Berita Umum

Awal Ramadhan 1442 H Hilal Terlihat di Beberapa Wilayah Di Indonesia

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian,ada info terupdate mengenai Awal Ramadhan 1442 H Hilal Terlihat di Beberapa Wilayah Di Indonesia nih. Ramadhan telah tiba. Seluruh umat Islam diseluruh dunia menanti-nantikan bulan yang suci dan penuh berkah ini. Hilal merupakan bulan sabit muda pertama yang bisa dilihat setelah terjadinya bulan baru di arah dekat matahari terbenam. dan hal inilah yang dijadikan acuan permulaan bulan dalam kalender Islam. Dan penentuan Awal Ramadhan 1442 H ini ternyata sudah terlihat diberbagai daerah.

Awal Ramadhan 1442 H Hilal Terlihat
Awal Ramadhan 1442 H Hilal Terlihat

Awal Ramadhan 1442 H Hilal Terlihat

Yup mas bro, seperti dilansir dalam detiknews bahwa Kementerian Agama (Kemenag) telah mendapatkan referensi laporan tentang hilal awal Ramadhan 1442 H di beberapa wilayah Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Cecep Nurwendaya yang merupakan anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama. Pelaksanaan sidang isbat tersebut digelar di Kementerian Agama di Gedung Kemenag, Jakarta Pusat pada hari Senin (12/4/2021). Kegiatan tersebut dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, serta Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin juga perwakilan dari berbagai ormas lewat aplikasi daring.

Cecep mengungkapkan bahwa ada referensi hilal awal Ramadhan 1442 Hijriah pada hari Senin ini tanggal 12 April 2021 bisa terlihat diberbagai wilayah Indonesia. Ijtimak telah terjadi pada hari Senin, 12 April 2021, kurang lebih pada pukul 09.31 WIB. Dan ketika terbenam matahari di seluruh Indonesia juga sudah terjadi ijtimak/konjungsi yakni hilal awal Ramadan telah cukup tua dan umurnya telah lebih dari delapan jam. Dan di Indonesia hilal ada di posisi signifikan untuk dilihat. Pada Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas Pelabuhan Ratu, posisi hilal saat terbenamnya matahari ada pada posisi 3,59 derajat dengan umur bulan yakni 8 jam 23 menit, 12 detik.

Demikianlah info tentang Awal Ramadhan 1442 H Hilal Terlihat di Beberapa Wilayah Di Indonesia ini. Yuuk perbanyak ibadah di bulan Ramadhan ini.

One thought on “Awal Ramadhan 1442 H Hilal Terlihat di Beberapa Wilayah Di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.