4 Komponen Motor Balap Yang Perlu Dirawat Agar Awet Menurut AHRT

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan membahas mengenai 4 Komponen Motor Balap Yang Perlu Dirawat Menurut AHRT nih. Pada tahun 2020 ini motor balap akan lebih lama berada di garasi di banding dipakai balap. Hal ini dikarenakan kondisi pandemi yang sedang melanda. Tentu motor balap harus diberikan perawatan ekstra donk.

4 Komponen Motor Balap
4 Komponen Motor Balap

4 Komponen Motor Balap

Yup mas bro, seperti layaknya motor yang kita pakai setiap hari, tentu motor balap juga harus punya perawatan khusus agar bisa lebih awet. Chief Mechanic Astra Honda Racing Team (AHRT), I Made Yoga Widnyana menerangkan bahwa bedanya perawatan motor harian dengan motor adalah dilihat dari beban dan rentang kerjanya.

Kalau motor harian ya pasti kita semua tau  bahwa motor itu dalam kondisi baik atau ada komponen yang harus diganti atau tidak. Dan biasanya diketahui pada saat ada rasa tidak nyaman saat pemakaian motor tersebut, kemudian dilihat apakah perlu diganti atau tidak.

Sedangkan untuk perawatan motor balap ini, perlu diketahui beban dan rentang kerjanya mas bro.Misalnya motor balap yang dipakai saat balapan, lalu oleh tim mekanik balap dicatat usia pakai semua komponen penting seperti mesin, rantai motor dan lain sebagainya.

Dilihat dari rentang kerjanya, pada lintasan motor balap harus menjasi motor yang memiliki performa terbaik di lintasan. Jadi rentang kerja dari tiap komponen motor balap tersebut disesuaikan dengan kebutuhan spesifik motor balap itu. Seperti pengatura temperatur optimal mesin misalnya 70-85 derajat celcius. Maka mesin harus benar-benar diperhatikan suhu dingin dan panasnya agar dapat bekerja dengan optimal.

Tips Merawat 4 Komponen Motor Balap

Dalam merawat motor balap yang lama tidak dipakai akibat pandemi ini, yang utama yakni membersihkan semua bagian motor balap tersebut mas bro. Semua bagian pada motor balap tersebut dibongkar sampai tinggal rangka dan kabel bodi (frame, sub-frame, serta wire harness).

Semua komponen tersebut dicek lalu dicuci dikeringkan. Bila ada komponen yang rusak, kalau tidak bisa diperbaiki ya diganti. Untuk mesin, dilakukan overhaul mas bro. Yakni dicek, dibersihkan dan juga tune-up supaya menjadi mesin yang siap untuk digunakan balap.

4 Komponen Motor Balap,

Nah, berikut ini 4 Komponen Motor Balap yang harus dirawat saat motor balap belum dipakai lagi, yakni:

1. Baterai

Komponen pertama yakni baterai spesifikasi balap. Baterai ini berfungsi discharge supaya tidak rusak kalau disimpan terlalu lama. Jadi baterai rechargable ini sebaiknya di-discharge dulu sebelum disimpan. Saat mau disimpan, cek dulu tegangan baterainya. Kalau memang belum maksimal, maka lalukan pengisian baterai kembali.

2. Air Radiator

Yang kedua yakni air radiator nih mas bro. Pada regulasi balap, radiator hanya oleh diisi dengan air. Jangan diisi cairan coolant yang dijual di pasaran atau cairan bawaan pabrik. Air keran yang belum dimurnikan mungkin mengandung mineral serta logam. Jadi kuras dulu air radiatornya sebelum disimpan dalam waktu lama. Saat akan menyalakannya kembali, pastikan dulu air radiator terisi dengan penuh.

3. Bensin

Komponen berikutnya yakni bensin mas bro. Untuk mencegah bensin yang teroksidasi atau tercemar zat kontaminan lain, maka sebelum disimpan bensin harus dikuras dulu dari tangki. Sebab jika dibiarkan nanti membuat pembakaran mesin gak sempurna. Misalnya mesin motor tidak bisa menyala, akibat menyumbatnya lubang injector.

4. Oli

Yang terakhir adalah oli nih mas bro. Pada motor balap, yang perlu diperhatikan dari oli ini adalah usia pakai oli pada motor balap tersebut. Misalnya motor balap tertentu yang olinya harus diganti setiap 500 km sekali. Kalau oli sudah lewat usia pakai atau saat diperiksa terdapat serpihan logam, maka oli langsung digantikan dengan oli yang baru.

Demikianlah uraian tentang 4 Komponen Motor Balap Yang Perlu  Dirawat Agar Awet Menurut AHRT ini mas bro. Semoga bermanfaat.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: