Penampakan Awan Bertopi Caping di 5 Gunung di Jawa

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, hari ini jagad maya dihebohkan oleh adanya Penampakan Awan Bertopi di Beberapa Gunung di Jawa. Kebanyakan menurut pemosting, kejadian adalah pada pagi ini, Kamis, 05-10-2020.

Penampakan Awan Bertopi di Beberapa Gunung di Jawa
Penampakan Awan Bertopi di Beberapa Gunung di Jawa

Penampakan Awan Bertopi di Beberapa Gunung Ramai di Facebook

Berikut ini beberapa akun FB yang terrekam oleh Bonsaibiker memposting awan bertopi seperti ini:

Akun FB Baweell Rina Baweell memposting gambar seperti di atas, pagi tadi. Menurut akun ini, kejadian adalah tadi pagi bawah rumah gunung Lawu Selondo.

AKUN FB Riko Saputra memposting tadi pagi dengan statmen berikut : HATI HATI jika di sekitar kita muncul awan seperti ini. Biasane awan kaya gini sore nya angin kenceng dan tak beraturan kadang hujan lebat serta bawa cuaca panas banget. Waspadalah ..dan selalu siaga kawan ku. Indah sekali memang, namun tidak ada salah jika kita selalu siap siaga akan fenomena yang bisa saja menimbulkan peristiwa ekstrem yang terpenting kita selalu siap dan waspada dan tetap berdo’a kepada yang Maha Kuasa pemilik alam semesta

awan-topi-oleh-riko
awan-topi-oleh-riko

Sementara itu akun On-ne menanggapi postingan di atas dengan berkomentar berikut : Prediksi bln ini puncak iklim LA NINA jd harap hati2 dan waspada hindari berteduh dibawah pohon hindari dekat dengan tiang listrik n yg bsa mmbahayakan… Semoga tdk ada apa2 n dlm lindungan Allah semua. Amiinn..

Adapun akun ‘Yhoeza DioE’ berkomentar berikut :saat ini Bantul kota terpantau hujan lebat. jarak pandang agak terganggu. bagi yg berkendara d mohon hati2 atau bisa berteduh lebih dulu. Nuwun

Akun FB Rika Verry Kurniawan pada pagi tadi pukul 05.40 WIB. memposting fenomena topi awan di Gunung Lawu. Mas bro yang tinggal di mMagetan ini mengabadikan fenomena itu dalam perjalanan dari rumahnya di Magetan, Jawa Timur menuju tempat kerjanya di Solo. Menurut kang Rika ini awan tersebut nampak dari Magetan hingga wilayah Gondosuli, Tawangmangu.

Dara Adinda (19) mengunggah foto Gunung Sumbing bertopi. Dara mengunggah foto itu di akun story Instagramnya yang kemudian di-repost akun Instagram @magelang. Dara menyebut foto itu dia ambil pukul 06.21 WIB tadi pagi mas bro. Dia menyebut cuaca Gunung Sumbing hari ini juga cerah.

Akun Twitter @VolcanoYTz kemudian memposting fenomena yang sama juga terjadi di Gunung Merapi.

Fenomena Penampakan Awan Bertopi di Beberapa Gunung di Jawa

Mas bro, fenomena awan berbentuk seperti topi di Jawa utamanya ramai diposting oleh warga yang tinggal di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Yakni di Gunung Sumbing, Temanggung. Kemunculan juga muncul di Gunung Merbabu, Gunung Lawu, Gunung Merapi, dan beberapa gunung di Jawa Timur.

Terkait Penampakan Awan Bertopi di Beberapa Gunung ini, Kepala BPBD Kabupaten Temanggung, Dwi Sukarmei angkatbicara. Ia, membenarkan adanya fenomena alam tersebut. Mas bro, menurutnya timnya melaporkan bahwa fenomena alam bertopi itu tidak cuman terjadi hari ini saja. Menurutnya beberapa hari sebelumnya juga ada. Menurutnya hal ini tidak ada kaitannya dengan peningkatan status Gunung Merapi.

Topi Gunung adalah Awan lenticular

Sementara itu Kepala BMKG Yogyakarta Agus Riyanto juga angkat bicara. Menurutnya awan berbentuk topi itu merupakan awan lenticular yang biasa terjadi di wilayah pegunungan. jadi fenomena ini memang biasa terjadi adalah di puncak atau daerah pegunungan. Menurutnya memang bentuknya mirip caping gunung. Hal ini bisa terjadi karena adanya adveksi biasanya itu kabut yang terangkat ke atas menjadi awan-awan lentikular.

Mas bro,sejauh ini dikabarkan ada 5 gunung di Jawa yang terjadi kemunculan awan lenticular tersebut. Kelima gunung tersebut yakni Gunung Lawu, Gunung Merapi, Gunung Merbabu (di Jawa Tengah) serta Gunung Welirang dan Gunung Anjasmoro (di Jawa Timur).

MEmang pemandangannya sangat indah ya mas bro, Penampakan Awan Bertopi di 5 gunung di jawa ini. Semoga saja bukan pertanda buruk. Pasalnya beberapa waktu juga ada penampakan seperti ini. Simak saja berikut :

Yup mas bro, demikian artikel terkait Penampakan Awan Bertopi di 5 Gunung di Jawa.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: