Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah kejadian menarik untk dicermati. Yakni Bahwa, ada Rombongan Bikers Dihujat Lantaran Nongkrong di Jalur Penyelamat. Ya betapa tidak, wong, jalur penyelamat ini adalah area dimana dikhususkan untuk penyelamatan kendaraan rem blong, lha ini kumpulan bikers ini malah nongkrong di situ. Kan serem mas bro.

Rombongan-Bikers-Dihujat-Lantaran-Nongkrong-di-Jalur-Penyelamat
Rombongan-Bikers-Dihujat-Lantaran-Nongkrong-di-Jalur-Penyelamat

Rombongan Bikers Dihujat Lantaran Nongkrong di Jalur Penyelamat

Yup mas bro, Rombongan Bikers Dihujat Lantaran Nongkrong di Jalur Penyelamat ini memang ramai dibincangkan di sosial media. Entah siapa pertama kali yang mempopulerkan gambar ini. Kurang tahu persis mas bro.Hanya tiba-tiba saja dalam beberapa hari ini mendadak viral dan booming.

Postingan Rombongan Bikers Dihujat Lantaran Nongkrong di Jalur Penyelamat ini salah satu diantaranya adalah akun fb Repthoyang mmeposting gambar ini di group Info Cegatan Jogja sebagai berikut :

Karena ketidak tahuan MUNGKIN  nyawa bisa Melayang sebelum waktunya

semoga bermanfaat.

SAG

SALAM ASPAL GRONJAL

Yup mas bro, nampak dalam gambar di atas, ada sekelompok biker, tengah asyik nongkrong, mungkin istirahat atau entah ngobrol pas di depan jalur penyelamat. Ya pastinya sangat berbahaya mas bro, andaikata ada kendaraan yang rem blong, entah bagaimana nasib para bikers ini kan mas bro.

Makanya lantaran kejadian Rombongan Bikers Dihujat Lantaran Nongkrong di Jalur Penyelamat ini, warganet menghujat. Berikut ini beberapa diantaranya :

  • Sulis Stya Wati : Nek sek ngomong”hidup mati ditangan Tuhan”…..mnding rasah komen…lah wong rep nyebrang we dadak mengo kiwo tengen kok ceramah….. Tuhan memberikn otak utk berfikir jd gunaknlah sebaik mungkin.
  • Agung Adi : Kuwi nk nang luar negri tengah e di isi pasir… Udu beton kabeh ngono kuwi… SoaLe aq tau ndelok nang yutup… Nah nk nang indonesia mergo sg gawe ws reti nk bakal e ono ganjel² e ddi yo ra di keki pasir… Itulah gunanya mereka nongkrong di situ… Buat tambahan ganjel² biar kendaraan yg blong tidak mblandang mabur
  • Arrie Vianto : Hahah…kae kok ono sing omong… Jare hidup dan mati urusane Tuhan Tak takon tenan saiki…nek umpomo panjenengan omong ngono kui trus nyekel aliran listrik tegangan 15 KV…trus isih tegeg wae ora mati… Berarti yo pancen bener😄 Kabeh manungso diwenehi akal pikiran dinggo ngedohi sing kiro” bahaya kanggone nyawane Nek menurut postingan iki…kui jenenge setor nyowo
  • Heri Suryo ; Namanya emergency line Banyak yg ga paham fungsi dan tujuan. Itulah pentingnya komunikasi, misalnya dg rambu dan papan informasi supaya orang paham. Kalo perlu dikasih barikade misalnya rantai plastik

Para Ahli Angkat Bicara

Mas bro, terkait Rombongan Bikers Dihujat Lantaran Nongkrong di Jalur Penyelamat ini, Beberapa ahli kemudian angkat bicara. Terutama ketika hal ini diangkat ke permukaan oleh sosial media, lalu kemudian media mainstream macem Kompas memuat hal ini. Salah satunya adalahs seperti yang ditulis kompas terkait statmen Pengamat transportasi Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) Djoko Setijoworno 

PRKIR-DI-jalur-penyelamat
PRKIR-DI-jalur-penyelamat

Ya, pak Djoko ini mengatakan bahwa jalur tersebut disebut jalur penyelamat lantaran memang digunakan untuk penyelamatan bagi kendaraan yang mengalami rem blong. Makanya saat di turunan ada kendaraan mengalami rem blong, jalur dini dipake untuk bisa menyelamatkan.

Nah selanjutnya menurut pak Djoko ini, harusnya jalur tersebut kosong dan tidak boleh digunakan baik itu untuk parkir maupun untuk  pemberhentian. Nah selanjutnya bila ada pengendara yang berhenti dan parkir di jalur itu, maka petugas kepolisian bisa melakukan tilang. Lah ini kan memang melanggar mas bro.

Seperti dikutip dari kompas, pak Djoko ini menyatakan sebagai berikut :

“Bayangin kalau ada parkir, terus ada truk atau bus mau penyelamatan, ketabrak kan bahaya. Kalau ada parkir di situ bisa ditilang.”

Sementara itu, pakar lain yakni investigator senior Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan juga angkat bicara. Menurutnya sejauh ini memang belum ada standar teknis untuk jalur penyelamatan. Makanya lebih jau ia meminta supaya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera membuat standar teknis jalur tersebut mas bro.Ya sejauh ini menurutnya sih jalur penyelamatan yang dibuat oleh KNKT bersama dengan BPJN Jawa Tengah di FO Kretek terbukti sangat efektif.

Demikian mas bro, sekelumit srtikel tentang Rombongan Bikers Dihujat Lantaran Nongkrong di Jalur Penyelamat. Semoga bisa jadi bahan renungan.