Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah fenomena unik di negeri ini. Sebuah motor Honda PCX 150 Mandi Kembang Begitu Sampai dari Dealer. Inilah yang terjadi pada sebuah matik bongsor Honda PCX 150 di Kudus jateng.

Honda PCX 150 Mandi Kembang
Honda PCX 150 Mandi Kembang

Honda PCX 150 Mandi Kembang Begitu Sampai

Mas bro sekalian, terkait dengan Honda PCX 150 Mandi Kembang ini, memang bisa dikatakan lain ladang-lain belalang, lain lubuk, lain pula ikannya. Ya, mungkin di daerah lain biasa aja ketika membeli motor baru. Atau ada yang mengungkapkan ekspresi bersyukurnya dengan beberapa cara yang lain daripada yang lain.

Dan inilah sebuah cara untik ketika membeli motor baru. Motor dimadiin kembang. Boleh jadi ini sebagai ekspresi mengharap berkah dari Allah Tuhan Yang Maha Esa. Karena memang demikian adat Jawa.

Inilah sebuah fenomena yang diposting akun FB Avi Faizal dengan statmen berikut :

Tradisi orang jawa kalau habis beli motor baru gan.. Salam dari Kudus Jateng.

Yup mas bro, beberapa atikel lalu juga pernah menulis ekspresi seperti Honda PCX 150 Mandi Kembang ini. Motor baruada yang dimandiin kembang, ada yang salmetan, ada yang saweran. Simak yang berikut :

Yamaha R15 Mandi Kembang Setibanya dari Dealer di Indramayu

Mobil Esemka Mau Uji Emisi Dibikin Acara Ritual Siram Kembang Dulu Gan!

Beli Sepeda Baru Slametan Dulu, Syukuran Mas Bro Undang 1 RT

Beli Motor Vario Baru Yang Ramein 1 Kampung, Heboh

Pandangan Pro Kontra Warganet

Ya, memang mas bro, Honda PCX 150 Mandi Kembang ini ada sedikit pro kontra, tapi ya wajar lah banyak orang banyak ide di kepala masing-masing. Jadi, ya anggap saja pro kontra ini memang sebua khazanah pemikiran dan budaya Nusantara ini.

  • Irfan Wijayakusuma : Sing ngmong jare musrik,jare bitngah ndi jall,,koe ki laire do nandi ngger,,nek lairmu nang arab okee iso ngmong musrik,,lair wae nang jowo mangane gedang ora menghargai budaya jawa,,malah jare ngmong musrak musrik,,krues cangkemu
  • Ahmad Sholehulhadi
    Haekal Alamudy pengalaman keluarga saya dulu pertama kali beli motor yamaha jupiter tahun 2006, di mandiin air kembang, hampir satu semua keluraga. saya pernah jatuh pake motor itu, sampai terakhir kaka saya nabrak tukang siomay sampe tangan nya patah, al hasil motor di jual buat ngobatin yg di tabrak itu masih kurang biaya, dari situ saya mikir ini ada yg gk beres, sampe akhirnya bisa beli motor lagi vario, tahun 2012 alhamdulillah sampe sekarang masih. blm pernah nabrak,sampe sekarang saya pribadi beli pcx, tetangga masih ada yg ngomong suruh mandiin kembang, tapi saya gk mau, lebih baik ngasih ke ke anak yatim dan fakir miskin, insya allah berkah ada disitu, bukan di mandiin kembang, maaf ini hanya pengalaman saya pribadi
  • Ahmad Sholehulhadi
    itu bukan tradisi jawa tapi tradisi hindu, karna dulu sebelum islam masuk pulau jawa mayoritas hindu, maaf sebelumnya, bukan maksud menyudutkan agama satu sama yg lain
    Askhabul Aulia
    Bagus nguri2 kabudayan jawi niku,,,,hanya bagi yg suka mengingat sejarah
  • Amanda Hendra Putra
    Kalo dari di daerah saya (marabahan kalimantan selatan barito kuala)
    Nama tradisi nya “tampung tawar”
    Tujuan nya untuk tolak bala disaat berkendera make motor itu, biasanya dilaksanakan setelah motor itu udah nyampe dirumah, setelah tampung tawar biasanya makan makan bersama keluarga
    Tampung tawar juga bisa buat motor yg habis kecelakaan dan motor nya yg masih bisa dipake.
    Itu kalo di daerah saya om
  • Mbah Blendong Poyeing
    Sama mas daerah saya wonosobo juga masih seperti itu.. biasany masih pake kemenyan juga klu ada rejeki lebih potong ayam buat ingkung trs selametan tetangga nya di undang
  • Chahyadi
    Dulu motor saya abis nabrak dimandikembang
    Gak lama abis itu malah ilang diambil maling 😆
    Abis itu gak pernah lg mandi kembang motor
    Soalnya ternyata gak pengaruh apa2…gak pengaruh jg buat mengindari sial/ tolak bala
    Saya kalo melakukan sesuatu lihat manfaatnya
    Kalo ada manfaatnya boleh lah dilakukan…kalo terbukti gak ada pengaruh apa2 gak bakal saya lakukan lg
  • Fergyan Nistanto
    Tradisi daerah beda2 om🙏…kalau menurut om mandi kembang syirik percaya sama kembang lantas Gimana Orang jawa kalau udh meninggal kok juga dimandikan air kembang pdhl juga orang islam???

YUp mas bro, hanya artikel ringan serba-sebikondisi sekitar. Terkait Honda PCX 150 Mandi Kembang.