Apakah Ban Itu Bisa Kadaluarsa? Yuk Cek di Lapangan

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah pertanyaan menggelitik, terkait Apakah Ban Itu Bisa Kadaluarsa? Nah, hal ini ternyata taj semudah membalikkan tangna menjawabnya. Yuk Cek di Lapangan mas apa yang terjadi menurut beberapa testimoni!

Apakah Ban Itu Bisa Kadaluarsa
Apakah Ban Itu Bisa Kadaluarsa

Apakah Ban Itu Bisa Kadaluarsa

Jadi kalau ditanya Apakah Ban Itu Bisa Kadaluarsa? Kalau dirunut-runut pendapat yang ada di web-web nasional memang cukup membingungkan, apakah ban ini adaluarsa atau tidak. Pasalanya banyak web banyak pula pendapatnya dan beda-beda. Satu sisi ada yang mengatakan bahwa ban itu kadaluarsa kalau dah melewati masa 5 atau 6 tahun. DI sisi lain ada yang mengatakan bahwa ban itu tak ada kadaluarsanya. Itu hanya kesepakatan saja.

Pendapat Bahwa Ban Ada Kadaluarsanya

Mas bro, jadi kalau ditanya abahwa Apakah Ban Itu Bisa Kadaluarsa? Menurut pernadapat ini ban memiliki masa kadaluarsa hingga usia tahun. Munurut pendapat ini bila ban lebih dari masa pakai tersebut, maka kondisinya sudah tak laik lagi untuk dipakai. Menurut paham ini karetnya sudah getas, dan ban mudah retak dan pecah. Makanya ban ta direkomendasikan untuk dipakai.

Untuk memasiktan kadaluarsa atau belum sebuah ban, bisa dilihat kode produksi yang ada. Yakni yang tertera di permukaan samping ban. Masing-masing pabrikan punya jumlah kode digit tersendiri untuk menandai produknya, biasanya jumlah karakternya ada 5-8 digit. Namun, ada standar internasional yang bisa menjadi acuan. Jadi ada empat digit angka dari belakang menunjukkan minggu dan tahun ban diproduksi.

Misal kode ‘YYY1113’, maka dibaca bahwa ban tersebut diproduksi minggu ke-11 tahun 2013. Nah, 6 tahun, dari masa tersebut maka ban dikatakan kadaluarsa.

Ban Tidak Kadaluarsa

Mas bro, lain pendapat di atas, web auto2000.co.id, menyatakan bahwa kode produksi pada ban adalah untuk menandakan habisnya masa jaminan ban dari pihak pabrikan kepada konsumen. Nah masbro, masa jaminan itu akan hangus dalam masa lima tahun sejak ban tersebut diproduksi. Jadi misal kode produksi “0414”, artinya pada minggu ke 4 di tahun 2014 ban tersebut diproduksi. Misalkan ini sudah bulan April 2021, maka masa berlaku garansi ban tersebut sudah habis karena usianya sudah lebih dari 5 tahun di bulan Januari 2019 silam.

Masih menurut web ini, itu bukan berarti ban telah melewati masa kadaluwarsa dan tidak bisa lagi dipakai. Asal user selalu menjaga kondisi ban, maka tidak masalah meski masa jaminan dari telah habis.

Testimoni Warganet Terkati Pemakaian Ban Kadaluarsa

Jadi Apakah Ban Itu Bisa Kadaluarsa? Berikut ini testimoni warganet:

  • Daniel Kristianto Hermawan
    Kalo buat serep ya gpp. Tapi emang kalo dipake ga awet kalo dah lama bannya. Meski masi tebal nanti pecah2 bannya trus keras ga lama umurnya
  • Taufan Adi Saputro
    pernah baca jg selama penyimpanan dan perawatan benar elastis karet msh terjaga… wes buktikan aja mbah.tp y tetep was2 y mbah
  • Yunanda Iqbal Muhada
    Ndlosor mbah.. Gejil pernah balik lg pk velg standar umur ban 6 tahunan, kembang msh tebel tp karetnya udah keras sepertinya jd udah ga gigit lg ke aspal..
  • Agustri Cotrek’s
    Gejil punya pengalaman, ban serep kondisi 70%an, tiba tiba meletus di gantungan tempat ban, serep waktu parkir..
  • Rengga Aditama Vicky
    Punya gejil kemarin baru di ganti Mbah ban serep nya (walaupun bekas dari dipake sebelumnya) udah tujuh tahun udah pada getas Mbah, ban Dunlop SP10 bawaan Toyota Avanza 2013
  • Fakhry Fauzan
    Mungkin kalo masih baru, kan ada semacem lapisan lilin. ya bisa aja mbah bannya tahan lama ngga kadaluarsa. Perlu paham juga sifat karet yang kalo kena oksigen jadi getas
  • Terang Bulan
    Bersihkan
    Kasih silikon
    Pompa sampai atos
    Bungkus plastik wrap
    Simpan lg di tempatnya
    Masalah aman apa nggak…judulnya aja ban serep ya mesti cepet2 di beresin ban yg bermasalah
  • Ritz Aldyan Marwan Jr.
    gejil ada 2 contoh,
    grandtrek babeh dari awal terios muncul belum pernah ganti, kembang masih dalem, elastis kurang, kota kotaan masih ga berasa, kalo di tol main aman ..
    motor gejil, miche pilot radial, 2013, dari awal turun dealer langsung ganti, kembangan masih dalem, elastis masih, grip masih gigit, nikung pede aja
    intinya sadar kondisi
  • Deka Dhoni Kudo
    Ndak ada mbah… Yg bener ya cek fisik kondisi ban. Milik saia produksi 2012… Tapi masih kinyis2 mempur ya pakek aja

Mas bro, berikut ini adalah artikel terkait Apakah Ban Itu Bisa Kadaluarsa.

2 komentar pada “Apakah Ban Itu Bisa Kadaluarsa? Yuk Cek di Lapangan

  • 14 Februari 2021 pada 22:32
    Permalink

    kalau ban serep saya simpan sampai 5 atau 6 tahun, tapi ban utama saya pakai dan diganti setiap 4 tahun, biarpun cuma dipakai 20ribu km saja, demi keselamatan keluarga, ban di jual atau tukar yg baru

    Balas
  • 16 Februari 2021 pada 11:44
    Permalink

    pernah pk ban kadaluarsa meledak di tol

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: