6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R Plus Harga Terbarunya

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan mengulas tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R Plus Harga Terbarunya nih. Sejak diluncurkannya mobil Suzuki Karimun ini, tentu sudah banyak penggemarnya yang merasakan sensasi ‘mobil kotak’ ini. Apalagi disusul dengan kehadiran versi terbarunya, suzuki karimun wagon R.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun
6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun

6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun

Yup mas bro, mobil Suzuki karimun wagon R ini merupakan generasi penerus dari varian mobil Suzuki Karimun. Kategori city car ini adalah produksi pabrikan suzuki sejak tahun 2013. Dan dibawah ini tabel 6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R, antara lain:

No.KelebihanKekurangan
1.Kabin lebih lapangDesain bodi kurang keren
2.Struktur bodi lebih kuatDesain interior kabin seadanya
3.Mesin bandel dan Responsiftransmisi tidak full otomatis
4.Irit BBMPelek terlalu kecil
5.Harganya terjangkauPeredaman kabin minim
6.Sistem pengendalian cukup baikFitur masih standar

Sejarah Suzuki Karimun Wagon R

Sebelum kita membahas tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R lebih dalam, ada baiknya kita harus tahu juga nih mas bro asal mula hadirnya Suzuki Karimun Wagon R ini.

Asal kata dari Karimun itu sendiri sebenarnya memiliki makna mas bro. Kata itu berasal dari “Carry to the Moon” yang arti bahasa Indonesianya yakni “bawa ke bulan”. Kalau di Jepang,  mobil ini dikenal dengan Suzuki Wagon R generasi pertama (CT). Dan khusus pasar di Indonesia diberi nama Karimun.

Suzuki Karimun ini telah alami 2 kali penyegaran ni mas bro. Yaitu pada tahun 2001 juga tahun 2004. Hingga di tahun 2006, generasi pertama Suzuki Karimun pun berakhir.

Setelah Karimun generasi pertama dihentikan produksinya,. City car ini digantikan oleh Karimun Estilo mas bro. Estilo ini merupakan rancangan dari platform Wagon R versi Maruti Suzuki di India.

Dan pada tahun 2007, Suzuki Karimun Estilo diluncurkan di Indonesia, menjadi generasi kedua. Hingga awal tahun 2009, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun meluncurkan generasi terbaru dari Karimun Estilo.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun.
6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun.

Sejalan dengan waktu, Karimun pun berganti konsep digenerasi ketiganya mas bbro. Hingga pada 2013, Karimun akhirnya termasuk dalam kelas LCGC atau mobil murah ramah lingkungan. Dan sejak itu resmi disebut Suzuki Karimun Wagon R.

Dan dalam rangka hari ulang tahun Suzuki di Indonesia yang ke-50, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) luncurkan Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition ni mas bro. Hanyasaja produk ini cuma tersedia 50 unit. Dan pada bulan Oktober 2020 Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition diluncurkan dalam ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 yang diadakan secara virtual.

Kelebihan Suzuki Karimun

Berikut ini merupakan uraian tentang 6 Kelebihan Suzuki Karimun dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun, antara lain:

1. Kabin lebih lapang

Kelebihan pertama dari Suzuki Karimun Wagon R ini adalah Kabin lebih lapang mas bro. Karimun Wagon R ini mempunyai dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1475 mm, dan tinggi 1670 mm. Jarak sumbu roda sebesar 2400 mm. Tentu dengan dimensi yang begitu lapang membuat pengguna semakin nyaman dalam mengendarainya.

Bahkan Kabin Karimun Wagon R ini memiliki luas kabin yang lebih baik dari kompetitor. Dengan bentuknya yang kotak ini, mampu hingga 5 orang masuk di dalamnya dengan nyaman. Berkat Head room juga leg room yang cukup lega tentunya meski buat orang dewasa.

2. Struktur bodi lebih kuat

Selanjutnya, kelebihan lain dari Suzuki Karimun Wagon R ini adalah Struktur bodi lebih kuat mas bro. Biasanya kalau mobil kelas LCGC memiliki bodi yang tipis. Tapi Suzuki Karimun Wagon R bisa dikatakan lumayan bagus kualitas bodinya dibanding kompetitor lainnya.

Suzuki Karimun Wagon R menggunakan plat yang lebih tebal pada struktur bodinya hingga kuat. Dan ini yang membuat bobot Wagon sebesar 835 kg bro.

3. Mesin bandel dan Responsif

Kelebihan mobil Suzuki Karimun Wagon R selanjutnya yakni 3.  Mesin bandel dan Responsif ni mas bro. Wagon R dilengkapi dengan mesin berkode K10B dilengkapi 3 silinder dengan teknologi injeksi dengan tenaga sebesar 68 ps dan torsi 90 Nm. Mesin ini sudah cukup teruji, serta digunakan juga pada Suzuki A-Star / Suzuki Alto dan Nissan Pixo.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun'
6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun’

4. Irit BBM

Yang bikin konsumen tertarik dengan mobil Suzuki Karimun Wagon slah satunya adalah karena Irit BBM mas bro. Mesin juga cukup responsif pada awal putaran bawah. Pada kecepatan konstan 80 kpj, sejauh 150 kilometer, konsumsi BBM-nya dapat tembus 22,8 km/liter. Mobil LCGC ini harus menggunakan bahan bakar Pertamax atau RON 92 mas bro agar mesin awet.

5. Harganya terjangkau

Kelebihan lain dari mobil Suzuki karimun Wagon R ini selanjutnya yakni Harganya terjangkau mas bro. Suzuki Karimun Wagon R ini dipasarkan mulai dari Rp 118,5 juta sampai Rp 140,5 juta mas bro. Dan harga sudah yang paling murah dibanding kompetitornya.

6. Sistem pengendalian cukup baik

Mobil Suzuki karimun Wagon R ini kelebihan lainnya yakni memiliki Sistem pengendalian cukup baik bro. Wagon R juga dilengkapi pilihan transmisi manual dan AGS. Mobil ini cukup nyaman dikendarai. Mesin mobil yang responsif dapat di ajak bermanuver dengan cepat. Handling juga stabil. Suspensi masih cukup sesuai bro.

6 Kekurangan Suzuki Karimun

Meskipun mobil Suzuki karimun Wagon R ini memiliki banyak keistimewaan, namun tetap saja ada minusnya mas bro. Dan berikut ini merupakan uraian tentang 6 Kekurangan Suzuki Karimun dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun, yakni:

1. Desain bodi kurang keren

Kalau dilihat dari sisi desain, Suzuki Karimun Wagon R ini Desain bodi nya terlihat kurang keren mas bro. Kelihatan biasa-biasa saja dan gak terlalu istimewa. Sedangkan kita tahu bahwa konsumen lebih suka tampilan yang sportif juga ada lekuk-lekuk bodi mobil yang lebih tajam.

2. Desain interior kabin seadanya

Kekurangan lainnya dari Wagon R ini yakni Desain interior kabin seadanya mas bro. Desain jauh dari kata modern kalau dibanding dengan kompetitornya. Pengaturan AC sistemnya masih manual model knob. Belum dilengkapi audio control steering switch juga. Head unit masih single din. Belum spion elektrik nih.

3. transmisi tidak full otomatis

Suzuki Karimun Wagon R ini memiliki transmisi tidak full otomatis mas bro. Mobil ini masih menggunakan auto gear shift ( AGS) yang membuat leg (jeda) sangat terasa saat perpindahan gigi, hingga membuat pengaliran tenaganya kurang responsif. Dan ini yang membuat pengemudi menjadi kurang nyaman dalam berkendara.

4. Pelek terlalu kecil

Kelemahan lainnya dari mobil Suzuki Karimun Wagon R ini yakni Pelek pada kaki-kaki yang terlalu kecil mas bro. Ukuran pelek sekitar berukuran 13 inci. Hal ini yang membuat penggunasering merasakan kabin terasa bergoyang terutama saat dibawa dalam kecepatan tinggi atau di jalan yang lancar seperti di jalan tol. Kalau ingin lebih nyaman, pengguna  sebaiknya mengganti ukuran pelek dengan yang lebih besar.

5. Peredaman kabin minim

Selanjutnya peredaman pada kabin minim mas bro. Memmang hal ini sering ditemui pada mobil produk LCGC yang dipasarkan di Indonesia. Dakam kabin suara raungan mesin juga suara lainnya yang berasal dari luar bisa terdengar hingga ke dalam kabin.

6. Fitur masih standar

Kelemahan terakhir mobil Suzuki Karimun Wagon R ini yakni fitur – fitur nya masih standar mas bro. Fitur-fitur yang adapun masih kurang lengkap dan hanya beberapa fitur – fitur standar saja ada di dalamnya.

Daftar Harga Karimun Wagon R

Selain membahas tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun di atas, kita juga akan melihat Daftar Harga Karimun Wagon R terbaru nih mas bro. Kira-kira sebagai berikut:

Tipe MobilHarga
Karimun Wagon R GA MTRp 118.500.000
Karimun Wagon R GL MTRp 132.000.000
Karimun Wagon R GL AGSRp 141.000.000
Karimun Wagon R GS MTRp 140.500.000
Karimun Wagon R GS AGSRp 149.000.000

Review Pengguna Karimun Wagon R

Masih kurang rasanya kalau belum ada pendapat dari user nih mas bro terkait 6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R ini. Nah berikut ini adalah beberapa Review Pengguna Karimun Wagon R, antara lain :

Khusnun Rozak : Sikecil yang simpel, lincah, bandel. Mobilnya kelihatan kecil tapi begitu masuk Kita akan merasakan lega karena desainnya yang tinggi, posisi duduk kaki tertopang dengan baik, fitur tidak kalah dengan LCGC yang lain , lincah dan tentu gampang mencari tempat untuk parkir, pernah kita isi 7 orang 5 dewasa dan 2 anak naik ke dataran tinggi Dieng Oke oke saja… Bentuknya yang Boxi gampang dimodif dan tentu ciri kas mesin Suzuki yang irit dan bandel.. Bagi Kami Karimun Wagon R Fun Family Car, Fun to drive…

wirawan : Karimun A/T yg lincah. nggak bisa komen karimun thn 2000 saja sdh lincah apalg Wagon R 2017 A/T tbh lincah klo nanjak jempol klo pake manualnya jempol 2x siiip lah

Herlambang : Penakluk jalanan sempit di Bali. Jalanan di Bali terutama daerah Seminyak banyak banget jalanan sempit dan susah dapat parkir. Dulu aku pikir aku tidak butuh mobil karena akan repot. Tapi kalau musim hujan males juga kalau naik motor karena meski pakai jas hujan tetap aja kena basah. Aku mutusin beli city car. Sebagai karyawan dengan gaji pas2an, tentu aku nggak mau dong beli mobil yang cicilannya mahal.

Aku baca2 review, lihat youtube, dll akhirnya mantap beli Karimun Wagon meski 2nd hand. Sejauh ini aku bahagia dan nggak ada komplain. Mobilnya nyaman dikendarai dan cocok bgt sama jalanan di Bali yg sempit. Parkir nggak masalah. Sangat mudah. Dan hebatnya lagi meski mobilku ini tahun 2015 dan aku beli 2nd hand, sampai sekarang tidak ada masalah sama sekali. Tangguh, sangat hemat BBM dan perawatan mudah dan murah. Ini mobil yang easy going banget dan mengerti kebutuhanku.

Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun`
6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun`

Harijono Tanoewidjaja : Sikecil cabe rawit. Sangat irit untuk perkotaan biarpun kecil ternyata lega untuk berlima

Wahyu Santoso :Karimun memang mempesona. Sejak jamannya Karimun kotak sampai Wagon R saya selalu tertarik dengan keunikan model Suzuki Karimun yang khas yaitu kotak, mungil tapi menarik itulah bedanya Karimun dengan mobil mobil kecil lainnya. Karimun kelihatan mungil tapi kokoh dan bandel.

Untuk itu saya akan segera membeli setelah mobil saya laku. Keunggulan lain Karimun dari dulu a dalah tahan banjir….untuk yang satu ini meskipun saya belum pernah membuktikan namun saya percaya dari beberapa pengalaman teman saya.

Eka Pratama : Pertama kali lihat di brosur yang tergeletak dijalanan saat ikutan car free day. Penasaran, trus memberanikan diri telpon marketing yang tertera, eh beberapa jam kemudian test drive. Jatuh cinta dong. Udah mungil tapi dalemnya lapang, bodi-nya yang aduhai, elegan, en yang paling bikin terpesona iritnya itu loh, cocok banget dijadiin pasangan hidup karyawan gaji pas-pasan seperti aku.

Akhirnya berhasil dipersunting 5 tahun lalu. Bahagianya sampai keseringan tidurnya dalem mobil. Diajak kemana-mana lincah banget, masuk gang-gang kecil, jalanan nanjak nikung Naik Turun pelan ngebut hujan angin siap, parkir ga ngabisin tempat. Ga pernah bandel. Pokoknya, Aku padamu dah. Oh my soulmate. Karimun Wagon R kuh, mmmuuahhh

Yayat : Saya pengguna karimun wagon r gx 2014. Pas liburan dari bekasi ke garut dan tasik, Jalan naik turun + tikungan tajam. Performa mantap untuk ukuran mobil lcgc 1000 cc, bbm irit, makanya berani pake pertamax terus.. Awalnya ragu apa kuat karimun nanjak.. Ternyata pas di coba.. Joss… Mana saya baru Pertama kali lewat jalan naik turun terjal pake mobil 1000 cc… Benar-benar karimun mantaaap.. KARIMUN WAGON R GOOD…

Widha Kumalasari berkomentar terkait 6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R : Mobil nyaman dan hemat bahan bakar. Sejak awal menikah tahun 2017 saya menggunakan mobil Karimun Wagon R type GL. Awal mau beli galau banget, tapi akhirnya menetapkan untuk beli Suzuki Karimun Wagon R type GL. Alasan pertama, menurut saya bentuknya unik dan beda dari LCGC lainnya. Meskipun orang lain menganggap bentuknya aneh tapi saya suka karena keunikan bentuknya yang lucu dan mungil.

Kedua, Leg room pada jok depan dan belakang sangat lega, berbeda dengan LCGC lainnya yang agak sempit antara lutut dengan jok. Ketiga, hemat bahan bakar. Perjalanan dari Semarang – Cilacap dengan menempuh waktu kurang lebih 7 jam hanya isi pertalite 100rb saja. Keempat, mesinnya tangguh saat di tanjakan tinggi sekalipun mesin tetap enteng dan prima. Overall, saya sangat puas dengan mobil ini. Dengan harganya yang affordable di kelasnya, menurut saya mobil ini sangat recomended untuk keluarga kecil seperti saya.

Demikianlah pembahasan tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R Plus Harga Terbarunya ini mas bro. Semoga bermanfaat.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: