Toyota

8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry Serta Perkiraan Biaya Permak Kerusakannya

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan mengupas tentang 8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry Serta Perkiraan Biaya Permak Kerusakannya nih. Pada 1998, Toyota Camry mulai masuki pasar Indonesia. Camry sendiri diluncurkan hingga 8 generasi. Di Indonesia, Camry generasi ke 8 hadir pada Januari 2019 dengan pilihan 2.5 G, 2.5 V, dan 2.5 Hybrid.

8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry
8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry

8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry

Yup mas bro, konon katanya mobil Toyota Carmy ini banyak yang bilang dengan sebutan  “mobil pejabat”.  Karena memang  Toyota Carmy  ini banyak digunakan untuk kendaraan dinas aparatur negara juga menteri. Tentu karena banyaknya keistimewaaan yang dimiliki Camry ini. Kita akan lihat dibawah ini merupakan tabel 8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry, antara lain:

No.KelebihanKekurangan
1.Mesin tangguhMinimnya efek engine brake
2.Transmisi responsif dan halusBBM Boros
3.Suspensi empuk dan nyamanBentuk Interior kurang proporsiaonal
4.Image Sebagai Mobil MewahBiaya Perawatan dan Pajak Mahal
5.Kabin lebih legaKurang maksimalnya Feedback setir
6.Material interior berkualitasGround clearance terlalu rendah
7.Kabin lebih senyapKualitas rem sangat kurang
8.Memiliki Bagasi yang LuasHarga Camry tinggi

8 Kelebihan Camry

Berikut ini uraian tentang  8 Kelebihan Camry dari 8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry, antara lain:

1. Mesin tangguh

Kelebihan yang pertama dari Toyota Camry ini adalah sektor dapur pacunya yang tangguh ni mas bro. Toyota Camry disematkan mesin Inline 4-Silinder dengan 16 katup dengan teknologi DOHC Dual VVT-I serta berkapasitas mesin 2.492 cc. Mesin ini ada pada 2 varian transmisi otomatis, yaitu CVT dan 6-percepatan AT Sequntial.Sehingga Toyota Camry memiliki tenaga maksimal sampai 181 Ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak hingga 23,3 Kgm per putaran 4.000 rpm.

2. Transmisi responsif dan halus

Salah satu yang jadi kelebihan dari Toyota Camry adalah Transmisi responsif dan halus mas bro. Seperti pada tipe transmisi yang ada pada tipe L yakni transmisi otomatis  yang lengkap dengan CVT yang bentuknya seperti sabuk. Menurut para ahli, sistem perpindahan gigi dari CVT jauh lebih halus juga tidak terasa dibandingkan dengan transmisi otomatis biasa.

3. Suspensi empuk dan nyaman

Pada mobil Toyota Camry ini juga memiliki Suspensi empuk dan nyaman mas bro. Mobil premium ini bantingan suspensinya amat lembut, sebab ada suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan di belakang disematkan tipe Double Wishbone.

4. Image Sebagai Mobil Mewah

Tentu sudah tidak asing lagi buat masyarakat tentang mobil Toyota Camry ini yang sejak awal kehadirannya sampai sekarang melekat sebagai  mobil yang mewah nih mas bro. Sebab desain Camry yang berkelas dan mewah, sehingga siapapun yang melihat akan langsung tertarik untuk memilikinya.

8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry.
8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry.

5. Kabin lebih lega

Keistimewaan selanjutnya dari Toyota Camry ini adalah Kabin yang lebih lega ni mas bro. Dimensi Camry yakni 4.850 x 1.825 x 1.470 mm dengan jarak sumbu roda 2.755 mm serta kapasitas tangki bahan bakar hingga 70 liter.Untuk sebuah sedan tentu  dimensi tersebut cukup luas. Saat melakukan perjalanan jauh, penumpang bisa duduk dengan nyaman sambil menikmati fasilitas kabin yang mewah.

6. Material interior berkualitas

Kualitas pada interior Toyota Camry ini cukup mewah dan berkualitas mas bro. Bisa dilihat dari dashboard dengan konsep Wooden Instrument Panel Design yang ada di bagian tengah. Pada interior Toyota Camry dilengkapi layar sentuh berukuran 8 inci dengan menu pilihan yakni audio-video, , Toyota Navigation System, Toyota MoveMiraCast TM & MirrorLink TM Technology & Toyota Audio Controller, juga MP3 musik yang bisa memanjakan penumpang selama perjalanan.

7. Kabin lebih senyap

Yang menjadi salah satu keistimewaan dari mobil Toyota Camry ini adalah Kabin lebih senyap ni mas bro. Hal ini dikarenakan peredam kabin yang sangat bagus sehingga suara dari luar kabin bahkan suara mesin juga tidak terdengar sama sekali. Tentu hal ini menambah kenyamanan ekstra berkendara.

8. Memiliki Bagasi yang Luas

Ternyata sekain memilki ruang kabin yang luas, masih ada hal lain yang bikin konsumen kepincut sama mobil ini. Kelebihan lainnya dari mobil Toyota Camry ini adalah memiliki Bagasi yang luas ni mas bro. Sehingga saat membawa barang tidak perlu menaruhnya di dalam kabin, namun cukup dalam bagasi yang lega tersebut.

8 Kekurangan Camry

Meski memiliki keistimewaan yang banyak, namun mobil Toyota Camry ibi juga tak luput dari kelemahan. Nah erikut ini uraian tentang 8 Kekurangan Camry dari 8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry, antara lain:

1. Minimnya efek engine brake

Salah satu yang menjadi kelemahan dari Toyota Camry ini adalah Minimnya efek engine brake ni mas bro. Menurut para pengguna, minimnya efek engine brake pada mobil Toyota Camry ini terasa karena saat pedal dilepas, putaran mesin langsung drop.  Mungkin tujuannya sebagai efisiensi sekaligus menghilangkan efek engine brake dan hal ini membuat  kerja rem menjadi semakin berat. Beberapa kali rem terasa kewalahan saat panic braking yang dikakukan saat traffic di tol tiba-tiba berhenti.

2.BBM Boros

Kelemahan selanjutnya dari mobil Toyota Camry ini adalah Boros bahan bakar mas bro. Hal ini sering menjadi alasan konsumen untuk tidak membeli mobil ini. Namun borosnya BBM pada mobil ini akibat kapasitas mesin yang besar serta belum didukungnya sistem bahan bakar yang cukup canggih.

Dari pengalaman pengguna Toyoya Camry ini, ada yang konsumsi dalam kota yakni  1:6-7. Konsumsi luar kota/tol yakni 1:10-11. Konsumsi kombinasi yaitu 1:7-8. Dan konsumsi real time terboros yakni saat macet total yang hanya mencatat 1:5, dan dengan gaya nyetir brutal super agresif justru bisa 1:6-7 mas bro.

3. Bentuk Interior kurang proporsiaonal

Pada mobil toyota Camry ini ada y6ang mengeluhkan Bentuk Interior kurang proporsiaonal  mas bro. Kualitas fit and finish terasa kurang untuk mobil sekelas ini. Stitching terlihat kurang rapih di beberapa bagian dan beberapa panel gap tidak sama. Yakni pada gap di speaker atas dashboard sebelah kiri dan kanan tidak sama.

Lalu pada steering wheel yang ukurannya terlalu besar juga desainnya menyulitkan jempol untuk membunyikan klakson. Adanya moonroof juga terasa tanggung karena ukurannya yang kekecilan. Ya tentu hal ini tergantung dari selera masing-masing ya mas bro.

4.Biaya Perawatan dan Pajak Mahal

Selanjutnya, yang menjadi kekurangan dari Toyota Camry ini adalah Biaya Perawatan dan Pajak yang Mahal dibanding dengan mobil-mobil lainnya ni mas bro. Sudah tentu untuk mobil kelas menengah ke atas atau premium wajar saja memiliki biaya perawatan dan pajak yang mahal dan bagi kaum elit yang tidak terlalu jadi masalah dengan biaya.

5. Kurang maksimalnya Feedback setir

Mobil Toyota Camry ini juga sering dikeluhkan pengguna tentang sistem kemudinya mas bro. Yakni Kurang maksimalnya Feedback setir di sebabkan sistem kemudi yang belum menyematkan teknologi terbaru sehingga feedbacknya kurang maksimal saat berkendara.

6.  Ground clearance terlalu rendah

Kelemahan lainnya dari mobil Toyota Camry ini adalah Ground clearance yang terlalu rendah mas bro. Kita semua tentu tau kalau mobil jenis seperti ini memang memilki Ground clearance yang lebih rendah dibanding jenis mobil lain. Dan inilah yang membuat Camry hanya bisa berjalan di aspal yang mulus bukan jalan rusak atau berbatu.

7. Kualitas rem sangat kurang

Kelemahan lainnya lagi dari mobil Toyota Camry ini adalah Kualitas rem sangat kurang mas bro. Hal ini amat dirasakan beberapa pengguna Camry. Ukuran discbrake yang sama berikut brake pad yang nyaris kembar dengan trim 2.4 membuat Camry ini agak menakutkan saat hard braking. Jadi sering glosor dan diperparah dengan minimnya efek engine brake di posisi “D”.

Handling mobil ini memang cukup baik mas bro. Tapi tetap saja saat masuk ke tikungan yang lebih menantang mobil ini mulai kewalahan. Jadi ukuran besar dan basic layout mobil ini yang FWD with tons of horsepower semuanya hanya tersalur ke roda depan. Sehingga understeer yang cukup intens saat masuk sharp cornering, even worse steering yang lemah menjadi berbahaya dalam situasi tersebut.

8.Harga Camry tinggi

Jangan diragukan lagi tentang harga mobil Toyota Camry ini mas bro. Karena sudah jelas lebih mahal dibanding mobil lainnya. Di Indonesia saja, Toyota Camry hadir dalam dua varian, yakni 2.5 G A/T dan Camry 2.5 V A/T. Tentu dengan kapasitas mesin yang besar lengkap dengan beragam fitur canggih serta kekinian, sudah pasti kedua tipe mobil Toyota Camry tersebut dibanderol dengan harga yang tinggi.

8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry`
8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry`

Perkiraan Biaya Permak Kerusakan Toyota Camry

Setelah membahas Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Camry di atas, kita akan intip Perkiraan Biaya Permak Kerusakan Toyota Camry ni mas bro. Seperti dilansir dalam curhatan Jose  pada SerayaMotor.com , bahwa ia selama  5 bulan memperbaiki Camry nya yang butuh banyak perbaikan..

Brikut ini rincian total pengeluaran selama sekitar 5 bulan permak mobil Camry tersebut:

•             Mesin (Lokasi : Toda, DTMF, Auto2000)

– Carbon clean, injector cleaning & spark plug cleaning Rp.800k

– Ganti oli (6 liter) + filter oli Rp.810k

– Engine Mounting atas Rp.800k

– MAF sensor cleaning Rp.200k

Total = Rp.2610k

•             Kaki-kaki (Lokasi : Atrium Senen, Karya Per, DTMF, Bengkel Marathon, Banceuy, Indomakmur, Cibubur Point, Yans Speed)

– Stopper shock depan sepasang Rp.100k

– Shock breaker depan sepasang Rp.1400k

– Bearing depan kiri Rp.385k

– Recalibrate ball joint kiri Rp.150k

– Support shock depan kiri Rp.250k

– Booth as roda kanan Rp.150k

– Ball joint kanan Rp.300k

– Tierod end sepasang Rp.400k

– Long tierod kanan Rp.200k

– Link stabiliser sepasang Rp.300k

– Bushing stabiliser sepasang Rp.120k

– Bushing arm Rp.100k

– Jasa (total ongkos jasa) Rp.1600k

Total = Rp.5455k

•             Brakes (Lokasi : Indomakmur, Auto2000)

– Bubut disc brake Rp.200k

– Brake pad sepasang + jasa Rp.1000k

Total = Rp.1200k

•             Transmission (Lokasi : Cibubur Point)

– ATF flushing/kuras (12 liter) + jasa Rp.1200k

Grand Total : Rp.10,465,000,-

Jadi total dari perbaikan keseluruhannya adalah Rp.10,465,000,- mas bro. Wah, ternyata bener juga kalau mau beli mobil bekasnya yang sekelas Camry dan lainnya setidaknya ada persiapan dana minimal 10 jeti buat persiapan benerin sana sini ya.

Demikianlah ulasan tentang 8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry Serta Perkiraan Biaya Permak Kerusakannya ini. Semoga bermanfaat.

4 komentar pada “8 Kelebihan Dan Kekurangan Camry Serta Perkiraan Biaya Permak Kerusakannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.