Mitsubishi

6 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Mirage Serta Review Pengguna

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan mengulik tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Mirage Serta Review Pengguna nih. Mobil Mitsubishi Mirage merupakan kendaraan kategori City Car hatchback 1,2-liter yang juga memiliki banyak keistimewaan. Mirage pernah dijuluki sebagai City Car Of The Year 2013 yang bikin Mitsubishi mirage ini jadi salah satu city car terbaik yang ada di indonesia. Selain di Indonesia, Mitsubishi Mirage juga tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga pasar global.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Mirage
6 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Mirage

6 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Mirage

Yup mas bro, pada 2016 Mitsubishi hadirkan New Mirage Mitsubishi. Mirage memiliki tampilan dengan desain yang mungil tapi tetap menarik.  Hal inilah yang membuat anak muda banyak yang menjadikan mobil ini sebagai kendaraannya. Namun selain memiliki banyak kelebihan , Mirage juga punya beberapa kelemahan. Dan kali ini kita akan membahas keistimewaan dan kelemahan dari New Mirage Mitsubishi ini. Berikut ini merupakan tabel dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Mirage, antara lain:

No.KelebihanKekurangan
1.Material mobil berkualitas tinggiMesin bergetar  
2.Desain kecilSeat belt tidak bisa diatur ketinggiannya  
3.Setir ringanPeredaman kabin kurang optimal  
4.Hemat BBMInterior mudah kotor  
5.Ada fitur climate controlFitur Keselamatan dan Keamanan minim  
6.Suspensi empukLimbung  

Sejarah Mitsubishi Mirage Di Indonesia

Sebelum membahas 6 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Mirage lebih dalam, kita lihat dulu kilas balik dari Mitsubishi Mirage Di Indonesia ini mas bro.

Mitsubishi Mirage mulai meluncur di Indonesia pada 2012 dengan tipe GLX (MT), GLS (AT), juga Exceed (AT). Lalu pada 2015, Mitsubishi menambah lagi varian Mirage Sport. Pada 2016, Mitsubishi luncurkan minor facelift Mirage yang diberi nama New Mirage. Tapi sekitar dua tahun kemudian, pihak Mitsubishi pun resmi menghentikan produksi Mirage pada 2018.

Seiring waktu berjalan, beberapa pabrikan kompetitor masuk di segmen low cost green car (LCGC) yang memang harga nya jauh lebih murah dibanding Mirage. Perlahan penjualan Mirage pun terkikis. Hingga pada 2018 terhitung Januari-September hanya terjual 450 unit. Melihat penjualan yang terus turun, maka PT Mitsubishi Motors Kramamudha Sales Indonesia menghentikan impor Mirage dari Thailand.  Dan kini Mirage hanya bisa diburu unit sekennya saja mas bro.

6 Kelebihan Mitsubishi Mirage

Berikut ini merupakan uraian tentang 6 Kelebihan Mitsubishi Mirage dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Mirage, antara lain:

1. Material mobil berkualitas tinggi

Kelebihan pertama dari Mitsubishi Mirage ini yakni Material mobil yang berkualitas tinggi. Komponen lokal Mirage tidak banyak dan harganya jauh lebih tinggi. Namun kualitas nya super bagus. Material pada Mirage, di eksterior ataupun interior sangat berkualitas. Perakitan juga tingkat ketelitian nya sangat baik, finishingnya rapi. Kualitas produksinya ener gak kaleng-kaleng.

2. Desain kecil

Selanjutnya, moil Mirage juga memiliki Desain yang kecil dan mungil. Dimensi panjang nya 3.795 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 1.510 mm. Jelas leih mudah untuk dikendalikan, lebih praktis dikendarai, mudah parkir dan masuk ke gang kecil sekalipun muat. Radius putar nya 4,4 meter namun mudah saat melakukan putar balik. Meski memiliki dimensi yangmungil, namun kabinnya tetap muat 4 orang dewasa bahkan duduk masih leluasa. Bagasi juga memadai. Sangat cocok buat mobil keluarga kecil.

3. Setir ringan

Keistimewaan selanjutnya dari mobil Mirage yakni Setir nya ringan. Karena sistem kemudi nya sudah Electronic Power Steering (EPS), maka perputarannya sangat ringan serta sangat mudah dalam bermanuver. Terutama saat parkir kendaraan atau saat menyelinap di tengah saat macet. Dalam pengendalian Mirage terasa lebih lincah sebab responnya sangat baik.

4. Hemat BBM

Yang menjadi kelebihan Mirage, yaitu BBM nya juga hemat. Mesin 3A92 3-silinder 1,2-liter DOHC MIVEC telah dirancang sebagai mesin yang sangat efisien. Lembaga Teknologi Fakultas Teknis (Lemtek) Universitas Indonesia adakan penelitian, dan dengan teknik eco driving serta metode full to full, hasilnya konsumsi BBM 22 km/liter untuk transmisi CVT dan 24,2 km/liter pada transmisi manual. Kalau pemakaian normal di perkotaan, angka 13-14 km/liter masih bisa dicapai.

5. Ada fitur climate control

Mobil Mitsubishi Mirage ini juga telah disemattkan Fitur climate control yang akan memberikan kemudahan bagi pengemudi dalam menyesuaikan tingkat kesejukan yang diinginkan dalam kabin. Sehingga akan membuat penggunanya akan nyaman saat berkendara.

6. Suspensi empuk

Tidak bisa diragukan lagi bahwa suspensi Mirage sungguh empuk.  Tentu hal ini membuat penumpang merasa kenyamanan saat bepergian. Bantingan suspensi cukup bagus dan dibanding hatchback 1,2-liter lainnya, tentu Mirage lah yang paling empuk dan nyaman.

6 Kekurangan Mitsubishi Mirage

Berikut ini merupakan uraian tentang 6 Kekurangan Mitsubishi Mirage dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Mirage, antara lain:

1. Mesin bergetar

Kelemahan pertama dari Mitsubishi Mirage adalah getaran mesinnya nih. Di kelas city car 1,2-liter, cuma Mirage dan Nissan March yang pakai mesin 3-silinder. Karena jumlah silinder nya yang ganjil, maka membuat ketidakseimbangan akibat pergerakan piston. Dan getarannya menjadi lebih terasa daripada mesin 4-silinder. Kalau kompetitor lain sudah mengandalkan mesin 4-silinder yang lebih halus serta bertenaga.

2. Seat belt tidak bisa diatur ketinggiannya

Kekurangan lainnya dari Mirage ini yakni Seat belt tidak bisa diatur ketinggiannya.  Sabuk pengaman merupakan alat penting dalam keselamatan pengguna. Namun seat belt pada Mirage tidak bisa diatur ketinggiannya. Hal ini bisa menjadi alasan kenapa konsumen banyak yang meninggalkan Mirage.

3. Peredaman kabin kurang optimal

Untuk kelemahan selanjutnya dari mobil Mirage ini Peredaman kabin kurang optimal. Untuk Mirage facelift, peredamannya sudah lumayan membaik kalau dibanding model terdahulu. Tapi tetap saja kurang optimal serta perlu menambah lagi peredam agar kebisingan dari suara mesin dapat dikurangi.

4. Interior mudah kotor

Kabin Mirage memang menggunakan warna cerah supaya tidak terkesan membosankana. Tapi warna yang terang tersebut membuat kotoran akan lebih mudah terlihat kalau jarang dibersihkan. Apalagi kalau ada anak kecil, biasanya akan membuatnya gampang kotor. Hal ini sering menjadi masalah.

5. Fitur Keselamatan dan Keamanan minim

Kelemahan lainnya dari mobil Mirage ini salah satunya yakni Fitur Keselamatan dan Keamanan minim. Untuk Mirage tipe GLX dan GLS tidak dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) serta immobilizer. Ketiga fitur tersebut hanya ada padai Mirage Exceed. Mirage GLX dan GLS hanya menggunakan sistem keselamatan dual SRS airbag serta sabuk pengaman tiga titik saja.

6. Limbung

Kelemahan lainnya dari Mitsubishi Mirage yaitu Limbung. Hal ini disebakan suspensi Mirage yang sangat empuk. Memang, suspensinya yang empuk akan menjadi suatu keistimewaan bagi pengguna yang menggemari kenyamanan mengendara tanpa mengebut. Tapi agi pengguna yang suka ngebut, tentu hal ini menjadi suatu kelemahan. Sebab saat mobil Mirage ini dipacu dengan kecepatan yang tinggi, maka akan terasa limbung akibat suspensi yang terlalu empuk.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Mirage`
6 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Mirage`

Review Pengguna Mitsubishi Mirage

Robby Alexander : Mobil city car yang bikin puas. Selama menggunakan mirage mobil tidak pernah rewel, aki besar sehingga memenuhi kebutuhan listrik selama di dalam mobil, setelah velg ban diperbesar jadi siap ke area pedesaan juga. Mirage kami selalu membawa perlengkapan camping dan air minum. Sangat cocok untuk keluarga dengan jumlah 4 orang.memiliki pemanas udara sehingga tidak akan kedinginan pada saat pergi ke pegunungan.

Ardi Desbriyana Bahrudin: Irit. Dari CC 1.200 mngkin sudah dikatakan dalam kategori irit tapi iritnya Mirage ini irit banget setara menggunakan motor

Muhammad Hafizh: Hatchback terbaik. Pake mobil ini empuk banget suspensinya, jok nya ga bikib pegel bahu, kekurangan nya cuma peredaman kabin kurang maksimal, tp overall okelah, kekurangan nya ditutupin dengan interior dan fasilitas yg lengkap.

Oleh Robby Alexander: Mobil city car yang bikin puas. Selama menggunakan mirage mobil tidak pernah rewel, aki besar sehingga memenuhi kebutuhan listrik selama di dalam mobil, setelah velg ban diperbesar jadi siap ke area pedesaan juga. Mirage kami selalu membawa perlengkapan camping dan air minum. Sangat cocok untuk keluarga dengan jumlah 4 orang.memiliki pemanas udara sehingga tidak akan kedinginan pada saat pergi ke pegunungan.

Anonymous: Mobil Irit, Empuk, Nyaman buat Harian. Irit : Jepara-Kediri (341km habis bensin 160rb an) luar biasaa iritt.. hehe. Empuk : Suspensi nya gak perlu diragukan lagi, dari sekian hatchback & LCGC bisa dibandingin yg punya suspensi ngalahin mobil ini pasti ga ada 😀 Nyaman : Jok nyaman, fitur lengkap, bagasi luas, cocok buat harian (pengalaman pribadi)

Minus :Suara mesin berisik (maklum 3 silinder), handling kurang (tarikan 100 m pertama, terasa lambat), buat nyalip2 kurang enak, buat yg suka kebut2 an kurang recommended, cuma kalo adu top speed masih berani lah, rekor 170kpj di tol, mobil lain belum tentu nyampe segitu wkakakaa

Demikianlah ulasan tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Mirage ini. Semoga bermanfaat.

24 komentar pada “6 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Mirage Serta Review Pengguna