Nissan

6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Teana Serta Tips Beli Mobil Bekasnya

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan membahas tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Teana Serta Tips Beli Mobil Bekasnya nih. Nissan teana merupakan jenis mobil sedan yang telah diproduksi oleh pabrikan Nissan Motor sejak 2003 lalu. Nissan Teana hadir sebagai mobil passenger-oriented yang menjadi sebuah sedan mewah dengan bantingan suspensi sekelas mobil premium Eropa yang nyaman. Sedan yang telah melewati hingga 3 generasi ini sampai kini masih diproduksi dan mempunyai tempat tersendiri bagi para konsumen setianya.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Teana
6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Teana


6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Teana


Yup mas bro, Nissan Teana berada di segmen full-size sedan dengan harga yang tergolong murah dibandingkan rivalnya. Untuk Nissan Teana terbaru, kini sudah dilengkapi mesin 4 silinder dengan kubikasi 2.488cc. Mesin ini diklaim dapat sedikit membuat BBM jadi lebih hemat seba telah dilengkapi fitur Eco Mode.Meski Nissan Teana keluaran terbaru telah memiliki banyak keistimewaan, ternyata juga tidak luput dari kelemahan. Nah berikut ini merupakan tabel 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Teana keluaran terbaru, antara lain:

No.KelebihanKekurangan
1.Desain eksteriornya modern dan sportyVarian transmisi M/T tidak ada
2.Material interior berkualitas tinggiHandling kurang
3.Performa mesin lebih tangguhBiaya perawatan tergolong mahal
4.Fitur lebih lengkapBiaya spare part tergolong mahal
5.Respon mesin dan transmisi halusBiaya pajak cukup tinggi
6.Populasinya cukup jarang terlihatHarga jual tidak stabil

Sejarah Nissan Teana Di Indonesia

Sebelum kita membahas lebih mendalam tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Teana, kita lihat dulu kilas balik dari Nissan Teana Di Indonesia nih mas bro.


Pada 2003 Nissan Teana masuk ke Indonesia dalam bentuk CBU. Nissan Teana generasi pertama secara global ada 3 mesin yang dipakai yaitu 2.000 cc QR20DE, 2.300 cc VQ23DE, dan 3.500 cc VQ35DE. Nissan Teana yang dijual di Indonesia merupakan varian produksi Thailand, dan diimpor utuh dari Negeri tersebut. Nama Nissan Teana di tahun 2003 memiliki kode body J31.

Pada 2008 Nissan melakukan perubah­an pada Nissan Teana yang berkode J32. Mulai dari desain eks­terior sampai interior ada perubahan. Aksen krom makin banyak sehingg tampil makin mewah. Lampunya merun­cing dengan lampu utama pipih. Di Indonesia, PT Nissan Motor Indonesia cuma menjual tipe mesin 2.500 cc VQ25DE saja.


Pada 2014 Nissan luncurkan generasi terbaru dari Nissan Teana. Bantingan suspensi lebih nyaman. Lampu utama dan belakang sudah LED supaya lebih terang dan hemat tenaga. Sampai saat ini, Nissan Teana di tahun 2016 alami facelift. Nissan Teana hanya punya 1 varian dan harganya setara dengan Toyota Camry G A/T.

Kelebihan Nissan Teana

Berikut ini merupakan uraian tentang 6 Kelebihan Nissan Teana dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Teana, yakni:

1. Desain eksteriornya modern dan sporty


Kelebihan yang pertama dari Nissan Teana keluaran terbaru ini yaitu Desain eksteriornya modern dan sporty nih mas bro. Bagian lampu utama dirancang menggunakan Xenon Projector, sehingga memberikan pencahayaan lebih bagus dimalam hari. Desain lampu fog pada mobil sedan nissan juga dirancang dengan lebih bagus dan menjadi tampil elegan dan modern. Lalu pada sisi belakang dirancang dengan lampu belakang jenis lampu LED.

Bagian spion juga dilengkapi turning light lengkap dengan tombol pengaturan di bagian kemudi. Desain grille depan dirancang dengan ornamen chrome ada logo Nissan di bagian tengah. Bagian velg juga didesain alloy berukuran 17 inci.


2. Material interior berkualitas tinggi


Yang menjadi keistimewaan selanjutnya dari sedan Nissan Teana terbaru yakni memiliki Material interior berkualitas tinggi dan desain interiornya yang elegan nih mas bro. Ornamen kayu sebagai garnish membuat tampilan interior nissan teana makin elegan dan modern. Fitur pada head unit nya juga terdapat media hiburan yang terhubung dengan beberapa tombol yang ada dibagian kemudi, sehingga memudahkan pengemudi dalam mengatur head unit tersebut.

3. Performa mesin lebih tangguh

Keistimewaan selanjutnya dari Nissan Teana ini yakni Performa mesin lebih tangguh nih mas bro. Dengan mesin berkapasitas 2.5L, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimalnya hingga 172 PS dan torsi maksimalnya hingga 23.8 Kg.m, sehingga performanya tidak perlu diragukan lagi lebih handal pastinya. Selain itu Teana keluara tebaru inin juga telah menggunakan sistem bahan bakar injeksi, sehingga membuat konsumsi bahan bakarnya lebih irit.


4. Fitur lebih lengkap

Untuk kelebihan Nissan Teana selanjutnya adalah Fiturnya lebih lengkap nih mas bro. Sistem audio dari BOSE subwoofer terhubung dengan 9 speaker pada sekeliling mobil. Sistem speedometer disajikan bersama Intelligent 3D display yang berukuran 4 inci
Utuk fitur keamanan dan keselamatan mobil sedan Nissan Teana terbaru ini memiliki intelligent key, push button start and stop, serta fitur Safety Shield untuk menjaga keselamatan pengguna. Ada juga fitur airbags berjumlah 6 buah, vehicle dynamic control, traction control system serta sistem rem tambahan berupa ABS, EBD, dan BA.


5. Respon mesin dan transmisi halus

Selanjutnya, keistimewaan lain dari Nissan Teana yakni Respon mesin dan transmisi halus nih mas bro. Respon mesin di putaran bawah lebih responsif dibanding generasi sebelumnya. Kalau yang terbaru ini terasa lebih halus. Untuk akselerasi kickdown sama seperti yang lama. Bantingan suspensinya pun lembut juga nyaman.


6.Populasinya cukup jarang terlihat

Mobil sedan Nissan Teana ini Populasinya cukup jarang terlihat nih mas bro. Dan ini jadi salah satu kelebihan sedan ini. Sebab, populasinya yang jarang terlihat ini membuat Nissan New Teana jadi lebih eye-catching dibandingkan kompetitornya.

Kekurangan Nissan Teana

Berikut ini merupakan uraian tentang 6 Kekurangan Nissan Teana dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Teana, yakni:


1. Varian transmisi M/T tidak ada


Salah satu yang menjadi kekurangan dari Nissan TEana ini juga yaitu Varian transmisi M/T tidak ada nioh mas bro. Seab pabriokan Nissan hanya memproduksi 1 varian mobil saja. Jadi untuk yang lebih suka memakai sistem transmisi manual tidak akan menemukannya tipe manual di mobil sedan nissan teana ini. Dan jika mau tetap pakai Nissan Teana harus adaptasi dulu dengan mobil ini.

2. Handling kurang

Kelemahan lainnya dari Nissan Teana ini yakni Handling kurang nih mas bro. Akibat suspensi yang terlalu empuk membuat handling pada Teana ini kurang. Bodyroll akan cukup terasa saat bermanuver juga menikung walaupun ground clearancenya rendah.


3. Biaya perawatan tergolong mahal


Yang menjadi kekurangan lainnya dari Nissan Teana yakni Biaya perawatan tergolong mahal nih mas bro. Jadi kalau pengguna harus sudah menyiapkan dana perawatannya sebelum yakin memiliki sedan ini.

4. Biaya spare part tergolong mahal


Selain itu, yang menjadi kelemahan lainnya dari Nissan Teana ini yakni Biaya spare part tergolong mahal nih mas bro. Suku cadang mobil Nissan Teana terukti agak mahal dan memang sulit didapat sehingga bikin perawatannya jadi sulit. Lalu suku cadang juga tidak selalu ada diberbagai daerah. Jadi yang erada diluar Pulau Jawa, akan lebih sulit lagi untuk mendapatkan akses suku cadang.


5. Biaya pajak cukup tinggi


Untuk kekurangan lain dari Nissan Teana ini yaitu Biaya pajak cukup tinggi nih mas bro. Sudah ukan rahasia lagi kalau mobil jenis sedan pajaknya pasti cukup tinggi. Tentu hal ini sering dijadikan salah satu pertimbangan dalam membeli mobil nissan sedan ini, karena akal cukup banyak biaya tambahan yang kedepannya akan dikeluarkan oleh penggunanya

6. Harga jual tidak stabil

Kelemahan terakhir dari Nissan Teana ini yakni, Harga jual tidak stabil nih mas bro. Tidak dipungkiri bahwa penggemar moil seken Teana ini juga tetap ada hingga kini. Hanya saja, harga jual kembali mobil Nissan Teana ini cenderung tidak stabil bahkan sering menurun. Tentu hal ini dikarenakan peminatnya kadang leih sedikit kalau dibanding dengan mobil-mobil pabrikan lainnya.

Tips Beli Mobil Nissan Teana Bekas


Selain membahas tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Teana, kini kita akan melihat beberapa tips Beli Mobil Nissan Teana Bekas nih mas bro. Meski sudah bekas, tapi sedan Nissan Teana ini juga masih memiliki penggemar hingga kini. Dan berikut ini adalah tips sebelum meminang Nissan Teana seken, yaitu bagian yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Mesin

Mesin berkapastias 2.496 cc bertenaga 182 HP V6 tergolong besar untuk seukuran sedan mewah ini. Tentu hal ini membuat penggunanya harus rajin menjalankan perawatan rutin. Jadi coba dicek terlebih dahulu catatan buku servisnya, untuk memastikan kalau pemilik sebelumnya rajin melakukan servis berkala.

  • Bodi

Bodi Nissan Teana yang berdimensi lebih panjang dan lebar ini pastikan terawat dengan baik. Coa cek bagian bawah bumper depan juga belakang dan sisi sampingnya. Kalau hanya baret halus masih wajar, tapi kalau ada baret kasar atau sampai mengelupas cat maka kita bisa rugi kalau tidak mengetahuinya.

  • Fitur

Fitur-fitur seperti sunroof, HID, tirai belakang elektrik, smart key,6 airbag, Vehicle Dynamic Control, sensor parkir dan lain sebagainya harus dipastikan berfungsi dengan normal. Lalu cek juga bagian motor juga karet. Juga tirai belakang elektrik, dicek dulu fungsinya erjalan dengan baik atau ada kerusakan. Sea berhubungan dengan elektrik.

  • Bahan Bakar

Dengan mesin 2.488 cc 4-silinder bertenaga 173 HP, Nissan Teana generasi lama memang tergolong boros BBM. Yang perlu dipertimbangakan lagi, kapasitas tangkinya juga besar, harus terisi 70 liter bensin dengan biaya yang banyak. Bahan bakar juga harus berkualitas, minimal bisa oktan 92. Punya biaya banyak, Nissan Teana siap diangkut.

  • Desain

Desain sedan Teana yang cenderung compact namun ruang kabinnya lebih lapang. Generasi aru bodi terkesan sporty. Kalau Nissan Teana generasi kedua masih desain membulat kayak mobil dulu. Jadi pastikan desain mobil yang akan dibeli adalah sesuai dengan selera kita.

  • Populasi

Karena populasinya yang gak terlalu banyak, hal ini sering menjadi kendala saat mau beli mobil ini. Jadi prlu waktu lebih banyak untuk mencari mobil seken Teana dengan kondisi yang lebih baik. Nissan Teana cocok buat mas bro yang sedang mencari sedan mewah mirip kenyamanannya dengan mobil sedan Eropa. Harga bekasnya juga terjangkau dan tidak jauh berbeda dari kompetitornya nih.


Demikianlah ulasan tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Teana Serta Tips Beli Mobil Bekasnya ini mas bro. Semoga bermanfaat.

3 komentar pada “6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Teana Serta Tips Beli Mobil Bekasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.