Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, mulai hari ini digelar Operasi Zebra 2020. Tepatnya operasi Zebra ini dilakukan mulai 26 oktober sampai dengan 8 November 2020. Nah mas bro dalam operasi ini Knalpot Brong Termasuk Sasarannya. Ini berlaku untuk seluruh wilayah nusantara mas bro, dengan nama sandi masing-masing.

Operasi-Zebra-2020
Operasi-Zebra-2020

Operasi Zebra 2020

Mas bro, operasi Zebra ini kalau di Jakarta dinamakan Operasi Zebra Jaya 2020. Nah dalam kesempatan ini, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mulai menggelar Operasi Zebra 2020 pada hari ini, Senin (26/10/2020). Operasi Zebra ini bakal digelar selama dua pekan hingga 8 November 2020 mendatang.

Dalam beberapa kesempatan TMC POlda Metro Jaya memposting sosialisasi Operasi Zebra ini mas bro. Berikut beberapa postingannya :

  • 10.54 Dir Lantas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P. membagikan brosur dimulainya Operasi Zebra Jaya T.A. 2020 di Pasar Rumput Manggarai Jaksel
  • 10.52 Dir Lantas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P. menghadiri Kegiatan Apel dan Press Release dimulainya Operasi Zebra Jaya T.A. 2020 di Pasar Rumput depan Pasar Jaya Jaksel
  • Ditlantas Polda Metro Jaya akan melaksanakan Operasi Kepolisian Zebra Jaya Tahun 2020 dimulai pada tanggal 26 Oktober 2020 s/d 8 November 2020.

Mas bro, memng sejak beberapa hari ini sosialisasi Operasi Zebra 2020 ini gencar dilakukan jajaran kepolisian di sejumlah lokasi di Jakarta. Akun Twitter mupun Facebook TMC Polda Metro Jaya (@TMCPoldaMetro), gencarmempublish sosialisasi ini. Yakni seperti uang dilakukan di Bundaran HI, simpang PGC, dan simpang Pondok Indah Mall.

operasi-zebra-Jya-2020
operasi-zebra-Jya-2020

Nampak seperti foto di atas pertama, bahwa ketika sosialisasi, para petugas kepolisian membentangkan spanduk besar bertuliskan “Zebra Jaya – 2020 Ditlantas Polda Metro Jaya”.

Mas bro sekalian, masih dari postingan FB dan Twitter TM Polda Metro, petugas kepolisian juga mengingatkan warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo angkat bicara. Menurutnya dalam Operasi Zebra ini, pihak kepolisian bakal banyak melakukan tindakan berupa preemtif dan preventif.

Yakni sosialisasi dan dikmas lantas/pendidikan masyarakat lalu lintas daripada penegakan hukum.

Mas bro, ada 8 prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi zebra yakni :

  1. Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar SNI.
  2. Pengendara kendaraan roda 4 yang tidak menggunakan safety belt.
  3. Pengendaran mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol.
  4. Pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus.
  5. Pengendara mengendarai kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan.
  6. Pengendara yang menggunakan HP pada saat mengemudikan kendaraan.
  7. Pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur.
  8. Keabsahan administrasi kendaraan bermotor.

Lha terus knalpot brong termasuk yang mana? Mas bro, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menambahkan. Bahwa menurutnya ada 5 pelanggaran prioritas yang bakal ditindak. Yakni:

  • Melawan arus,
  • Tidak memakai helm P
  • Pelanggaran terhadap stop line
  • Pelanggaran sirene dan rotator
  • Pengendara melintas di bahu jalan, khususnya jalan tol. 

Jadi mas bro, beberapa pelanggaran di atas, bakal paling diincar. Namun ketika polis nemuin kenalpot bron, waa, bakal kena juga ini mas bro.