Ganti Aki BMW Gak Bisa Sembarangan, Harus Pake Teknik Yang Benar

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, share terkait ilmu perakian Mobil. Jadi ceritanya, kalau mau Ganti Aki BMW Gak Bisa Sembarangan, Harus Pake Teknik Yang Benar Kalau salah, mobil bakal ngreset. Dan sistem-tak bakal bisa berjalan seperti semula, harus setting lagi mas bro.

Ganti Aki BMW Gak Bisa Sembarangan
Ganti Aki BMW Gak Bisa Sembarangan

Ganti Aki BMW Gak Bisa Sembarangan

Mas bro, artikel “Ganti Aki BMW Gak Bisa Sembarangan” ini berangkat dari sebuah kejadian dimana ada sebuah mobil BMW yang tergolong masih muda, alias baru mogok di jalan. Konon aki tekor.Akhirnya harus undang teknisi spesialis BMW untuk ganti aki.

Kejadian ini dishare di halaman FB E100

Update, mobil BMW putih yang parkir di trotoar HR Muhammad depan Yung Ho Restaurant mogok sejak kemarin (8/11/2020) malam. Saat Linmas Surabaya berada di lokasi, ada mekanik yang sedang memperbaiki mobil.Menurutnya, aki mobil tekor dan mogok di lokasi. (odp-hm)

Kejadian ini setelah dishare di sosmed langsung dapat komentar banyak terkait bagaimana aturan main ganti aki BMW. Komentar bukan saja di E100 tapi di gruplain juga banyak komentar terkait kejadian ini mas bro. Simak saja beberapa komentar berikut :

  • Putra
    Wikrema Kanan Kiri reset manual bisa mbahh, manggil tukang gitu kerumah
    Sebenernya klo gk direset bisa jalan mbah, cuman brebet gk bisa langsam
  • Wili Setya
    Tinggal tlp layanan BMW nya beres harusnya ya, sejelek2nya tlp shop & drive kl emg aki tekor beneran. F10 lho mbah
  • Surya Kcbo’nk IJo
    Kok yo nemen… Aki tekor gk diderek malah diparkirno nok trotoar… Sak ngertiku beemwe kui skali trouble kelistrikan mst angel ngurute mbah, opo maneh aki tekor, ngalamaaaattt… Pernah punya M40 tp garai edan, skali lagi garai edan… Eeeedddaaaannn…
  • Hendrikus Ario
    Harus ngreset itu, dr bengkel resmi. Kalo cm dganti doank tetep g idup

Nah mas bro, di beberapa mobil baru, khususnya BMW ini memang kita gak bisa sembarangan cabut aki.Bisa merest ECUnya dan mobil bisa bermasalah. Mulai dari mbrebet, atau bahkan ada yang susah idup.

Kalau di BMW aki ini tak bisa sembarang copot, karena berhubungan langsung dengan Light Control Modul atau biasa di kenal dengan FRM Modul. Jadi mas bro, FRM Modul ini perannya amat fital. Yakni berhubungan langsung dengan lampu depan, wiper, central lock, dan pianti lain yang vital yang buth energi listrik.

Bahayanya Ganti Aki BMW Sembarangan

Mas bro, kalau ganti aki BMW sembarangan, efeknya kadang bisa efek ringan dan kadang juga bisa efek berat. Efek ringan ya bagian ECU musti reset lagi. Sementara mobil gak bisa optimal, mbrebet atau kadang susah idup.

Efekt tingakat beratnya adalah bila aki langsung dicabut, FRM modulnya bisa kena. Alias bermasalah. Walau kemungkinan kecil, namu kalau dah sekali rusak, mm, harganya lumayan mahal mas bro. FRM modul second yang tersedia di pasaran, harganya masih di patok sekitar 1.5 jutaan, nah kebayang misal barang ori atau OEM alias baru. Jadi kalau mau ganti aki mobil baru khususnya BMW ini ya mendng paggil teknisi kalau ragu mas bro.

Taknik Ganti Aki BMW

Jadi mas bro, sekali lagi diulang bahwa ganti aki di mobil-mobil modern, gak boleh sembarangan. Pasalnya,bila ECU kehilangan pasokan listrik, maka otak kendaraan itu wajib direset. Kalau gak, ya bakal ada masalah.

Nah, disinilah pentingnya tahu cara yang aman dan tepat untuk ganti aki mobil tanpa harus takut reset ECU. Beberapa, atau mungkin semua tipe mobil mewah, biasanya dibekali baterai cadangan di bagian dalam dashboard mobil. Yakni supaya saat baterai utama di cabut misal ganti aku, maka ECU tetap mendapat pasokan listrik. Jadi gak usah mereset.

Nah mas bro cara pertama kalau tidak ada baterai atau aki cadangannya dalam mobil, mak kita bisa gunakan aki cadangan yang kita siapkan sendiri. Jadi kita jamper dulu dengan aki lain, atau mobil lain. Baru dicbut aki soaknya diganti baru. Ya tujuannya gar ECU terus bisa mendapatkan psokan listrik.

Mas bro, cara ke dua adalah dengan menyalakan mesin saat melakukan pergantian aki. Jadi ECU tetep dapat pasokan listrik. Namun teknik ini musti dilakukan dengan cepat. Maksimal semenit. Ini supaya sistem sirkulasi kelistrikan di mobil tak mengalami masalah. karena akinya dicabut.

Sementara itu teknik mencabut akinya sendiri adalah kutub negatif aki didahulukan dicabut, lalu bagian positif. Sementara pemasangan, kabel positif lebih dahulu yang dipasang mas bro.

Demikian artikel terkait Ganti Aki BMW. Semoga bermanfaat.

2 komentar pada “Ganti Aki BMW Gak Bisa Sembarangan, Harus Pake Teknik Yang Benar

  • 10 November 2020 pada 04:04
    Permalink

    Waduh ribet juga ya… Hhmmm… Gak jadi beli deh kwlo gitu… Ups…

    Balas
  • 10 November 2020 pada 06:47
    Permalink

    Pnya e BMW seri revo buat keliling nagih cicilan..😁😁😁

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: