Honda Mobil

9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic Serta Harga Baru Dan Jadulnya

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan membahas tentang 9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic Serta Harga Baru Dan Jadulnya nih. Sejak kehadirannya, Honda Civic  yang katanya kembarannya Toyota Corolla ini telah menjadi mobil Honda yang banyak digemari. Harganya yang stabil juga berkualitas membuat konsumen sulit untuk berpaling.

9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic
9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic

9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic

Yup mas bro,  mobil honda civic banyak diminati konsumen karena juga memiliki aneka varian. Yakni ada varian Honda Civic Sedan, Honda Civic Hatchback, dan Honda Civic Type R. Tentang performa dan penampilan, mobil honda civic sedan dan hatchback perbedaannya tidak terlalu signifikan. Tapi kalau varian Honda Civic Type R sangat berbeda.

Selain memiliki keistimewaan, dari masing-masing type juga memiliki kelemahan. Nah, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing varian. Berikut ini tabel 9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic untuk varian Sedan dan Hatchback:

No.KelebihanKekurangan
1.Desain eksterior  modern dan sportyDesain kabin terasa sempit
2.Desain interior tampak mewah dan eleganVarian transmisi manual tidak ada
3.Fitur interior cukup canggihDesain lampu kurang pas
4.Fitur keselamatan cukup lengkapGround Clearance rendah
5.Performa mesin handalMesin mudah panas
6.Irit BBMTidak ada sunroof
7.Posisi duduk ErgonomisDriving mode tidak ada
8.Akomodasi jozzKabin terasa bising
9.Handling bagusPerawatannya mahal

Sejarah Honda Civic

Sebelum kita menilik 9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic dari masing-masing varian, kita akan lihat dulu sekilas flashback dari Honda Civic ini mas bro.

Honda Civic pertama kali hadir pada 1972 dan generasi pertama bertahan hingga 1979. Saat ini Honda Civic sudah sampai genegrasi ke 10. Dan generasi terbarunya telah dirilis pada 2016 lalu dengan menyematkan mesin turbo serta Earth Dreams Technology dan varian versi sport yakni Honda Civic Type R.

Penjualan pada 2016 saja di Amerika Serikat, Honda Civic menjadi mobil Honda yang mengalami penjualan paling tinggi hingga mengalahkan Honda CR-V juga Honda Accord. Di Indonesia, Honda Civic hadir dengan varian sedan, hatchback, dan sport nih.

Kini, semua model Honda Civic sudah disematkan mesin turbo ni mas bro. Harga yang tergolong menengah ke atas ini tak menyurutkan minat konsumen dengan desain, fitur juga performa yang menawan dari Honda Civic ini. Berikut ini tabel generasi Honda Civic dari pertama hingga kini:

9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic'
9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic’
No.Generasi Honda CivicTahunNama Honda Civic
1.Generasi Pertama1972 sampai 1979Civic Koper
2.Generasi Kedua1979 sampai 1983Civic Excellent
3.Generasi ketiga1983 sampai 1987Civic Wonder
4.Generasi Keempat1987 sampai 1991Grand Civic
5.Generasi kelima1991 sampai 1995Honda Genio dan Estillo
6.Generasi Keenam1995 sampai 2000Civic Ferio
7.Generasi Ketujuh2000 sampai 2005Sedan Civic EM, ES, EP dan EV
8.Generasi Kedelapan2005 sampai 2011Sedan Civic FD
9.Generasi Kesembilan2011 sampai 2016Sedan Civic FB dan Type R
10.Generasi Sepuluh2016 sampai sekarangsedan Honda Civic Turbo, Type R dan hatchback Civic FC,FK

9 Kelebihan Honda Civic

Berikut ini 9 Kelebihan Honda Civic Sedan dan Hatchback dari 9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic, yakni:

1. Desain eksterior  modern dan sporty

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh semua varian Honda Civic ini yakni Desain eksterior  modern dan sporty nih mas bro. Fitur lampu utama menggunakan full LED dengan daytime running light yang juga LED serta begitu juga dengan lampu belakangnya. Desain kaca dengan green tinted glass yang akan menahan panas dari luar. Juga masih banyak fitur lainnya.

2. Desain interior tampak mewah dan elegan

Selanjutnya, Desain interior di semua varian Honda Civic ini juga tampak mewah dan elegan. Penggunaan bahan matiral juga berkualitas hingga lebih terasa nyaman saat mengendarai mobil ini.

9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic`.
9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic`.

3. Fitur interior cukup canggih

Pada interiornya juga terdapat fitur-fitur canggih seperti fitur audio video menggunakan 2DIN ukuran 7 inci sudah layar sentuh, dan terhubung dengan i smartphone, USB, HDMI, dan lain seagainya.

Bagian interior lainnya ada fitur cruise control, AC otomatis dengan blower tambahan yang dibelakang dan samping menambah kenyamanan berkendara dengan mobil ini.

4. Fitur keselamatan cukup lengkap

Kelebihan selanjutnya, Honda Civic ini juga memiliki struktur kerangkan G-CON + ACE, Dual front airbags, load limiter seatbelt with pretensioner, dan lain sebagainya mas bro. Fitur keamanannyapun memiliki key type, immobilizer, alarm system, serta smart entry.

5. Performa mesin handal

Soal mesin, Honda Civic jangan diragukan lagi ketangguhannnya. Dengan mesin 4 slinder VTEC Turbo DOHC + DBW yang berkapasitas 1.5L, mesin ini memberikan daya maksimal hingga 173 PS dan memberikan torsi maksimal 220 Nm.

Utuk Civic Type R, performa mesinnya lebih besar yalni 2.0L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW mas bro. Dan tenagannya mencapai 296 Tk pada 6.500 dan torsi 400 Nm pada 2.500 – 4.500. Pastinya mesin ini mampu melawan performa beberapa mobil Eropa.

6. Irit BBM

Meski mesin mobil Honda Civic ini tergolong besar, ternyata hal ini tetap menjadikan mobil ini lebih irit BBM mas bro. Sebab sistem bahan bakar nya menggunakan PGMI FI Direct Injection, dan membuat para pengguna tidak perlu khawatir mobil akan boros BBM nya.

7. Posisi duduk Ergonomis

Posisi duduk pada Honda Civic Sedan cukup nyaman dan tidak melelahkan saat road trip nih mas bro. Jok yang berlapis kulit ini dapat diatur 8 arah dengan elektris. Setir juga bisa diatur secara teleskopik dan naik turun (tilt) sesuai dengan kenyamanan pengemudi.

8. Akomodasi jozz

Bagasi yang luas yang membuat bepergian jadi nyaman mas bro. Bagasi pada Honda Civic ini cukup lapang. Sekitar 427 liter bagasi untuk membawa perlengkapan sekeluarga. Ruang ekstra juga bisa didapatkan dengan menarik 2 buah tuas yang ada di bibir bagasi bagian atas dengan melipat kursi depan format 60-40.

9. Handling bagus

Meskipun pakai Electronic Power Steering, Feedback kemudi Honda Civic tergolong mantap mas bro. Di tikungan, dengan stir yang tajam ini memudahkan pengemudi, serta ban Bridgestone Turanza yang berukuran 215/50 R17 memiliki grip dan traksi mumpuni.

9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic.

9 Kekurangan Honda Civic

Berikut ini 9 Kekurangan Honda Civic Sedan dan Hatchback dari 9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic, yakni:

1. Desain kabin terasa sempit

Untuk Hinda Civic sedan dan Hatchback Desain kabin terasa sempit mas bro. Yakni bagian kursi baris kedua ruangannya cukup sempit. Desain kerangka mobil honda civic memang tidak terlalu panjang dan besar. Berbeda dengan Honda Civic Type R, lebih memiliki kabin yang cukup luas.

2. Varian transmisi manual tidak ada

Untuk tipe mobil honda civic hatchback, varian yang tersedia hanya transmisi CVT atau semi otomatis dan tidak memiliki varian transmisi manual nih mas bro.

3. Desain lampu kurang pas

Untuk desain turning light atau sein depannya terasa kurang pas nih mas bro. Terlihat terlalu kecil dan gak serasi dengan desain lampu utama.

4. Ground Clearance rendah

Kelemahan lainnya dari Honda Civic ini yakni Ground Clearance yang rendah. Jarak terendah ke tanah hanya 12,5 cm. Jarak terendah ke tanah yaitu hanya 125 mm. Sehingga membuat pengemudi ekstra hati-hati dalam mengendarai mobil ini, terutama saat jalanan kurang mulus.

5. Mesin mudah panas

Pada mobil Honda Civic ini, Mesin menggunakan bahan bakar direct injection yang memberikan efek panas mesin. Sebab mesin mengkompres udara di ruang bakar. Kipas pendingin selalu bekerja terus menerus, dan BBM di ruang bakar difungsikan sebagai pendingin mesin. Maka pemilik mobil harus selalu memperhatikan kualitas BBM supaya mesin bisa bekerja optimal.

6. Tidak ada sunroof

Kelemahan lain dari Honda Civic terutama yang sedan yakni tidak ada sunroof dibanding kompetitornya yang lainl. Rasanya kurang lengkap dan menjadi minus pada mobil Honda Civic ini.

7. Driving mode tidak ada

Khusus untuk Honda Civic Turbo Sedan, Driving mode tidak ada mas bro. Hanya ada mode ECON untuk irit BBM dan pilihan mode SPORT pada transmisi.

8. Kabin terasa bising

Kekurangan lainnya yang sering dikeluhkan pengguna adalah Kabin terasa bising. Suara ban masih terdengar ke kabin baik saat kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi.

9. Perawatannya mahal

Yang terakhir, Honda Civic ini perawatannya juga mahal mas bro. Sebab perawatannya juga tidak dilakukan disembarang bengkel alias di bengkel khusus resmi milik Honda.

9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic,
9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic,

Kekurangan Honda Civic Type R

Untuk Honda Civic Type R, selain memiliki banyak keistimewaan juga memiliki beberapa minus nya mas bro, antara lain:

1. Harga beli tergolong sangat mahal

Harga honda civic type R Indonesia mulai dibandrol dengan harga 995 juta rupiah hingga 1 milyar mas bro. Konsumen yang mau beli mobil ini harus ngumpulin dana banyak dulu baru kebeli.

2. Desain lampu kurang pas

Seperti Honda Civic sedan dan hatback, desain turning light depan tipe R ini juga dirasa kurang pas atau terlalu kecil. Sehingga menjadi kekurangan dari mobil ini.

3. Suara bising mesin

Pada kecepatan maksimal, bagian mesin yang dirasa sangat bising mas bro. Tentu hal ini membuat pengguna sedikit kurang nyaman saat mengendarai mobil honda civic type R ini.

Harga Honda Civic Baru Dan Jadulnya

Hingga saat ini, Honda Civic terus diproduksi dengan aneka varian pilihan dan harga yang beragam ni mas bro. Mobil legendaris ini digemari konsumen karena salah satunya adalah harga yang cukup terjangkau. Tentu mesin turbo yang disematkan pada mobil Honda Civic ini juga menjadi keistimewaan tersendiri.

Selain membahas 9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic, kita juga akan melihat Harga Honda Civic Baru Dan Jadulnya nih mas bro.

Harga Honda Civic baru

Berikut daftar harga New Honda Civic daerah Jakarta bulan Desember 2020:

TIPE New Honda Civic                                  HARGA
Hatchback 1.5 S CVT Turbo   Rp 431.600.000
Hatchback 1.5 E CVT Turbo                           Rp 472.000.000
1.5 ES TurboRp 525.900.000
Honda Civic Type RHonda Civic Type RRp 1,07 Milyar

Harga suatu waktu bisa berubah mas bro. Dan disesuaikan juga dengan harga di daerah masing-masing.

Harga Honda Civic Bekas

Honda Civic bekas pun tidak pernah lepas dari lirikan konsumen nih mas bro. Karena beberapa dari pengguna ada yang mempunyai selera dengan lebih menyukai Honda Civic generasi jadulnya yang hingga kini masih tersedia di pasaran.

Nah berikut ini tabel harga Honda Civic Bekas dari berbagai generasi nih mas bro:

Tipe Honda CivicGenerasi TahunHarga
Honda Civic Es Turbo Matic 2017Rp 120 Juta
Honda Civic 1.8 At Matic 2012Rp 65 Juta
Honda New Civic 1.8cc At 2014Rp 179 Juta
Honda Civic Fb / At2014Rp175 Juta
Honda Civic B20 Vtec2000Rp 107 Juta
Honda Civic Ferio 1997Rp 80 Juta
Honda Civic Genio Sr4 Mt 1994Rp 150 Juta
Honda Civic 1.8 Facelift 2009Rp 129 Juta
Honda Civic Vti M/t2003Rp 80 Juta
Honda Civic 1.5 Matic2007Rp 72,5 Juta
Honda Civic 1.3 Sedan – wonder1986Rp 18 Juta
Honda Civic 1.8 FD Sedan2010Rp 130 Juta
Civic Wonder1987Rp. 39 500 Juta
Civic Wonder1987Rp. 14 juta

Harga tersebut di atas suatu waktu bisa berubah mas bro. Dan disesuaikan juga dengan kondisi mobil dan harga di daerah masing-masing.

Review Pengguna Honda Civic

Setelah membahas 9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic beserta harga-baru dan jadulnya, kurang lengkap rasanya kalau kita tidak melihat komentar penggunanya nih mas bro. Nah berikut ini beberapa Review Pengguna Honda Civic, antara lain:

Warudin: Nyaman saat dibawa berkendara dengan BBM yang begitu hemat namun tetap bertenaga.

Iis Ismawati Octaviany (Honda Civic 2009-2015): Happiness. Nyaman, Desainya elegan dan ramah lingkungan walau keluaran tahun 2009-2015 tapi tidak ketinggalan jaman dengan model yang baru

iin (Honda Civic 2001-2005): Dari SMA hingga menjadi dokter civic VTIS 2004 silverstone. Tidak diragukan lagi, produk honda memang diakui kelayakan dalam berkendara. Tidak hanya nyaman, safety pun terus dilakukan. Dari luar terlihat lampu facelift yang mempesona, foglamp yang beda dari seri sebelumnya, bagasi yang cukup luas oleh koper besar dan cabin, dan tersembunyi untuk ban serep.

Uniknya lampu belakang terkesan mewah seperti melihat bmw series 3 dijamannya. Dengan mesin 1700cmm Hampir 15 tahun tidak pernah rewel dalam hal mesin, hanya berapa kali ganti AKI, peremajaan AC, kampas rem dan kaki-kaki lalu dia enak lagi diajak jalan, dari SMA mobil ini mengantarkanku dari rumah ke sekolah, bahkan mengantarkanku ke tempat ayah bertugas di luar kota. Eksterior yang luar biasa hingga tidak mati oleh jaman bahkan menjadi luar biasa karena banyak yang melirik setelah masuk tahun ke 15.

9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic`
9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic`

Masuk di jok penumpang kita merasakan empuknya jok bawaan kulit yang tidak pernah kuganti hingga 15 tahun karena awet dan tidak rusak sama sekali, duduk di kursi belakang yang hanya dibatasi oleh sekat tempat air minum dan sekaligus bisa jadi handrest, tidak ada AC double ditengah seat saat itu jadi agak panas untuk penumpang di belakang pada awal berkendara. Posisi space luas untuk ukuran tinggi 177 cm seperti om Fitra. Pindah ke kursi depan tampak terasa seperti berkendara fast fourius, setir yang diameternya pas bisa diatur, dan pedal yang gantung membuat kita bersiap untun balapan, jok depan tidak terpisah dengan headrest dan bentuknya seperti jok mobil balap.

Dilengkapi dengan unit JEC membuat musik semakin mempesona didalam cabin civic ini.Akhirnya mobil ini mengantarkanku hingga menjadi seorang dokter dan mengantarkan pula ayah ke tempat peristirahat terakhir. Tak ingin berpisah dengannya karena takut tak terurus ku serahkan dia ke kerabat agar aku terus melihatnya. Terimakasih untuk 15 tahunnya honda civic vti-s silverstone 2004 engkau telah dirawat dengan baik dan merawat kami pula dengan nyaman, aman dan menemani hari-hari kami. Buatlah terus kehangatan untuk orang-orang bersamamu.

I Wayan Piatna : Tidak Rewel. Kendaraan yang saya miliki yaitu Honda Civic jenis sedan tahun 1989, 1500cc. Walaupun tergolong kendaraan tua namun kami sekeluarga sangat menyukainya karena operasionalnya mudah, mesin bandel tdk pernah rewel, tarikan stabil, kecepatan masih bisa diandalkan, jarang masuk bengkel dan spare partsnya masih tersedia dan terjangkau. Untuk pemakaian bahan bakar boleh dikatakan irit.

Apabila dibandingkan dengan mobil keluaran baru, memang kalah penampilan. Mobil baru bodynya lebih ringan sehingga apabila terkena hempasan angin yg agak kencang akan sedikit oleng atau goyang dan kalau lari kencang terasa terbang dan hal ini sangat riskan mengakibatkan kecelakaan. Aksesoris mobil baru memang jauh lebih menunjang kebutuhan pemilik seperti audio, ac dll. Jika dibandingkan dengan mobil lama namun diera digital saat ini segalanya itu dapat dirubah tanpa harus merubah keaslian body dan mesin.

Hanafi: kenyamanan dalam setiap perjalanan. Ketika naik honda civic rasanya berbeda banget, selain terkesan mewah ada hal yang paling penting yaitu soal kenyamanan. mobil ini terasa nyaman sekali ketika berada di jalan beton tidak ada perbedaan sama sekali shock yang empuk membuat kita tak merasakan kondisi jalan yang berubah rubah maupun jakan yang kurang mulus.

ada satu pengalaman ketika istri saya hamil setiap kontrol saya selalu naik honda civic, istri saya tidak merasa capek ataupun sakit karena jok honda civic begitu nyaman dan shock nya sangat empuk jadi tidak ada keluhan sama sekali itulah yang membuat saya begitu menyukai honda civic.satu hal yang tidak bisa saya lupakan akan honda civic adalah jaminan kenyamanan dalam setiap perjalanan di segala medan

Satriyo Damar Senior (Honda Civic 2001-2005): Honda civic kaum lelaki sejati. Saya pilih honda civic 2001 karena kehebatan mesin 1700 cc dengan kemampuan paling sempurna dan tidak pernah rewel mengenai mensin saya su ka kalau di modif paling gaul untuk anak muda tidak pernah mati.

Theresia verawaty (Honda Civic 2001-2005): Mobil legendaris. Honda Civic Ferio model nya sangat enak di pandang…. tidak kalah dengan mobil keluaran baru

Endah Yani: Mantap buat perjalanan dan nyaman gak membuat lelah. Honda civic sangat nyaman untum berkendara dan nyaman di pakai perjlanan jauh, tidak membuat lelah. Cocok untuk urusan bisnis.

Demikianlah pembahasan tentang 9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic Serta Harga Baru Dan Jadulnya ini. Semoga bermanfaat.

One thought on “9 Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic Serta Harga Baru Dan Jadulnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.