Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, yuk kita intip Perkembangan Sikuit MotoGP Mandalika Terbaru. Setidaknya hingga bulan ini, September 2020. Seperti apa Progeresnya, lalu bangun apa saja, dan targetnya selesai kapan.

Perkembangan Sikuit MotoGP Mandalika Terbaru
Perkembangan Sikuit MotoGP Mandalika Terbaru

Perkembangan Sikuit MotoGP Mandalika Terbaru

Mas bro, memang kalu kit intip kalender motoGP 2021. Yakni dimana Indonesia via Sirkuit MotoGP Mandalikan ini sudah dimasukkan dalam daftar penyelenggara. Jadi mau gak mau harus selesai awal tahun depan. Atau kabarnya Indonesia kebagian sesi paruh musi ke 2. Jadi kisaran bulan September 2021 sampai November.

Nah, makanya sebelum diselengarakan pasti ada cek akhir kesiapannya, makanya beberapa bulan sebelum itu sirkuit harus bener-bener ready.

Nah seperti apa Perkembangan Sikuit MotoGP Mandalika sekarang ini, panampakannya? Simak beberapa hal berikut ini mas bro!

Pembangunan-Tunnel-MotoGP-Mandalika
Pembangunan-Tunnel-MotoGP-Mandalika

Jadi gambar di atas, terkait Perkembangan Sikuit MotoGP Mandalika, menurut akun IG remi Sirkiuit MotoGP Mandalika @MGP, themandalikagp adalah sebagai berikut :

Masih ingatkan dengan pekerjaan tunnel 1 dan tunnel 2?

Yuk flashback sedikit, posisi tunnel 1 berada sisi utara berada sebelum tikungan pertama dimana memiliki panjang 65,55 meter dengan kedalaman 7, 35 meter dan tunnel 2 di sisi selatan yang berada sebelum tikungan kedelapan dibangun sepanjang 119, 045 meter dengan kedalaman 6 meter.

Nah… saat ini tengah dilakukan pengecoran section pertama slab bottom tunnel 1 dan pekerjaan selanjutnya adalah pengecoran dinding sisi tunnel 1.

Tunnel tersebut akan menjadi akses mobilitas para penonton #IndonesianGP ke service area, dan kedepannya akan ada hotel serta fasilitas lain di luar area street circuit yang tetap beroperasi saat balapan berlangsung. 🏁🏁🏁
.

Tunnel-Mandalaika
Tunnel-Mandalaika

Selanjutnya bisa disimak yang berikut ini, yakni gambar lain terkait pembangunan terowongan atau tunnel ini. Yakni untuk akses crrew motoGP dan akses penonton.

Sementara itu yang berikut ini adalah penampakan sirkutt MotoGP mandalaika di pinggir pantai:

penampakan-Sirkuit-Mandalika-di-pinggir-Pantai
penampakan-Sirkuit-Mandalika-di-pinggir-Pantai

Betulkah mandalika bakal gelar MotoGP 2021?

Yup mas bro, selain Perkembangan Sikuit MotoGP Mandalika dari sisi pembangunan ya harus juga disimak dari sisi isu global mas bro. Seperti pertanyaan di sub judul di atas, bener gak sih 2012? Ya, memang masih belum pasti 100%. Sementar kya okelah bahwa alender Indonesia sudah masuk untuk 2021. Sebagaimana telah kita tulis dalam artikel lalu dimana tiketnya dah mulai dijual. Simak berikut :

MotoGP Mandalika 2021 Sudah masuk List Tiket Dorna, Terang

Namun beberapa masih meragukan hal ini mas bro. Misalnya saja beberapa asumsi terkait Corona yang belum usai ini. Seakan menimbulkan kontroversi keseriusan Dorna untum membawa MotoGP ke Asia. Jelasnya kan belum aman secara kesehatan.

Simak saja komentar mas broAdhi Setyawan Nur Persada berikut ini menanggapi sirkuit Mandalika ini:

Gejil sih percaya, GP Indonesia akan digelar tahun 2022 atau 2023, bukan dihelat tahun 2021. Sebabnya, wabah korona belum berakhir. FIM dan Dorna ingin menghindari Benua Asia, Benua Australia dan Amerika untuk sementara waktu hingga pandemi berakhir. Kalau mbah melihat jadwal GP tahun ini, nggak ada GP di Austin, Rio de Hondo, Motegi, Sepang, Phillip Island, dan Kyumi. Jika ada kenaikan kasus di Eropa, bukan nggak mungkin GP akan dilakukan tertutup untuk umum.

Jadwal tahun depan belum tentu pasti karena pembatasan perjalanan dan penutupan wilayah akibat pandemi. Gejil melihat, Tiongkok sudah mulai aman dari korona. Mungkinkah Dorna membawa GP di Shanghai untuk antisipasi penundaan GP di Asia dan Australia. Selain itu, memang operator GP Mandalika siap menanggung kerugian jika GP digelar tertutup tahun depan.

Tidak ada penonton datang berarti tidak ada penonton menginap dan tidur di hotel, membeli makanan dan oleh-oleh khas Lombok serta berpergian di Gili Trawangan serta gili atau pulau kecil lain.*Gejil memberi analisa berdasarkan siaran radio bahwa WHO memberi prediksi bahwa vaksin korona tersedia masal akhir tahun depan.

Yup, bikin penasaran aja ya mas bro. BTW ya kita tunggu update selanjutnya terkait Perkembangan Sikuit MotoGP Mandalika Terbaru lagi.

Sirkuit Mandalika Masih Terkendala Sengketa Lahan

Mas bro, Perkembangan Sikuit MotoGP Mandalika terbaru ini ya harus pula kita intip dari sebuah fakta, bahwa ternyata Sirkuit Mandalika Masih Terkendala Sengketa Lahan.

Kalau melihat tulisan JPNN kemarin, dinyatakan bahwa Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengembang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika memberikan statmen terkait hal ini. Pihak ini menyampaikan bahwa proses ganti rugi lahan ini telah berjalan. Sejauh ini, ITDC telah bayar ganti rugi lahan sebesar Rp16,9 miliar.

Permasalahn yang dihadapi adalah terkait status tanah atau klaim tanah. Jadi sejauh ini proses tanah klaim sedang dijalankan secara hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan tahapan yang beragam. Jadi proses konsinyasi pembayaran ini yakni oleh Pengadilan Negeri Praya sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2012.

Selain proses penyelesaian ganti rugi lahan enclave, ITDC juga sedang melanjutkan proses penegakan hukum terkait tanah klaim. Jadi kabarnya ITDC mengaku menemukan berbagai kendala terkait pembebasan tana ini. Yakni terkait lemahnya dokumen alas hak warga, berpindahnya kepemilikan tanah dengan proses administrasi yang kurang lengkap, dan alotnya proses finalisasi harga ganti rugi. Jadi beberpa kendala memang masih harus diatasi.

Jadi, permasalahan adalah antara ITDC dengan Warga. Kedua pihak saling mengklaim atas kepemilikan tanah. Dua sisi yang masih bertentangan. Pertama adalah ITDC dikatakan hendak menggusur karena mengklaim berhak atas pengelolaan lahan (HPL). Sementara warga yang telah memiliki sertifikat atas tanah tersebut tetap menolak mengosongkan lahan untuk dibangun srikuti ini, sebelum ITDC membayar lunas uang penggantian tanah tersebut.

Demikian mas bro, terkait Perkembangan Sikuit MotoGP Mandalika Terbaru September 2020 ini, semoga bisa memberikan gambaran.