15 Tahun Mesin Altis 2005 Belum Pernah Dibuka, Ini Penampakan Seher dan Jeroannya

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, ini adalah penampakan 15 Tahun Mesin Altis 2005 Belum Pernah Dibuka. Nah seperti apa jeroannya, seher, injeksi, ruang bakar, dan sebagainya bisa disimak dalam artikel ini.

15 Tahun Mesin Altis 2005 Belum Pernah Dibuka
15 Tahun Mesin Altis 2005 Belum Pernah Dibuka

15 Tahun Mesin Altis 2005 Belum Pernah Dibuka

Masbro sekalian, ceritanya redaksi Bonsaibiker merawat sebuah mobil Toyota Altis 1.8 nih. Nah 15 Tahun Mesin Altis 2005 Belum Pernah Dibuka. Kalaupun dibuka, ya paling bagian atas, ganti busi bersihin injektor, lalu ganti oli dan sebagainya. Jadi belum pernah buka bagian pembakaran, seher, dan bagian daleman lain. Kalau bagian kopling sih dah pernah ganti, tapi kan gak masuk ke jeroan mesin.

Alits 15 Tahun baru 140 Km

Mas bro, Altis ini adalah altis 2005, lalu sekarang adalah sudah tahun 2020. Berarti usia mobil ini suda 15 tahun. Nah jarak tempuhnya baru 150 KM. Dengan kata lain, mobil ini memang rada jarang dipake. Balik oleh pemilik pertama maupun pemilik ke dua dan ke 3. Bonsaibiker adalah pemilik ke tiga mobil ini.

Yup mas bro, secara umum, mobil usia 5 tahun dengan jarak tempuh 75.000 km hingga 100.000 km dibilang dalam pemakaian yang cukup wajar. Lalu bila kurang dari 75.000 km dipastikan mobil tersebut cukup jarang dipakai. Jadi masih memiliki usia pemakaian yang lumayan panjang.

Kalau 5 tahun odometer mobil sudah lebih dari 100.000 km maka bisa dipastikan bahwa mobil tersebut adalah mobil capek, terlalu sering dipakai. Jadi secara teknis mobil ini lebih mudah mengalami kerusakan.

Konon mas bro, mobil memiliki masa pakai dengan batasan maksimumnya adalah sekitar 400.000 km saja.

Nah untuk altis ini ya wajar walau usia dah 15 tahun masih belum pernah dibukan wong pemakaian termasuk jarang. Jadi belum pernah turun mesin.

Kenapa Harus Turun Mesin

Mas bro, turun mesin alits 1.8 usia 15 tahun ini sebenarnya tidak sengaja. Ketika Bonsaibiker ke bengkel mau ganti oli dan ganti busi. Ternyata businya susah dilepas. Nampaknya dah karatan atau gimana gitu. Ada busai yang berhasil diambil, dan ada yang tak bisa diambil.

Mobil sih normal aja, masih enak buat jalan. Cuman memang tenaga kurang sih.

Nah akhirnya diputuskan turun mesin lalu sekalian periksa bagian seher dan pembekaran mesin. Lalu dibukalah kap dan head mesin untuk ambil busi tersebut. Dari situ mulailah dibuka bagian mesin ini terutama ruang bakarnya. Alias turun mesin.

Kondisi Jeroan Altis 15 tahun belum Pernah dibuka

Mas bro, kenapa ini berani dibilang 15 tahun belum pernah dibuka? Ya, beberapa indikasi menunjukkan ke arah situ. Yakni beberapa alasan berikut :

  1. Seher masih ukuran standar, belum oversize samasekali, sehingga ini menunjukkan bahwa jeroan masih perawan.
  2. Baut-batu masih kencang dan masih perawan, belum ada bekas dibuka. Biasanya pada batu yang masih perawan ada semacem zat atau cairan putih anti karat. Kemudaian, kalau baut dah pernah dibuka minimal dah sedikit peang atau lecet, ini masih bener-bener original mulus.
  3. Bonsaibiker adalah pemilik ke 3. Sementara pemilik ke 2 adalah rekan kerja. Nah rekan kerja ini belu dari pemilik pertama waktu masih Kilometer rendah banget. Sementara pemilik ke dua ini menyampaikan mobil belum pernah dibuka samasekali. Jadi kemungkinan mesin dah dibuka sangat kecil. Dah gitu servicenya baik pemilik ke 1,2 maupun ke 3 sama-sama di bengkel resmi, atau teknisi Toyota. Jadi rekam jejak ketahuan.

Mas bro lalu seperti apa kondisinya ketika mesin altis 2005 ini belum pernah dibukan selama 15 tahun? Simak berikut!

Ruang Bakar Gosong dan Ring Seher Mulai Aus

Ini dia mas bro, penampakan ruang bakar gosong. Nampaknya ini lantaran ring seher sudah mulai aus, mulai macet-macet. Jadi ring kan ada 2, ring kompressi, dan ring oli. Nah ring olinya kayaknya mulai dah KO jadi oli merembes ke ruang bakar lalu gosong kebakar. Mobil sih memang tidak sampai mengeluarkan asap putih. Namun ini pembakaran oli terjadi, walu mungkin sedikit, ketika oli merembes naik ke ruang bakar.

Seher Oblak

Yup mas bro lantaran ring sudah mulai aus, maka seherpun oblak. Ya seher dan boringnya memang masih utuh belum ada baret ataupun lainnya. Namun yang kena adalah ringnya. Makanya mobil masih jalan masih bisa 160 kph, tapi ya sudah kurang optimal ini mas bro.

seher-oblak
seher-oblak

Roda Gila dah Mulai Kekikis

Yup mas bro, usai 15 tahu memang dah buka usia sedikit. Jadi di usia ini ternyata roda gila Altis ini dah mulai terkikis mas bro. Lihat yang berikut :

roda-gila-altis-2005
roda-gila-altis-2005

Nah masbro, awalnya memang bonsaibiker merasakan bahwa pedal kopling bergetar saat gas pertama. Nah ini sudah disampaikan ke mekanik. Dan memang lagi nunggu waktu senggang untuk memeriksa. Dan sekaranglah saatnya. Dan ini sudah ketemu penyakitnya.

Mas bro, Flywheel atau Roda gila merupakan komponen berupa sebuah piringan yang dipasangkan pada flensa di ujung roda poros engkol. Ini merupakan elemen mesin yang berfungsi meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Shaft (kruk/krek as) saat mesin hidup hingga tenaga mesin dapat tersalurkan ke roda dengan baik.

Jadi Flywheel ini menyimpan energi ketika putaran mesin tinggi, lalu meneruskannya saat putaran mesin rendah. Nah ketika tenaga mesin bertambah, putaran nya bertambah, tenaga tersebut tersimpan dalam Roda Gila, Pada saat mesin kekurangan tenaga, roda gila akan memberikan tenaganya ini mas bro.

Fungsi lain roda gila adalah gila adalah untuk memberikan start awal putaran mesin dengan memasang ring gear pada bagian sisiluar lingkaran roda gila. jadi ring gear ini terhubung dengan pinion gear motor starter ketika mesin mobil distater dari kunci kontak.

Makanya ketika roda gila ini dah aus, akan timbul getaran mas bro, terutama di daerah pedal kopling.

Bagian Injector mulai Kotor dan Karat

Injektor-Altis-2005
Injektor-Altis-2005

Mas bro sekalian, bagian Injector altis 2005 ini dah mulai kotor dan karat. jadi perlu dibersihan. Baik bagian buka tutup gas maupun bagian nozle injector.

nozle-injector
nozle-injector

Ini harus dibersihkan, dicuci atau kalau perlu diganti.

Vidio Penampakan Mesin altis 15 tahun baru Dibuka

Nah mas bro, kalau mau nyimak vidionya bisa dilihat yang berikut :

Demikian artikel 15 Tahun Mesin Altis 2005 Belum Pernah Dibuka.Nanti biaya perbaikannya mesyusul ya mas bro.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: