10 Fakta Kebakaran Lapas Tangerang Yang Turut Tewaskan 2 WNA

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, sebuah info telah beredar dan menjadi viral di dunia maya, yakni info tentang 10 Fakta Kebakaran Lapas Tangerang Yang Turut Tewaskan 2 WNA. Saat ini kta sedang berduka atas kejadian yang menimpa lapas kelas  1 Tangerang Banten yang terjadi pada Rabu (8/9/2021) dini hari. Kebakaran yang mengakibatkan puluhan narapidana meninggal dan anyak yang terluka ini tentu kini amat menjadi pusat perhatian bersama. Maka dari itu, berikut ini akan dijaarkan beberapa fakta mengenai kebakaran yang terjadi di lapas tangerang tersebut.

10 Fakta Kebakaran Lapas
10 Fakta Kebakaran Lapas

10 Fakta Kebakaran Lapas

Yup mas bro, berikut ini merupakan 10 Fakta Kebakaran Lapas Tangerang yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, antara lain:

1. Narapidana Tewas 41 orang

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan bahwa dalam peristiwa kebakaran Lapas Tangerang tersebut sekitar 41 narapidana telah meninggal dunia, 8 alami luka bakar, dan 73 luka ringan. Kemudian para korban meninggal dan luka bakar langsung dibawa ke RSUD Kabupaten Tangerang. Sementara untuk korban luka ringan dirawat di Poliklinik Lapas Tangerang.

2. Dua narapidana WNA turut tewas dalam Kebakaran Lapas Tangerang

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly juga mengungkapkan bahwa ada 2 Warga Negara Asing (WNA) yang turut menjadi korban tewas dalam musibah kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten itu. Mereka merupakan WN Afrika Selatan dan Portugal.

baca juga 41 Narapidana Tewas Terkunci Di Dalam, Tak Sempat Selamatkan Diri

Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang Menewaskan 41 Dan 8 Luka Bakar

10 Fakta Kebakaran Lapas.
10 Fakta Kebakaran Lapas.

3.Api dapat dipadamkan setelah 2 Jam

Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Rika Apriyanti mengungkapkan bahwa kebakaran lapas Tangerang tersebut mulai terjadi sekitar pukul 01.50 WIB. Api berkobar besar kurang lebih selama 2 jam, yakni dapat dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIB. Dugaan awal penyebab terjadinya kebakaran adalah karena hubungan pendek arus listrik. Akan tetapi, kepolisian kini masih menyelidiki lagi.

4.Kebakaran ada di Blok C2

Dirjen PAS Kemenkumham Reynhard Silitonga mengungkapkan bahwa kebakaran Lapas Tangerang tersebut terjadi di Blok C2. Menurutnya, di Blok C2 ada 1 aula dan ada 9 kamar. Didalam blok itu ada kurang lebih 122 narapidana. Dari 4 blok disebutkan kebakaran hanya menghanguskan Blok C2, namun blok lainnya aman.

Videonya KLIK disini.

intip juga Driver Ojol Terseret Saat Pertahankan Motornya Yang Dirampas Debt Collector

Mobil Bermuatan Buah Terbakar Bersama Sopirnya, Api Langsung Membesar

5.Pintu sel Lapas terkunci

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten Agus Toyib mengungkapkan bahwa ketika terjadi kebakaran, semua pintu sel tahanan memang sedang terkunci. Hal tersebut membuat ada tahanan yang tidak sempat dibukakan pintu selnya dan tidak sempat dikeluarka n karena pi yang terlanjur besar.

6.Kelebihan kapasitas

Melihat dari data dari laman Ditjenpas.go.id dapat diketahui bahwa ternyata Lapas Kelas I Tangerang kelebihan kapasitas. Untuk data Ditjen PAS kapasitas lapas seharusnya 600 orang. tapi saat ini anyaknya ada sekitar 2.072 napi. Maka kapasitas melebihi sekitar 245 persen. Blok C2 seharusnya jumlah napi ada 38 orang, namun saat kejadian jumlah napi ada 122 orang.

10 Fakta Kebakaran Lapas`
10 Fakta Kebakaran Lapas`

7.Blok C2 adalah napi narkoba dan kriminal

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengungkapkan bahwa Blok C2 Lapas Kelas I Tangerang yang terbakar tersegut merupakan narapidana narkoba dan kriminal lainnya.

8.Hanya dijaga 12 Sipir

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten Agus Toyib mengungkapkan bahwa kebakaran tersebut menelan koran jiwa karena jumlah petugas lapas yang terbatas. Saat kebakaran terjadi, penjaga lapas yang berjumlah hanya 12 orang sempat melakukan pembukaan pintu-pintu sel untuk penyelamatan hingga akhirnya api lama-kelamaan membesar.

9.Damkar tiba 13 menit setelah kebakaran

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly mengungkapkan bahwa petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kebakaran 13 menit setelah mendapat laporan. Akan tetapi api cepat membesar dengan cepat, sehingga petugas Lapas tidak sempat lagi membuka semua pintu kamar napi bagian blok itu.

lihat juga Beli Ambulans Untuk Wakaf, Nenek Ini Kumpulkan Uang Hasil Panennya

Mata Bocah Dilukai Orang Tuanya Demi Pesugihan, Begini Kondisinya Kini

10. Puluhan napi sulit keluar Blok C karena pintu keluar cuma Satu

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Banten Agus Toyib mengungkapkan bahwa usaha penyelamatan para petugas lapas ketika terjadi kebakaran tersebut tidak dapat dilakukan dengan cepat. Sebab ketika sel dibuka, para napi lari bergerombol menuju pintu keluar yang memang hanya ada satu. Sehingga diantara napi ada yang kakinya luka akiat berebut untuk keluar menyelamatkan diri

Demikianlah info tentang 10 Fakta Kebakaran Lapas Tangerang Yang Turut Tewaskan 2 WNA ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan.

baca juga Gudang Shopee Terbakar, Barang Yang Kena Imbas Sudah Diasuransikan

Celengan Macan Isi Koin Dipecahkan Wanita Ini, Jumlahnya Belasan Juta

One thought on “10 Fakta Kebakaran Lapas Tangerang Yang Turut Tewaskan 2 WNA

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: