Deteksi Masalah Sepeda Motor Pakai MIL, Gini Caranya

Bonsaibiker.com– Mas bro sekalian, kali ini ada info dari Honda tentang Deteksi Masalah Sepeda Motor Pakai MIL, Gini Caranya.Semua motor Honda kini memang sudah pakai sistem PGM-FI, yaitu sistem ini memiliki kelebihan mampu mendiagnosa permasalahan yang telah terjadi pada motor pengguna. Dan hasil diagnosa tersebut disampaikan dengan malfunction indicator lamp (MIL) yang ada dibagian speedometer Honda.

Deteksi Masalah Sepeda Motor
Deteksi Masalah Sepeda Motor

Deteksi Masalah Sepeda Motor

Yup mas bro, saat kunci kontak diposisi ON maka MIL menyala kurang lebih 2 detik yang kemudian mati kembali lalu motor pun siap untuk dinyalakan. Jika sistem PGM-FI belum diperbaiki, akan membuat MIL berkedip terus. Dan kedipan pada MIL tersebut jumlah kedipannya memiliki makna tersendiri dalam mengetahui masalah yang ada pada sistem PGM-FI tersebut. Kedipannya ada 2 jenis, yakni kedipan cepat selama 0,3 detik dan kedipan panjang selama 1,3 detik.

Dan dibawah ini merupakan keterangan tentang makna kedipan MUL dalam permasalahan motor, antara lain:

1 Kedipan : Adanya gangguan di area sistem sensor (MAP) yang harus segera diatasi agar akselerasi dapat lebih baik dan performa mesin lebih maksimal di putaran atas.

7 Kedipan : Adanya gangguan di area sistem sensor temperatur mesin (ECT) Atau EOT. Jika dibiarkan akan membuat mesin sulit untuk dihidupkan ketika mesin dalam keadaan dingin.

8 Kedipan : Adanya gangguan di area sistem sensor throttle position (TP), yang membuat mesin mudah mati serta akselerasi kurang maksimal.

Deteksi Masalah Sepeda Motor.
Deteksi Masalah Sepeda Motor.

9 Kedipan : Adanya gangguan di area sistem sensor Intake air temperature (IAT) yang membuat performa mesin kurang maksimal, emisi gas buang tidak bagus dan mesin mudah mati.  .

11 Kedipan : Adanya gangguan di area sistem sensor kecepatan hingga speedometer atau ISS tak berfungsi.

12 Kedipan : Adanya gangguan di area sistem injector yang membuat motor tidak dapat menyala.

21 Kedipan : Adanya gangguan di area sistem O2 sensor (Oxigen sensor), sehingga kesulitan dalam menghidupkan mesin dan knalpot terdengar suara letupan.

29 Kedipan : Adanya gangguan di area sistem Intake Air Control Valve (IACV) hingga putaran stationer tak stabil dan mesin boros BBM serta sulit dihidupkan.

33 Kedipan : Adanya gangguan di pada sistem Engine Control Module (ECM) yang menjadi sumber pengaturan sistem PGM-FI hingga motor tidak bisa dihidupkan. 

52 Kedipan : Adanya gangguan di area sistem sensor crankshaft position (CKP) menyebabkan motor tidak bisa dihidupkan.

54 Kedipan : Adanya gangguan di area sistem sensor bank angle. Sensor tersebut tugasnya adalah mematikan mesin dalam waktu 5 detik dikala motor terjatuh. Dan motor dapat di hidupkan lagi  tapi kunci kontak dimatikan dulu lau hidupkan lagi.

67 Kedipan: Adanya gangguan di sistem Honda Selectable Torque Control (HSTC) yakni pada putaran roda depan dan belakang yang terdeteksi oleh ECM.

Demikianlah info tentang Deteksi Masalah Sepeda Motor Pakai MIL, Gini Caranya ini. Semoga bermanfaat.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: