10 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia Serta Testimoni User

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan membahas tentang  10 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia Serta Testimoni User nih. Pada awal diluncurkannya Nissan Evalia pada 2012, mobil ini sempat mengambil hati konsumen. Mobil segmen MPV low end ini menawarkan 2 pilihan transmisi yakni manual dan automatic. Mobil yang mampu menampung 8 penumpang ini turut bersaing dan sempat laris manis pada masanya.

10 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia
10 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia

10 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia

Yup mas bro, mobil Nissan Evalia ini sempat meningkat penjualan di tahun pertama kehadirannya. Seiring banyaknya pesaing sesama MPV, penjualan Evalia menurun dan popularitasnya semakin memudar. Hingga akhirnya pada 2018 produksinyapun dihentikan.

Namun demikian, hingga saat ini mobil Nissan Evalia ini masih banyak penggemarnya nih mas bro. Tentu hal ini karena adanya keistimewaan yang dimiliki. Dan juga ada beberapa kekurangnya. Nah berikut ini adalah tabel 10 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia, antara lain:

No.KelebihanKekurangan
1.Bodi mobil cukup kerenPada kecepatan diatas 60km/jam limbung
2.Mterial interior cukup bagusHomestri mudah usak
3.Tempat duduk legaDesain belakang kaku
4. AC nya depan belakangPower staring mudah rusak
5.Performa mesin cukup mumpuniHarga jual kembali rendah
6.Radius putar yang kecilKursi baris kedua sulit dilipat
7.Sofa nyaman dan suspensi empukGlovebox tidak ada tutup
8.Ruang kabin lapangMatic masih 4-speed
9.Konsumsi BBM iritJendela penumpang kecil
10.Banyak tempat penyimpanan kecilUndersteer Oversteer sering terjadi saat menikung cepat

Sejarah Nissan Evalia Di Indonesia

Sebelum kita membahas 10 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia lebih mendalam, ada baiknya kita lihat dulu kilas balik dari Nissan Evalia ini mas bro.

Di Indonesia, Evalia diluncurkan pada Juni 2012. Ada 2 varian yakni SV dan XV. Lalu pada Maret 2013, Evalia diluncurkan kembali dengan 3 varianam yaknio St, SV dan XV. Kemudian pada Januari 2014 mobil MPV ini diluncurkan lagi dalam 3 tipe yakni St, SV dan XV Highway Star. Dan Nissan Evalia ini diproduksi di pabrik Nissan yang terletak di kawasan Cikampek dengan memproduksi total 100.000 unit mobil per tahunnya. Komponen lokal yang digunakan juga mencapai 75%.

Menurut info  data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO), waktu awal pertama muncul pada 2012, Nissan Evalia mampu terjual sebanyak 10.691 unit nih mas bro. Dan ini merupakan pencapaian keemasan bagi Evilia. Lalu pada 2013 penjualannya mulai menurun yakni menjadi 5.934 unit. Pada 2014 semakin menurun yakni hanya terjual 2.945 unit. Lalu pada  2015 terjual 660 unit. Dan pada 2016 sekitar 587 unit, dan akhirnya pada 2017 cuma 17 unit aja.

Akhirnya pada 2018, Evalia pun kalah saing dengan produk  MPV lain di Indonesia, hingga akhirnya produksinya dihentikan.

10 Kelebihan Nissan Evalia

Berikut ini adalah uraian tentang 10 Kelebihan Nissan Evalia dari 10 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia, yaitu:

1.Bodi mobil cukup keren

Kelebihan pertama dari Nissan Evalia ini yaitu memilki bagian eskterior yang cukup keren mas bro. Dimensi mobil nya terlihat besar juga bagian grill nya terkesan eksklusif dengan desain chrome. Pada bagian kaca dilengkapi defogger juga wiper yang terintegrasi.

2.Material interior cukup bagus

Pada interiornya, mobil Evalia ini kaya dengan fitur mas bro. Kualitas finishing interiornya juga cukup bagus dan tidak terkesan murahan. Ada pintu geser yang menambah kenyamanan serta kemudahan penumpang  yang duduk di jok belakang. Instrumen cluster ada pada dashboard berdampingan dengan tachometer dan tripmeter.

Dalam interior Nissan Evalia penumpangnya juga dimanjalan dengan kehadiran Audio 2 Din dengan AM/FM, CD, MP3, juga USB dengan 4 speaker di setiap sisi. Central locking system tersedia di semua trim kecuali yang varian rendah.

3.Tempat duduk lega

Yang bikin penumpang Nissan Evalia makin nyaman adalah bangku yang lega dan lapang mas bro. Sehingga saat diduduki lebih dari 5 penumpang juga masih nyaman saja.

4.AC nya depan belakang

Pada Nissan Evalia ini terdapat AC yang merata sejuknya sehingga penumpang semakin merasa nyaman dengan kesejukan kabinnya.

5.Performa mesin cukup mumpuni

Mobil Nissan Evalia ini memang berbasis mesin Nissan Grand Livina HR15 mas bro. Tapi Evalia adalah generasi terbaru (HR15DE). Sehingga peformanya tidak usah diragukan lagi. Mesin bensin berkapasitas 1,5 liter ini menghasilkan tenaga maksimum sampai 109 HP dengan putaran 6.000 RPM serta torsi puncak sebesar 148 Nm pada 4.400 RPM.

Kebisingan serta getarannya juga tergolong rendah. Jadi mesin ini dijadikan satu dengan dua macam gearbox, yakni transmisi manual 5 percepatan dan transmisi matic konvensional 4 percepatan.

6.Radius putar yang kecil

Radius putar pada Nissan Evalia ini menjadi salah satu kelebihannya mas bro. Sebab Evalia mempunyai radius putar 5.2 m yang pastinya memudahkan pengemudi saat mobil akan melakukan belokan tajam.

7.Sofa nyaman dan suspensi empuk

Kelebihan Evalia lainnya adalah Sofa nyaman dan suspensi empuk nih mas bro. Sehingga membuat pengguna selalu merasa nyaman dalam melakukan perjalanan.

8.Ruang kabin lapang

Mobil Nissan Evalia ini merupakan APV yang cocol untukl keluarga karena memilki Ruang kabin lapang nih mas bro. Mobil berkapasitas 8 orang ini dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dengan keadaan kabin yang lapang.

10 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia.

9.Konsumsi BBM irit

Yang menjadi  kelebihan lainnya dari Evalia ini adalah Konsumsi BBM nya yang irit. Mobil MPV ini menawarkan konsumsi BBM paling irit di kelasnya dan  Evalia 20% lebih irit dari para kompetitornya.

10.Banyak tempat penyimpanan kecil

Kelebihan lainnya yaitu Dashboard Nissan Evalia dibuat lebih fleksibilitas dibandingkan mewah mas bro. Bisa dilihat dari banyaknya tempat penyimpanan barang juga cup holder.

10 Kekurangan Nissan Evalia

Berikut ini adalah uraian tentang 10 Kekurangan Nissan Evalia dari 10 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia, yaitu:

1.Pada kecepatan diatas 60km/jam limbung

Salah satu yang menjadi kekurangan dari Nissan Evalia adalah terasa Limbung saat dipacu dengan kecepatan tinggi ni mas bro. Hal ini bisa jadi karena sangkin empuknya suspensi yang dimiliki Evalia.

2.Homestri mudah usak

Keluhan dari pengguna Nissan Evalia ini antara lain adalah mudah rusaknya Homestri. Maka untuk bagian-bagian tersebut harus selalu diperiksa secara rutin agar dapat segera teratasi jika rusak.

3.Desain belakang kaku

Desain belakang Nissan Evalia terlihat lebih kaku mungkin karena bentuknya yang boxy banget mas bro. Untyuk hal ini tentu berhubungan dengan selera masing-masing ya mas bro.

4.Power staring mudah rusak

Keluhan lainnya dari pengguna Nissan Evalia ini adalah Power staring mudah rusak nih mas bro. Sehingga pengemudi merasakan agak berat saat menyetir. Maka butuh perhatian khusus pada bagian ini agar segera bisa teratasi.

5.Harga jual kembali rendah

Kelemahan lainnya dari Nissan Evalia ini adalah Harga jual kembali rendah nih mas bro. Sehingga membuat konsumen berfikir ulang saat akan membelinya.

6. Kursi baris kedua sulit dilipat

Yang membuat kurang nyaman tadi yaitu pada mobil Evalia ini memiliki Kursi baris kedua yang agak sulit dilipat mas bro. Sehingga untuk penumpang bagian belakang butuh waktu untuk bisa naik dengan segera.

7.Glovebox tidak ada tutup

Selanjutnya, Glovebox tidak ada tutup pada Nissan Evalia ini juga menjadi salah satu kekurangannya nih mas bro. Hal ini membuat pengguna kurang merasa aman saat menyimpan barang.

8.Matic masih 4-speed

Pada tranmisi Matic mobil Evalia ini masih 4-speed mas bro. Sehingga menjadi salah satu kekurangannya.

9.Jendela penumpang kecil

Untuk Evalia XV hanya ada celah kotak yang cuma muat untuk bagian wajah aja nih mas bro. Kalau pada Evalia S dan SV, kaca samping sliding door nya malah gak bisa dibuka. Tentu saja hal ini sering dipertanyakan konsumen dan menuai kritikan beberapa pihak.

10.Understeer Oversteer sering terjadi saat menikung cepat

Kelemahan yang terakhir dari Nissan Evalia ini antara lain Understeer Oversteer sering terjadi saat menikung cepat nih mas bro. Sehingga mengurangi kenyamanan pengemudi saat bermanuver.

Testimoni User Nissan Evalia

Bagi penggemarnya, mobil Nissan Evilia mempunyai keistimewaan tersendiri dihati penggunanya mas bro. Nah, berikut ini merupakan beberapa komentar pengguna Nissan Evaliam antara lain:

Alfen Yusuf: Kelebihan n kekurangan Evalia. Saat ini kendaraan sangatlah penting untuk saya pribadi, mengingat banyak tempat dan waktu yang harus dijangkau sesuai waktu yang diharapkan,,untuk kendaraan saat ini yang saya miliki adalah Nissan Evalia sejauh ini saya sangat terbantu, karena kelebihan Evalia adalah Interiornya bagus, tempatnya luas, tempat duduk nya luas, AC nya depan belakang bagus, mesin juga ok, body mobil keren, sofa mobil nyaman n empuk, namun ada kekurangan juga yang saya harap bisa lebih baik yaitu dalam kecepatan diatas 60km/jam limbung/mudah goyang, homestri mudah kena /rusak, power start mudah kena/rusak,,,semoga bisa lebih baik lagi.

Nurkhaeri: Si irit yg bandel. Walau Nissan Evalia yg saya miliki ini type terendah,yg minim fitur, tapi cukup bisa diandalkan, selain irit tapi juga kuat bisa muat banyak barang juga bisa membawa banyak anggota keluarga. Selama lebih 7 tahun baru sekali servis AC. itu saja yg lain blm pernah…. terimakasih Eva ku sayang

Darwin Alim Phd: My Fabuolous Nissan Evalia. Lovely design quick RESPONSE engine and fascinating in off road circumstances

Ste: pilihan tepatku. Buat saya ketika beli evalia, dalam kondisi second, merupakan pilihan beresiko, mengingat nilai belinya buat kapasitas saya termasuk menembus batas anggaran. Namun alasan memilih mobil kapasitas keluarga, ternyata terpuaskan. Dua anak laki saya bisa leluasa naik evalia ini, sambil membawa barang favorit mereka.

Dan istri sangat puas dengan qualitas kenyamanan dan lagi lagi kapasitas, sebagai pamungkas alasan kepuasan unit ini. Buat saya tentunya performance yang bagus, kenyamanan dan iritnya kami berpetualang bersama evalia. Akhirnya saya tahu, mobil jenis apa yang saya butuhkan. Ya sejauh ini mpv atau mobil family. Kesibukan kerja terbayarkan dengan waktu dan jarak yang kita lalui ketika bisa bersama keluarga

10 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia`

Elly Roswita : Mobil serbaguna. Mobil evalia yang saya miliki ini sangat sangat berguna, baik untuk kendaraan pribadi maupun untuk bisnis terlebih untuk menunjang pekerjaan saya. Dalam bisnis yg saya kerjakan saya seringkali harus membawa berbagai barang yg kapasitasnya besar,tapi saya tetap dapat membawa barang tersebut sendiri dgn mobil saya,tanpa harus menyewa kendaraan yg lebih besar.

Juga jika saya hendak bepergian dgn keluarga besar untuk acara keluarga, saya jg dapat membawa beberapa keluarga besar yg tidak punya kendaraan karena mobil evalia tersebut dapat memuat sampai dgn 8 orang penumpang. Dan lebih menarik lagi mobil tersebut cukup irit pemakaian bahan bakarnya, sehingga tidak perlu dalam perjalanan untuk berulang ulang mengisi bahan bakar. Dan untuk maintenancenya jg cukup irit. Saya merekomendasikan pemakaian mobil nissan Evalia.

Demikianlah  ulasan tentang 10 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia Serta Testimoni User ini. Semoga bermanfaat.

One thought on “10 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia Serta Testimoni User

  • 27 Januari 2021 pada 05:40
    Permalink

    Review truk engkel / l300 mas brooo mayan buat usaha

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: