Pemuda Magetan Bikin Mobil Hybrid dari Daihatsu Lawas

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan membahas tentang seorang Pemuda Magetan Bikin Mobil Hybrid  dari Daihatsu Lawas nih. Pemuda merupakan harapan bangsa dalam membangun masa depan negara yang lebih baik. Membangun negara dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berkarya. Dan berikut ini adalah kisah seorang pemuda dengan karya otomotifnya.

Pemuda Magetan Bikin Mobil Hybrid
Pemuda Magetan Bikin Mobil Hybrid

Pemuda Magetan Bikin Mobil Hybrid  

Yup mas bro, pemuda yang berkarya dalam bidang otomotif ini adalah mahasiswa jurusan Teknik Otomotif di Politeknik Manufaktur Astra asal Magetan. Ia bernama Deni Kusumawan. Beberapa waktu yang lalu, ia berhasil membuat motor Honda Revo hybrid yang memanfaatkan sumber daya gabungan BBM, gas dan listrik.

Dan kali ini, Pemuda Magetan Bikin Mobil Hybrid ini membuat kejutan kembali dengan .membuat eksperimen yakni mengubah mobil lawas Daihatsu Midget II jadi kendaraan hibrida.Yang mengejutkan adalah eksperimen ini cuma butuh 3 bulan langsung bisa merubah mobil mini Midget II jadi hybrid. Midget II hybrid ini pakai baterai lithium ion 3 kwh. Baterai butuh 8 jam pengecasan agar terisi penuh dikarenakan belum fast charging,

Mobil bertenaga bensin dan listrik itupun merupakan hasil aplikasi motor listrik 4 KW yang ditaruh di atas gardan kemudian dihubungkan dengan belt. Dengan tambahan kabel-kabel untuk jalur motor listrik yang memang sebelumnya belum ada.Dalam pengoperasiannya masih secara manual. Yakni sumber penggerak mobil masih bergantung pada pilihan pengemudi yaitu pakai bensin atau listrik.

Kalau mau menggunakan motor listrik, pengemudi harus memindahkan selektor yang ada di dasbor dulu mas bro.Jadi Deni menambahi fitur display berupa tombol dalam memantau persentase baterai motor listrik tersebut. Dan ada 2 tombol lagi dengan punya fungsi berbeda, yakni tombol emergency switch jika ada ‘miss error’ saat motor listrik digunakan dan satu tombol regenerative brake untuk pengereman serta akan ada proses pengisian daya ke baterai.

Meski belum melakukan pengetesan, namun Pemuda Magetan Bikin Mobil Hybrid ini menuturkan secara teori mobil ini mampu menempuh 32 km dengan kecepatan konstan 20 km/jam mas bro.

Pemuda Magetan Bikin Mobil Hybrid.
Pemuda Magetan Bikin Mobil Hybrid.

Rencana Selanjutnya

Untuk kelanjutannya, Deni mengaku bahwa hasil eksperimennya ini belum memuaskan. Untuk rencana selanjutnya ia bakal menyempurnakan sumber penggerak kendaraan jadi otomatis. Yaitu mengkombinasikan pemakaian listrik dan BBM ketika mobil dijalankan, agar tidak lagi pakai pilihan manual.

Ia juga memaparkan tentang kendala yang dihadapinya saat membuat eksperimen ini. Kesulitannya yaitu dalam merubah sistem gerak motor bensin ke listrik dan sebaliknya dengan menggunakan control system. Lalu sulitnya lagi saat membuat rangka motor listrik agar dapat menahan beban mobil dan keseimbangannya.

Demikianlah mas bro, info tentang Pemuda Magetan Bikin Mobil Hybrid  dari Daihatsu Lawas ini. Semoga selalu sukses dan terus berkarya.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: