Penampakan Lintang Kemukus di Tuban Hebohkan Warganet

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah kejadian anaeh dan unik di langit sisi utara pulau Jawa. Ya ada Penampakan Lintang Kemukus di Tuban. Benda yang disinyalir adalah lintang kemukus atau komet ini sontak Hebohkan Warganet.

Penampakan-Lintang-Kemukus-di-Tuban
Penampakan-Lintang-Kemukus-di-Tuban

Penampakan Lintang Kemukus di Tuban

Mas bro sekalian, Penampakan Lintang Kemukus di Tuban indishare oleh banyak akun Sosial media baik Istagram maupun Facebook. diantaranya sebagai berikut :

  • nenk_update : Fenomena yang menghebohkan masyarakat Tuban dan sekitarnya tadi malam (10/10/2020) Kabarnya fenomena ini berlangsung selama hampir setengah jam…
  • Anggi Nk  : Fenomena lintang kemukus di Tuban Jawa timur, Sabtu pukul  22.10                                                                                   Akan ada huru-hara yg besar sehingga jatuhnya pemimpin, Jika itu benar lintang kemukus,,, ALLAHUAKBAR ✊✊✊
  • Esty Setyasari :  Lintang kemukus…..Tuban,  Jawa Timur HasbunaAllah wa ni’mal wakiil…..
  • Raden Kamandaka Wiradiputra : menurut saksi daerah tuban dari pagi sampai sore hujan lebat, lalu sekitar jam 10 malam lebih 10 menit muncul lintang kemukus ini.
  • Raden Kamandaka Wiradiputra : Kejadian Ini Ada Di Tuban, Orang Jawa Menyebutnya Lintang Kemukus, Konon Katanya Pertanda Akan Ada Peristiwa Besar Entah Suatu Bencana, Pemimpin Lengser, Kerusuhan, Kekacauan, Perang, Kelaparan, Kematian Atau Wabah Penyakit. Allahu ‘Alam !!!

Yup mas bro, Penampakan Lintang Kemukus di Tuban ini menurut warganet terjadi pada semalem, Sabtu, 10/10/2020, kurang lebih pukul 22.00.

Vidio Lintang Kemukus di Tuban

Mas bro kejadian ini diabadikan dalam bentuk foto dan vidio oleh warganet. Salah satu vidionya adalah sebagai berikut klik saja mas bro kalu mau lihat :

(https://www.instagram.com/p/CGL4VNRjqFf/?utm_source=ig_web_copy_link)

Arti Lintang Kemukus

Lintang kemukus adalah sebuah bintang yang biasanya kita sebut dengan komet. Yakni BIntang berekor. Kosakata ini banyak dibicarakan oleh orang Jawa, karena keberadaannya sering diidentikkan dengan akan terjadinya suatu hal.

Kenapa disebut lintang kemukus? Ya, komet ini dalam tradisi Jawa disebut sebagai lintang kemukus, hal tersebut karena di salah satu ujung “bintang”-nya tampak seperti mengeluarkan asap atau kukus. Jadi lintang adalah bintang, sementara kemukus adalah berasap. Jadi lintang kemukus adalah bintang berasap.

Nah kalau dalam bahasa Indonesia, komet kan kita kenal sebagai bintang berekor karena asap yang muncul panjang lalu bentuknya seperti memiliki ekor. Jadi kita sebut bintang berekor.

Komet Dalam Budaya jawa

Menurut kepercayaan yang beredar di kalangan suku Jawa, kemunculan lintang kemukus ini pada arah tertentu memiliki arti tersendiri. Yakni di antaranya sebagai pertanda kemunculan pagebluk atau dikaitkan dengan sebuah musibah.

Jadi mas bro, Pageblug itu dalam istilah suku Jawa DIARTIKAN SEBAGAI suatu masa datangnya kekacauan, kelaparan, penyakit/wabah, dan huru-hara. Nah, belakangan ini pageblug lebih dimaksudkan sebagai wabah atau penyakit, seperti halnya saat ini dimana pandemi virus Covid 19 ini. 

Betulkah Ini lintang kemukus?

Waa belum diketahui pasti mas bro. Kan bisa jadi itu pesawat atau apa, kita tunggu aja nanti pendapat pakarnya.

2 thoughts on “Penampakan Lintang Kemukus di Tuban Hebohkan Warganet

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: