8 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga Serta Review Pengguna

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan mengupas tuntas tentang 8 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga Serta Review Pengguna secara umum nih. Ertiga merupakan salah satu roda 4 terlaris di Suzuki yang bersaing di kelas low MVP mas bro. Yang bikin penasaran, apa saja sih kelebihan dan kekurangannya.

8 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga
8 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga

8 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga

Yup mas bro, bagi Suzuki, Ertiga merupakan salah satu penyumbang terbesar dari penjualan mobil nih. Bahkan sejak diluncurkannya Suzuki Ertiga ini cukup menyita perhatian masyarakat tanah air. Maka tidak heran kalau ada rasa penasaran, kira-kira apa sih lebih dan kurangnya. Berikut ini tabel 8 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga:

No.KelebihanKekurangan
1.Desain body elegan dan mewahDesain Head unit kurang menarik
2.Hemat BBMKenop AC model Jadul
3.Penampilan Interior mewahTak Ada Headrest Tengah di Baris Kedua
4.Suspensi yang empuk dan nyamanTak Ada Eco Indicator
5.Fitur lengkapKaki-kaki depan sering bermasalah
6.Spare part banyakTenaga kurang
7.Ukuran Bagasi LuasKualitas ban mobil rendah
8.Rasio Transmisi Yang PanjangJok tidak bisa dilipat

8 Kelebihan Suzuki Ertiga

Dari berbagai sumber, berikut ini terangkum 8 Kelebihan Suzuki Ertiga dari 8 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga nih. Antara lain:

1. Desain body elegan dan mewah

Sudah pasti yang pertama bikin jatuh hati konsumen adalah penampakkan body nya mas bro. Suzuki Ertiga ini didesain tampak lebih elegan, kokoh dan mewah dengan lampu depan mobil berukuran besar lengkap dengan halogen sebagai pendingin mesin.

2. Hemat BBM

Selain body, pertimbangan hemat bahan bakar juga jadi salah satu pertimbangan konsumen. Dikelasnya,  Suzuki Ertiga termasuk irit bahan bakar. Hal ini disebabkan Ertiga mengusung  teknologi VVT (Variable Valve Timing), yang bikin jadi irit BBM.

3. Penampilan Interior mewah

Interior Suzuki Ertiga terlihat lebih mewah dan elegan dibanding pesaingnya mas bro. Desain luar sangat selaras dengan desain interiornya, mulai dari dasbor sampai console tengah memiliki lekukan yang pas.

4. Suspensi yang empuk dan nyaman

Suzuki Ertiga memberikan kenyamanan dengan sensasi suspensinya yang empuk. Selain itu Ertiga juga menggunakan basis Swift  dan suspensi nya menggunakan MacPherson strut dengan coil spring di bagian depan, serta Torsion beam dengan coil spring untuk bagian belakang.

5. Fitur lengkap

Suzuki Ertiga memang paling perhatian dengan kelengkapan fitur mas bro. Fitur keamaannya dilengkapi immobilizer, ada 2 buah airbag juga di bagian depan. Dilengkapi juga rem anti lock braking system (ABS), sensor parkir, pengait ISOFIX dan door open stoppers dan electronic brake distribution (EBD). Ada audio steering switch, head unit double DIN, serta arah semburan AC yang lengkap. Ada juga fitur MID untuk informasi rata-rata konsumsi BBM, real time konsumsi BBM, juga informasi temperatur luar.

6. Spare part banyak

Berlompahnya Spare part Suzuki Ertiga juga menjadi daya tarik sendiri nih mas bro.Banyak sekali dijual di pasaran, serta bengkel resmi Suzuki mobil juga sudah tersedia di beberapa wilayah.

7. Ukuran Bagasi Luas

Dengan luasnya ukuran kabin Suzuki Ertiga ini, pengguna tidak perlu hawatir jika membawa banyak barang saat bepergian jauh nih mas bro. Ternyata ukuran bagasi mobil ini lebih luas dibanding dengan mobil lain sekelasnya.

8. Rasio Transmisi Yang Panjang

Panjangnya  kondisi rasio transmisi ini dapat memudahkan pengemudi dalam akselerasi meski saat melakukan perjalanan melintasi jalan yang sulit seperti pegunungan, dll. Tentu hal ini membuat nyaman para pengemudi mobil ini.

8 Kekurangan Suzuki Ertiga

Kalau ada kelebihan, pasti ada kelemahannya nih mas bro. Berikut ini terangkum 8 Kekurangan Suzuki Ertiga dari 8 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga di atas. Kira-kira sebagai berikut mas bro:

1. Desain Head unit kurang menarik

Desain head Ertiga masih kurang menarik dan tidak sebanding dengan Interior lainnya  yang mewah mas bro.

2. Kenop AC Model Jadul

Meski memiliki dashbor yang mewah,  ternyata kenop AC yang digunakan Suzuki Ertiga masih memakai  model putaran dan pengaturan fungsi AC masih pakai model jadul mas bro.

3. Tak Ada Headrest Tengah di Baris Kedua

Dibanding dengan pesaingnya, Ertiga ini tidak ada sandaran tangan di kursi baris kedua juga tidak ada sandaran kepala atau headrest nya. Tentu ini membuat penumpang merasa kurang nyaman dengan menopang kepalanya selama dalam perjalanan.

4.Tak Ada Eco Indicator

Ertiga tidak memiliki Eco Indicator mas bro. Dalam melakukan perjalanan tentu dibutuhkan pertimbangan tentang konsumsi bahan bakar. Maka adanya Eco indicator cukup penting. Fitur ini menyala pada panel instrumen jika pengemudi mengendarai mobil dengan hemat BBM.

5. Kaki-kaki depan sering bermasalah

Sering kali ditemukan masalah pada bagian kaki-kaki nih mas bro. Saat berbelok secara penuh ke kanan atau ke kiri, muncul suara kretek-kretek. Dan info dari Service Advisor (SA) Suzuki bahwa untuk versi matik lebih sering bermasalah di kaki-kaki  dibanding yang manual.

6. Tenaga kurang

Dengan mesin K14B, Ertiga hanya dapat memberikan tarikan tenaga 94 hp dengan torsi maksimal di angka 130 Nm saja mas bro. Mesin Suzuki Ertiga dibandingkan pesaingnya dirasa kurang. Kalau  kabin penuh, saat menanjak agak sulit dilakukan.

7. Kualitas ban mobil rendah

Suzuki Ertiga menggunakan ban dengan tipe ekonomis mas bro. Maka kualitas dalam kabin mobil jadi berkurang. Akhirnya para pengguna banyak yang mengatasinya dengan mengisi ban nitrogen  juga mengganti ban saat pemakaian telah mencapai 40.000 km.

8. Jok Yang Tidak Dapat Dilipat

Pada Suzuki Ertiga ini, pada jok mobil baris kedua tidak dapat dilipat mas bro. Yang dapat dilipat hanya yang jok belakang, itupun dilipat kebelakang yang menyebabkan jok mudah kotor dan rusak karena terkena kotoran dari barang bawaan yang dapat tumpah ke jok mobil.

Plus Minus Suzuki Ertiga Keluaran Terbaru

Setelah pembahasan 8 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga diatas, kita tilik juga keluaran terbarunya nih. Selain elegan dan mewah Suzuki juga memberikan penampilan mobil Ertiga terbarunya dengan body yang lebih agresif dan stylish mas bro.

Mesin pada Suzuki Ertiga generasi sebelumnya mengusung mesin K14B. Dan pada Suzuki Ertiga terbaru digunakanlah mesin baru berkode K15B yang mampu menghasilkan tenaga 103 hp dengan torsi 138 Nm.

Kabin juga terdengar lebih senyap mas bro. Jok kabin yang berahan fabric ditambah AC Doble Blower semakin menambah kenyamanan.

Hanya saja pada Suzuki Ertiga keluaran terbaru ini kelemahannnya yakni tidak adanya Eco Indicator dan sangat minimnya soket pengisian daya. Padahal fitur ini dapat memudahkan pengemudinya dalam mengelola mobil secara hemat bahan bakar. Dan tentu di era milenial seperti saat ini masyarakat gak bisa lepas dari gadget. Jadi penumpang kurang dimanjakan akan hal tersebut.

Review  Pengguna Ertiga

Selain 8 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga tersebut di atas, berikut ini adalah beberapa komentar dari para pengguna Suzuki Ertiga mas bro,antara lain:

Febri Mboth : Mobil dengan Tampilan Bagus di exteriornya & elegan di interiornya membuat saya nyaman dengan power stering yang begitu ringan untuk menyetir, di tambah dengan cc 1500 Kelistrikan lebih stabil 7 acnya pun lebih dingin

Edy Sucipto : Suzuki Ertiga Dreza sangat cocok dijadikan pilihan sebagai mobil keluarga terbaik. Mengapa terbaik ? Suzuki Ertiga Dreza memiliki interior yang tergolong mewah untuk mobil keluarga, apalagi ditunjang dengan panel audio/video yang ukurannya itu sampai 9 Inci. Gede Banget Kan ! Untuk konsumsi bensin, mobil ini dijamin irit bahan bakar jadi tenang ketika perjalanan jauh. Suzuki Ertiga Dreza memang cocok jadi mobil pilihan keluarga.

Dee Diah : Pertama kali saya liat mobil suzuki ertiga saya ngerasa gak bgt ini mobil, bentuknya yang menurut saya aneh dan berasa ikut-ikutan mobil mewah yang lain.Tp…pas saya liat dari belakang dan samping, ternyata bodynya ok jg…udah gt warna body yang sering saya liat buat tambah saya makin jatuh hati sm ini mobil.

Bayu Mh : Suzuki Ertiga, menawarkan sesuatu yang khas dari Suzuki sebagai LMPV andalannya. Beda dengan rivalnya, Ertiga terlihat mewah dari eksterior dan interiornya. Keamanan mobil ini mencegah benturan keras dari samping ketika kecelakaan, tersedia side impact, fitur2xnya juga ga kalah keren dari rivalnya, performa dan keiritan mobil ini juga Ok, overall Ertiga sy perhatikan memang pantas dijadikan pilihan.

Franz Beckenbauer : Nyaman buat dikendarai Cabin tengah dan belakang cukup luas, interior lumayan mewah, safety ny juga oke dan cukup irit dari segi bahan bakar nya, yg kurang suka sih dari tampilan body nya yg kurang elegan

Soeprapti Smith : Interior nya dinamis dan modern.  Bagian tengah dan kabin dirancang seluas mungkin, walaupun pada kenyataannya bagian tengah tidak terlalu lebar dibanding kabin belakang.  Bertenaga dan hemat bahan bakar

Tyo : low mpv paling enak, nyaman, dan irit

Nisa RM123 : Ketika kondangan sama teman, ternyata teman bawa Ertiga Hitam manual, cb bawa PP Bekasi – Gading, ternyata mobil nya enak banget buat jalan santai, interiornya pun ok, tp saya ga gt suka sama warna interiornya yg cream gitu, cb agak grey atau dark grey mungkin lebih ok kali ya.

Nah, demikian rangkuman tentang 8 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga Serta Review Pengguna secara umum mas bro. Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “8 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ertiga Serta Review Pengguna

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: