Detik-detik Ponsel Dicas Meledak, Ini Nih 10 Tips Mencegah Ponsel Terbakar

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kai ini ada sebuah video cctv yang tersebar di dunia maya yakni Detik-detik Ponsel Dicas Meledak, Ini Nih 10 Tips Mencegah Ponsel Terbakar. Terkadang kita tidak menyadari kalau ponsel juga tidak bisa sembaranga dalam menggunakannya. Sebab beberapa kasus terjadi, yakni ponsel meledak saat di cas atau sedang di simpan di saku. Seperti video yang viral ini nih, ponsel meledak saat dicas dan terekam cctv rumah.

Detik-detik Ponsel Dicas Meledak
Detik-detik Ponsel Dicas Meledak

Detik-detik Ponsel Dicas Meledak

Yup mas bro, video Detik-detik Ponsel Dicas Meledak ini juga diposting dalam akun Instagram @energisolo nih. Terlihat detik-detik ponsel yang tercharger meledak. Terekam cctv rmh dan dalam video tersebut diketahui kalau kejadian tersebut terjadi pada 4/3/2021 pukul 08.37 waktu setempat. Tidak ada info yg diketahui secara pasti lokasi dan penyebab dari meledaknya ponsel tersebut.

Videonya KLIK disini.

Postingan video inipun menuai komentar netiozen nih mas bro. Salah satu netizen memberikan tips nya sebbagai berikut:

Yudasusanto: SEKEDAR TIPS, SEMISAL BTREI HP DALAM KONDISI DIBAWAH 20%, PADA PRESENTASE YANG MINIM HARAP HP DILETAKAN, DAN KALIAN PANTAU APAKAH MENURUNYA PRESENTASE BATREI CEPAT ATAU LAMBAT, DAN SEMISAL CEPAT, TUNGGU SAMPAI 10%, JANGAN DI CAS DULU, TUNGGU SAMPAI 1%, DAN KALIAN PANTAU LAGI, KALO HP SUDAH DALAM KEADAAN MATI (BATREI HABIS) LNGSUNG BAWA KE KONTER TERDEKAT, MINTA GANTI BTREI BARU, TIPS AMAN TERHINDAR DARI LEDAKAN SAAT DI CAS, SEMOGA BERMANFAAT.

Bicara tentang tips, seperti yang dilansir dari Kompas.com, ada 10 Tips untuk Mencegah Ponsel Terbakar dan Meledak nih mas bro. YAkni antara lain:

1. Saat ponsel sedang di carge (cas) jangan dipakai terlebih dahulu. Sebab ponsel dalam kondisi sedang diisi baterainya. Ketika dicas, bagian dalam ponsel mengalami peningkatan suhuterutama baterainya. Jika ponsel digunakan secara bersamaan, suhu akan meningkat lebih tinggi karena sistem cas semakin terbebani dengan daya yang terkuras. Apalagi dipakai main game. Kondisi ini dinamakan “parasitic load”, dan sebaiknya dihindari sebab berdampak buruk pada ketahanan baterai.

2.Gunakan charger original dan berkualitas. Sebab setiap vendor punya standar dan spesifikasi tertentu buat charger yang diproduksi.Tidak semua charger punya kualitas sama. Lebih baik pilih merek terpercaya daripada mengorbankan ponsel dengan memilih charger abal-abal. Nanti bukannya bikin hemat malah bikin perangkat rusak bahkan terbakar atau meledak.

3. Hentikan cas ponsel saat baterai terisi penuh 100 persen. Ponsel yang tertancap ke charger sebenarnya memang tidak bikin perangkat meledak, sebab ponsel secara otomatis akan memperkecil daya charging dan mengisi daya secara perlahan setiap kapasitas baterai menurun. Tapi akan memberi efek kurang baik untuk baterai dalam jangka panjang. Tancapkan charger saat indikator baterai ada pada kisaran 30 persen dan cabut ketika sudah mencapai sekitar 80 persen.

4. Pakailah baterai asli yang berasal dari vendor ponsel. Hal ini akan membuat ponsel lebih awet dan terhindar dari hal tak diinginkan.

5. Jangan pakai baterai rusak .Salah satu penyebab baterai lithium-ion meledak atau terbakar yakni  jika baterai telah alami kerusakan fisik. Mungkin karena jatuh atau tertancap sesuatu. Ini bisa menyebabkan hubungan pendek yang berbahaya. Misalnya ponsel bengkok atau retak, komponen baterai mungkin akan berpengaruh.

6. Gubakan “charging case” yang original. Beberapa produsen membuat aksesori casing yang baterainya terintegrasi dan berfungsi sebagai power bank. Jadi pilihlah aksesori charging case yang memang original, resmi dari pabrikan ponsel agar kualitas terjamin.

7. Jangan asal colok. Tidak semua outlet (colokan) listrik punya keluaran listrik yang stabil atau aman. Sebaiknya hindari colokan yang terlihat ada bekas kerusakan, tercerabut, atau bekas hangus.

8. Jangan isi baterai ponsel di tempat tidur. Pernah terdapat kasus ponsel terbakar yang diakibatkan tertutup di balik bantal ketika dicas. Aliran udara tersumbat dan membuat ponsel menjadi panas. Apalagi kalau pakai baterai yang gak original pasti lebih rawan suhu tinggi.

9. Matikan ponsel jika basah. Keringkan dulu, lalu baru digunakan kembali.

10. Ponsel Jangan ditinggalkan di tempat panas. Pernah terjadi di Thailand, meninggalkan ponsel di mobil atau tempat panas lain dan akhirnya menimbulkan bahaya. Jadi jauhkan ponsel dari paparan suhu tinggi dalam waktu lama supaya tidak alami overheating.

Demikianlah info tentang Detik-detik Ponsel Dicas Meledak, Ini Nih 10 Tips Mencegah Ponsel Terbakar ini. Semoga kita selalu bisa berhati-hati.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: