Suzuki Mobil

7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara, Intip Juga Komentar User

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan membahas tentang 7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara, Intip Juga Komen User nih. Mobil SUV ini meluncur di Indonesia pertama kali pada 1992 dan sampai sekarang mobil bekasnya juga tetap eksis. Walaupun desainnya masih kelihatan oke,  tapi Suzuki Vitara ini tetap saja kehadiran generasi barunya sudah saatnya diluncurkan.

7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara
7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara

7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara

Yup mas bro, di tahun 1990 an, orang kaya masa orde baru di Indonesia banyak yang menggunakan Vitara ini. Hal ini dikarenakan kenyamanan dan ketangguhan baik dari Vitara maupun Grand Vitara. Meski kini beda generasi, kelebihan dan kekurangannya masih memiliki kesamaan.

Nah berikut ini merupakan tabel 7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara, antara lain:

No.KelebihanKekurangan
1.Tampilannya sporty dan gagahInterior kurang berkualitas
2.Performa mesin responsifPeredam kabin kurang
3.Handling cukup presisiFitur keselamatan minim
4.Bodi cukup tebalTransmisi lamban merespon
5.Fitur lebih lengkapMesin alami overheat
6.Kaki-kaki sempurnaKabin belakang sempit
7.Bagasi luasLumayan Boros BBM

Sejarah Suzuki Vitara

Sebelum kita membahas lebih lanjut uraian 7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara dia atas, kita akan lihat dulu kilas balik dari mobil ini mas bro. Mobil Suzuki Vitara kali hadir pertama kali di Indonesia pada 1992. Ketika itu, Vitara diluncurkan dengan tipe JX dan JLX serta sudah 4×4 dan menjadi incaran para konsumen penggemar  offroad .

Mesin yang disematkan pada mobil Vitara pertama yakni mesin karburator G16A SOHC 8 katup 1.600 cc sampai tahun 1995. Selanjutnya di awal 1996, Vitara mulai menggunakan mesin G16B SOHC 16 katup 1.600 cc mas bro.

Pada tahun 1997-1998, versi baru Vitara ini meluncur dengan nama Escudo. Lalu di tahun 2006, barulah  lahir generasi ketiga Vitara yang diberi nama Grand Vitara. Untuk ukuran, Grand Vitara ini sama-sama untuk 5 penumpang yang memiliki ruang bagasi luas di belakang. Yang membedakannya yakni Vitara lebih sempit karena kompak.

7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara,
7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara,

7 Kelebihan Suzuki Vitara

Berikut ini uraian tentang  7 Kelebihan Suzuki Vitara dari 7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara ni mas bro, antara lain:

1. Tampilannya sporty dan gagah

Suzuki vitara sudah dikenal masyrakat dengan tampilannya yang oke terutama di bagian eksteriornya. Apalagi setelah menjadi Grand Vitara, Tampilannya semakin sporty dan gagah. Ada  desain grille depan bbermodel bentuk V yang dibalur warna chrome.

Dengan tambahan Spion elektrik, foglamp di bagian depan bumper, sideskirt, bumper belakang dan bumper depan yang warnanya senada dengan bodinya, menambah tampilan Vitara makin cantik.

2. Performa mesin responsif

Keistimewaan lainnya yakni Performa mesin yang responsif mas bro. Terutama pada Grand Vitara yang telah disematkan  mesin tipe J24B DOHC VVT berkapasitas 2.393 cc ini dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 166PS setiap 6.000rpm dan torsi yang dikeluarkan yakni 225Nm per 4.000rpm.

3. Handling cukup presisi

Pada Suzuki Vitara ini, memiliki handling yang menyenangkan buat ukuran sebuah SUV nih mas bro. Handling mobil cukup presisi, berkat suspensi berkualitas tingginya nih. Di bagian belakang ada suspensi Multi Link  dan bagian depan disematkan Mac Pherson Strut dengan Coil Spring.

4. Bodi cukup tebal

Pada bagian body mobil Suzuki Vitara ini menggunakan material yang cukup tebal mas bro. Jadi sedikit memberi rasa aman saat berkendara dalam berjaga-jaga jika mengalami hal yang tidak terduga.

5. Fitur lebih lengkap

Fitur yang ada pada mobil Suzuki Vitara ini berangsur mulai lengkap mas bro. Seperti pada Grand Vitara memberikan kenyamanan berkendara dengan fitur audio, fitur AC berkualitas,  yang bikin penumpang semakin nyaman merasakan sejuknya kabin mobil.

Untuk Fitur keselamatannya , pada Vitara ini terdapat fitur Total Effective Control pada struktur body yang berguna mengalihkan dampak benturan. Ada juga fitur keamanan seperti  SRS airbags, juga doublelock sistem di masing-masing pintu mobil.

6. Kaki-kaki sempurna

Mobil Vitara mempunyai kaki-kaki yang sempurna mas bro. Sebabmengguanakan velg berukuran 17 inchi dengan kombinasi ban tubles. Postur kaki yang lebar pada Grand Vitara semakin membuat stabil dan nyaman karena sumbu as roda cenderung besar.

7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara.
7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara.

7. Bagasi luas

Kelebihan lainnya dari mobil Grand Vitara ini yakni memiliki bagasi yang luas ni mas bro. Mobil yang termasuk mungil di golongan SUV ini mempunyai lebar 1810 mm, tinggi 1695 mm dan panjang 4500 mm.  Meski  mungil, Grand Vitara ini punya bagasi yang makin luas. Sehingga bagi pengguna bisa menyimpan barang lebih banyak saat bepergian.

7 Kekurangan Suzuki Vitara

1. Interior kurang berkualitas

Yang menjadi salah satu kelemahan suzuki  yakni Interior yang kurang berkualitas mas bro. Material yang disematkan Suzuki pada mobil vitara ini memang kurang berkualitas. Namun hal ini masih bisa tertutupi dengan kenyamanannya.

2. Peredam kabin kurang

Pada mobil Suzuki Vitara ini memiliki peredaman kabin yang kurang ni mas bro. Sehingga kenyamanan pengguna terganggu dengan suara-suara dari luar mobil yang bising.

3. Fitur keselamatan minim

Fitur keselamatan pada mobil Vitara ini cukup minim dan kurang lengkap. Sehingga menjadi salah satu kelemahan dari mobil ini.

4. Transmisi lamban merespon

Pada sistem transmisi,  dirasa beberapa pengguna agak lamban merespon ni mas bro. Hal ini akibat tenaga mesin yang kecil sehingga mobil bergerak seperti loyo.

5. Mesin alami overheat

Kelemahan lainnya yang sering dukeluhkan para pengguna Vitara yakni Mesin yang alami overheat atau mesin kepanasan nih mas bro. Hal ini terjadi akibat temperatur sekitarnya atau sistem pendingin yang bermaslah. Saat overheat terjadi bisa membuat cylinder head sampai melengkung.

6. Kabin belakang sempit

Kalau ada kelebihan pasti ada kekurangan. Bagasi pada Vitara ini tergolong luas. Namun ternyata pada kabin belakangnya terasa sempit terutama kursi paling belakang yang bikin penumpang  gak punya ruang gerak yang bebas saat ada dalam kabin.

7. Lumayan Boros BBM

Pada Suzuki  Grand Vitara ini sebenarnya sudah diklaim bahwa lebih hemat BBM mas bro. Namun ternyata suzuki grand vitara ini termasuk boros kalau dibandingkan dengan mobil LCGC lainnya. Untuk dalam kota, 1 liter BBM untuk menempuh jarak sekitar 7,5 sampai 8,5km saja. Sedangkan untuk perjalanan luar kota 1 liter BBM untuk 10km sampai 11 km.  BBM yang digunakan juga harus pertamax agar tarikan gak jadi lemot.

Komentar User Suzuki Vitara

Setelah melihat uraian 7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara di atas, berikut ini beberapa Komentar User Suzuki Vitara:

Sutirja (Suzuki Grand Vitara): Gagah.Taanguh di segala medan dan gagah dalam penampilan, serta cocok untuk semua kalangan

Nami (SUZUKI Grand Vitara – 2.4 M/T): Really Comfortable! Mobil saudara saya, dengan space ban cadangan di belakang, keamanan yang terjamin, tenang banget dehh kalo lagi jalan-jalan bareng. Ana-anak juga sering tertidur lelap dibangku belakang, kenyamanan mobil ini udah ga diragukan kembali, apa lagi bahan bakarnya juga irit, terus modelnya juga bagus.

Agustinus wurliantono (Suzuki Grand Vitara): Mobil MPV. Cc gede kelihatan mewah gagah dan tangguh tapi nyaman di kendarainya.

Zulman (Suzuki Grand Vitara): Tarikan yang tangguh dan bahan bakar irit.Saya pada pendakian tidak ragu dengan kemampuan grand vitara 2000cc Dan juga pada sebuah tikungan dg kecepatan 80km/hrs mobil tetap stabil dan tidak pernah ada slip selama dalam perjalanan ac hidup tidak pernah saya matikan, tapi bahan bakar tetap normal tanpa ada pemborosan pemakaian dan terasa nyaman di dalam mobil tanpa ada terdengar kebisingan bunyi mesin.

7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara`

Tedjo (SUZUKI Grand Vitara – 2.4 M/T): Aman dan Kuat.Dari dulu sy ingin mempunyai mobil yang aman dan kuat seperti Vitara ini. Tampilan luar terihat strong banget, mesinnya jg kuat. Kalau naik mobil ini rasanya ga khawatir dengan jalanan yg rusak. Sy cuma pernah coba aja tapi belum bisa punya.

rezky prasetiyo (Suzuki Grand Vitara): tangguh. perjalanan yang mengesankan mengendarai suzuki grand vitara, nyaman untuk dikendarai jarak jauh keluar kota. Tangguh disegala jenis jalan. Kabin yang senyap karena kedap, mobil grand vitara sangat stabil di kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi,konsumsi penggunaan bahan bakar normal baik dalam kota maupun luar kota., suspensi handal di segala kondisi jalan, mantaaap…salam gaspoll

7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara`.
7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara`.

hanif (SUZUKI Grand Vitara – 2.4 M/T): vitara emang keren banget.mobil keluarga yang keren banget, keamanannya terasa terjamin, mesinnya kuat tidak mudah mogok, nyaman banget bila dibawa berpergian jauh, cocok juga sihh buat dimodifikasi menjadi mobil untuk touring sperti jeep atau sejenisnya

Demikianlah pembahasan tentang Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara, Intip Juga Komen User ini. Semoga bermanfaat.

24 komentar pada “7 Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Vitara, Intip Juga Komentar User

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.