendirian oleh driver. Salah satunya adalah ketika menemui blindpsot seperti ini.

Jadi dengan adanya kenek,pengemudi bisa mengantisipasi hal-hal yang kungkin berada di area blindspot ini.

Tralir Mundur

Mas bro, dalam kasus ini, banyak yang bertanya, kenapa trailer ini mundur mendadak, padahal itu di jalan raya. Jelas dia sadar ada area blindpsotnya? Ya memang mustinya kalau mundur ya harus pake kenek kalau meu mengantisipasi blindpsot. Demikian menurut warganet, secara umum begitu. Sehingga bisa menjadi aman, dan menghidari kejadian seperti ini.

Komentar Warganet atas Motor Kelindes Truk Trailer Mundur

Mas bro, atas kejadian Motor Kelindes Truk Trailer Mundur ini, warganet ramai berkomentar pedas. berikut ini beberapakomentarnya :

  • Mass Gandung : Itulah yg namanya blindspot dimana suatu kondisi atau posisi yg tidak dapat terlihat oleh sopir secara utuh…apalagi truk box, tak edite, timbang kisinan….Kel….Kel….Kel….
  • Gilang Hafidhatur Rosikin : bentar ada yg jelasin kenapa itu mobil perlu mundur soalnya saya kurang jelas
  • Muhammadsyukur : Sopir truk dari mna kayak gitu’ kok tolol+goblok pake banget kayak gitu???
  • Widhi Tetaplah Barlack ; Itu jelas ketololan supir truknya..jalan umum ngawur kyak gtu
  • Muhammadsyukur : Saya rasa klo yg main d jln pasti faham n klo main asal mundur seenaknya d jln it salah janganakn kendaraan besar yg roda 4 aj gk boleh’ tpi it klo otaknya sehat kecuali klo banyak konsumsi y lain memang ceritanya’ konsumsi ap sopir2 pasti faham maksud sya
  • Ulnadi Heyluntoko : Muhammadsyukur betul broo…dan gak boleh pake alasan-2, karena bukan jalan Mbah nya
  • Widhi Tetaplah Barlack : Itu jelas ketololan supir truknya..jalan umum ngawur kyak gtu
  • Wahyu Anggi Pratama : Blind spot, terlalu mepet dengan truk dari spion ga keliatan
  • Rian Kate : Tegar Kuncoro Adhi blind spot itu memang betul area tidak terlihat driver, tapi apa di bemarkan driver abis jalan langsung mundur tanpa isyarat dan gak ada yg monitoring gitu? Itu truk trailer bukan mobil odong2 bambang.
  • Dicky Edelwys : BLIND SPOT (titik butaa) IKU NAMANE ,,. secara teliti sama sama salah .. kenapa salah ?? Supir mundur liat spion kondisi jalan dikira kosong .. padahal ada pengendara motor di area blind spot (AREA SUPIR TIDAK MELIHAT OBJEK KENDARAAN) sama sama teledor keduanya ..pelajaran yg diambil ,, Ojo dek area blind spot truk sangat berbahaya supir gk ketok dek smean .. Jane supir gasalah soale truk gede bos .. tapi dek video Moro Moro langsung yakin mundur ?? .. diambil gae pembelajaran jauhi BLIND SPOT TRUK BESAR

Mas bro, demikian artikel Motor Kelindes Truk Trailer Mundur ini, semoga menjadi pembelajaran buat kita semua.

5 komentar pada “Motor Kelindes Truk Trailer Mundur, Siapa Salah? Ngeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.