Kecelakaan

Jalur Cangar Pacet Kembali Minta Korban, 1 MD, Minyak Rem Mendidih lalu Blong

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah berita lakalantas maut dari Mojokerto jatim. Yak, Jalur Cangar Pacet Kembali Minta Korban, 1 orang pengendara motor dilaporkan Meninggal Dunia.Penyebabnya adalah disinyalir rem kepanasan, Minyak Rem Mendidih lalu remb Blong. Dan pengendarapun nampakny anbrak tiang listrik di pinggir jalan.

Jalur Cangar Pacet Kembali Minta Korban

Jalur Cangar Pacet Kembali Minta Korban

Mas bro, kabar Jalur Cangar Pacet Kembali Minta Korban, memang sering kali terjadi. Daerah pegunungan yang curam dengan turunan panjang dan tajam memang kerap memakan korban. simak saja dalam artikel lalu berikut, terkait kecelakaan di jalur ini :

Nah mas bro, untuk kali ini dishare akun FB Made Zakaria ke Welirang komuniti terkait kecelakaan di jalur ini dengan statmen berikut :


Minggu, 1 November 2020
Lokasi : Kawasan rest area (atas), Jalur Cangar
Kec. Pacet Kab. Mojokerto
Warga asal Surabaya (identitas tidak dapat kami publikasikan) mengalami kecelakaan di jalur Cangar di karenakan rem blong. Dalam kejadian ini mengakibatkan 1 (MD) 3 (LR).
Saat ini korban berada di RS. Sumberglagah.
Keluarga sudah terhubung.

lakalantas-pacet
lakalantas-pacet

Keterangan ini diperjelas kembali oleh akun Ahmad Afandi yang menshare ke group FB Vario 125-150 eSP Owners Community Indonesia (Vacelifers) dengan statmen berikut :

Rem blong gegara minyak rem mendidih di dalam kaliper rem…..

Yup mas bro, daerah Cangar, Pacet, Sidoarjo Jawa timur, merupakan daerah pegunungan yang banyak terdapat jalan panjang menurun. Akibatnya banyak pula orang yang kurang faham menggunakan motor terutama matik.

Jadi motor jenis ini, memang tak dibarengi dengan engine braking. Jadi pengereman mangandalakan rem doang tidak dibantu mesin. Maka rem cepat panas. Nah banyak orang tidak paham bahwa rem sebenarnyabutuh diistarahatkan kalau udah panas. Dan ternyata banyak yang memaksa hal ini, bejek terus rem, hingga panas. dan akhirnya blong. Lalu terjadilah kecelakaan.

Kenapa Bisa Blong saat Panas?

Mas bro, sebenarnya minyak rem MEMANG mempunyai kemampuan menyerap molekul air. Dengan kata lain bersifat higroskopis. Karena hal ini, maka volume minyak rem akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Nah mas bro, jika rem ditekan terus tanpa istirahat, maka rem akan panas, dan air dalam minyak rem mendidih karena panas. Hal ini dapat memunculkan gelembung udara. Gelembung udara inilah yang kemudian sangat berbahaya. Pasalnya gelembung ini bisa mengurangi kemampuan cairan rem untuk menyalurkan tekanan yang mendorong kampas rem.

Kalau ini terjadi maka ada yang disebut dengan “angin palsu”. Jadi sistem pengereman menjadi tidak optimal. Nah mas bro, kinerja sistem pengereman, sangat bergantung pada kemampuan cairan rem dalam menekan kampas. Kalau nekennya gak optimal, bisa gak pakem rem. Bahkan bisa jadi blong.

Nah mas bro, makanya ketika berada di daerah turunan dengan jalan panjang menurun, ya sebaiknya gak memaksakan ngerem terlalu lama. Mending istirahat dulu biar rem bisa dingin dan kembali bekerja optimal.

Yup mas bro, demikian artikel terkait Jalur Cangar Pacet Kembali Minta Korban, 1 MD, Minyak Rem Mendidih lalu Blong, semoga bisa jadi pembelajaran buat kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.