Chevrolet

6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera Serta Komponen Yang Perlu Diperhatikan

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan mengulik tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera Serta Komponen Yang Perlu Diperhatikan nih. Chevrolet memang pernah meluncurkan mobil bernama Tavera. Tapi sepertinya kebanyakan masyarakat sudah lupa, sebab mobil yang dikira Isuzu Panther facelift  ini telah lama tidak di produksi. Bodi bongsornya sama persis Panther Touring. Yang membedakan cuma mesinnya, Tavera mesin bensin dan Panther diesel.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera
6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera

6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera

Yup mas bro, Tavera tergolong mobil keluarga Big MPV dengan kapasitas 7-8 penumpang.  Chevrolet Tavera menggunakan platform Isuzu Panther Touring,  tapi untuk  mesin sama dengan sepupunya yakni Chevroletnya  Blazer. Tidak banyak yang mengulas tentang Chevrolet Tavera ini. Mungkin karena populasinya atau peminatnya yang sedikit.

Meski demikian, mobil Chevrolet Tavera ini memiliki beberapa keistimewaan juga kekurangan. Nah berikut ini adalah tabel 6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera, antara lain:

No.KelebihanKekurangan
1.Perfoma pada putaran tinggi enakBBM Boros
2.Desain eksterior cukup gagahInterior mobil kurang lengkap
3.Kabin luasMinim fitur
4.Ground clearance tinggiLimbung
5.Kabin tak terlalu bisingHarga spartpart aslinya mahal
6.Sparepart  mudah dan murahJaringan bengkel terbatas

Sejarah Chevrolet Tavera DI Indonesia

Sebelum kita membahas 6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera secara detil, ada baiknya kita lihat dulu kilas balik dari Chevrolet Tavera DI Indonesiah mas bro.

Pada 1984, Chevrolet Indonesia meluncurkan sebuah SUV dengan penggerak roda 4. Model tersebut ada hingga tahun 1996. Yakni Chevrolet Trooper yang terdapat 2 varian yaitu Chevrolet Trooper bermesin bensin dan Diesel.

Setelah itu dirilislah Chevrolet Blazer yang saat itu bekerjasama dengan Blazer. Di Indonesia, Chevrolet pernah beberapa kali kerjasama membuat mobil kembar. Salah satunya dengan bantuan dari Isuzu Motors , lahirlah si kembar yakni Isuzu Panther facelift dengan Chevrolet Tavera. Mobil tersebut mempunyai desain yang sama.

Mobil Chevrolet Tavera diproduksi di Indonesia  dan diluncurkan pertama kali di Indonesia pada 2001 dengan bermesin bensin yang beredar hingga tahun 2007.

KArena mobil ini hanya di produksi di Indonesia dan India, maka pilihan mesinnya terbatas mas bro. Hanya ada 2 mesin dengan bahan bakar bensin berkapasitas sebesar 2200 cc, dan mesin dengan injeksi langsung turbodiesel berkapasitas kira-kira 2500 cc.

Untuk transmisinya hanya transmisi manual 5 kecepatan. Sebab masa itu onderdil untuk transmisi otomatis di Indonesia belum banyak dan penggunanya masih sedikit.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera.
6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera.

6 Kelebihan Chevrolet Tavera

Berikut ini adalah uraian tentang 6 Kelebihan Chevrolet Tavera dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera, antara lain:

1.Perfoma pada putaran tinggi enak

Kelebihan pertama dari mobil Chevrolet Tavera ini yakni Perfoma pada putaran tinggi terasa lebih enak nih mas bro. Kalau mesin Panther leih jozz pada torsi putaran bawah, lain halnya dengan mesin Tavera ini leih enak bawaannya di putaran mesin menengah sampe tinggi yakni sdekitar  2.500 rpm hingga 4.000 rpm.

Dengan mesin bensin SOHC,  Chevrolet Tavera yang disematkan teknologi Multi Port Fuel Injection tersebut memiliki karakter lebih tangguh dan berbeda dengan Panther yang pakai mesin diesel. Tavera memakai mesin 4 silinder 2.200 cc SOHC dengan Multi Port Fuel Injection mirip dengan Blazer Montera. Di tanjakan, mesin kapasitas besarnya ini berkemampuan baik. Namuh di putaran bawah sama seperti Blazer yang berat.

2.Desain eksterior cukup gagah

Kelebihan lainnya dari Chevrolet Tavera ini adalah Desain eksterior yang cukup gagah nih mas bro. Kalau dilihat dari depan, tampilan kapsulnya terlihat sederhana tapi gagah. Pada bagian samping Tavera ini terlihat atapnya yang tinggi dengan jendela yang besar menambah ter kesan kabin yang lapang di dalamnya. Handle pintu masih pakai model konvensional, spion masih dengan pengaturan manual, tapi pelek sudah memakai bahan alloy berdesain palang lima yang serasi.

3.Kabin luas

Keistimewaan lainnya dari mobil Chevrolet Tavera ini yakni memiliki kabin yang luas nih mas bro. Dengan kapasitas penumpang sekitar 7-8 orang, membuat penumpang lebih nyaman tanpa berdesak-desakan.

4.Ground clearance tinggi

Yang menjadi salah satu kelebihan lainnya dari Chevrolet Tavera ini yakni memiliki Ground clearance yang tinggi nih mas bro. Ground clearance pada mobil Chevrolet Tavera ini adalah 184 mm. Tentu hal ini membuat leluasa dalam berkendara di daerah jalan berlubang ataupun rusak sekalipun.

5.Kabin tak terlalu bising

Kenyamanan pengguna juga didapatkan dari kabin yang tidak terlalu bising mas bro. Meski suara mesin berunyi keras, namun suara tersebut juga suara lainnya yang berasal dari luar tidak terlalu mengganggu penumpang dalam kabin. Dan ini menjadi salah satu kelebihan Tavera dibanding kompetitornya.

6.Sparepart  mudah dan murah

Keistimewaan lainnya dari mobil Chevrolet Tavera ini adalah Sparepartnya yang  mudah dan murah nih mas bro. Pencarian onderdil mobil Chevrolet Tavera justru lebih mudah sebab pembuatannya di Indonesia dibanding dengan onderdil Chevrolet jenis lai. Soal harga yang ditawarkan oleh orang-orang juga biasanya cukup murah. Apalagi kalau membeli onderdil lepasan dari mobil Tavera yang sudah tua.

Atau bisa juga sparepart bagian mesin mobil TAvera bisa saling tukar dengan Blazer Montera. Lalu bagian lain-lainnya dapat saling tukar dengan Panther. Jadi urusan sparepart sih gak ada masalah. kalo mesin dapat cari substitusinya dari Blazer, lalu soal body parts/kaki bisa cari substitusinya dari panther (kapsul).

6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera'
6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera’

6 Kekurangan Chevrolet Tavera

Berikut ini adalah uraian tentang 6 Kekurangan Chevrolet Tavera dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera, antara lain:

1.BBM Boros

Kekurangan yang utama dari mobil Chevrolet Tavera ini adalah BBM nya yang boros ni mas bro.  Menurut pengalaman daripengguna Tavera, mobi ini rata-rata mencapai antara 7 sampai 9 Km per liternya. Dan hal ini juga ditentukan dari cara mengemudinya.

2.Interior mobil kurang lengkap

Mobil Chevrolet Tavera ini juga memiliki kekurangan pada interiornya ni mas bro. Interior tidak dikemas modern. Pada dashboard ada kombinasi dua warna yaitu Beige dan hitam mirip Isuzu Panther. Lalu fitur-fiturnya hanya ada yang standar saja, seperti Power Window, Central Lock, Head Unit yang dapat memutar CD/MP3 Player dan AC Double Blower Serta kualitas jok nya juga kurang apik.

3.Minim fitur

Pada mobil Chevrolet Tavera ini juga memiliki fitur yang minim mas bro. Yang ada hanya beberapa fitur standart saja. Bahkan fitur keamanan dan keselamatan juga masih kurang.

4.Limbung

Karena Chevrolet Tavera ini memiliki Ground clearance yang tinggi, maka saat bermanuver dengan kecepatan tinggi terasa limbung mas bro. Tentu hal ini mengurangi sedikit kenyamanan pengguna dalam melakukan perjalanan.

5.Harga spartpart aslinya mahal

Kalau masalah sparepart, mesin mobil Tavera memang bisa saling tukar dengan Blazer Montera nih mas bro. Lalu pada bagian lainnya bisa juga saling tukar dengan Panther. Hanya saja, saat harus menggantinya dengan spartpart yang asli, justru harganya cukup mahal dan nguras kantong juga.

6.Jaringan bengkel terbatas

Karena mobil Chevrolet Tavera ini memiliki populitas yang sedikit, otomatis bengkel spesialnya juga terbatas dan bisa dihitung dengan jari. Namun mobil ini masih bisa mamakai jasa bengkel umum yang mengerti tentang Tavera ini mas bro.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera`
6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera`

Komponen ChevroletTavera Yang Perlu Diperhatikan

Setelah membahas tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera, Berikut ini akan kita ahas tentang beberapa Komponen ChevroletTavera Yang Perlu Diperhatikan nih mas bro.

Pada bengkel yang terdapat di  kota-kota besar Indonesia, biasanya mempunyai paket perawatan yang berkaitan dengan penggantian oli untuk mesin juga filter oli nih mas bro. Dengan paket tersebut dapat menghemat biaya servis. Pihak bengkel menawarkan pemeriksaan pada 10 bagian mobil, antara lain:

  • Minyak untuk power steering
  • Wiper
  • Kopling Set
  • Lampu
  • Rem
  • Oli untuk transmisi
  • Pendingin AC udara, baterai Aki, dan airnya
  • Drive belt
  • Rem tangan

Namun kita juga bisa meminta bengkel untuk mengganti onderdil mobil di bagian yang rusak saja. Cuma biayanya beda lagi mas bro, sebab penggantian bagian lain tidak masuk dalam paket penggantian suku cadang yang sudah ditentukan.

Selain itu, ada beberapa komponen yang harus segera diganti bila mengalami kerusakan mas bro. Seab akan membahayakan dalam mengemudi jika dibiarkan. Komponen mobil  yang penting  terseut antara lain:

  • alat wiper
  • aki mobil
  • alat rem mobil
  • dop lampu rem

Demikianlah 6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera Serta Komponen Yang Perlu Diperhatikan ini, semoga bermanfaat mas bro.

26 komentar pada “6 Kelebihan Dan Kekurangan Chevrolet Tavera Serta Komponen Yang Perlu Diperhatikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.