Tips

Indikator Suhu Mesin Menyala, Lakukan 5 Hal Berikut!

Bonsaibiker.com – Ada sebuah pertanyaan di dunia permesinan, jika Indikator Suhu Mesin Menyala, maka apa yang musti dilakukan? Ini bisa terjadi pada mobil anda atau motor anda mas bro. Juga bisa terjadi pada kendaraan besar seperti truk atau bus, atau mobil bak, dan bahkan pesawatpun juga bisa. Nah mas bro, jawaban singkatnya adalah bahwa hal ini terkait dengan sistem penginginan mesin.

Indikator Suhu Mesin Menyala
Indikator Suhu Mesin Menyala

Identifikasi Indikator Suhu Mesin Menyala

Mas bro, sebelum kita ngomongin terkait Indikator Suhu Mesin Menyala. perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jenis sistem pendinginan yang ada pad mesin baik itu mobil maupun sepeda motor. Yakni ada pendinginan menggunakan cairan atau water cooler, pendinginan oli atau oil cooler, dan pendinginan hembusan udara secara langsung atau disebut dengan air cooler. Untuk produk skutik motor yang model terbaru misalkan merk Honda, sistem pendinginan mesinnya menggunaka cairan, water cooler atau yang lebih kita kenal dengan nama radiator.

Kalau kita intip beberapa motor skutik Honda yang menggunakan pendingin radiator diantaranya Honda Vario 110, vario 125, Vario 150, 160, PCX160, ADV160 dan Forza 250. Sistem pendinginan pada motor-motor tersebut bisa dibilang lebih optimal dan tentunya lebih canggih. Dengan keunggulannya bisa mengetahui informasi kondisi sepeda motor kepada pemiliknya, seperti indikator suhu yang terdapat pada panel speedometer.

Yang perlu diketahui adalah bahwa Indikator suhu berfungsi untuk memberikan informasi kondisi suhu mesin sepeda motor. Misalkan ketika suhu panas mesin sudah melewati batas ideal atau overheat, lampu indikator suhu pada motor ini bakal menyala sehingga pemilik sepeda motor perlu melakukan tindakan yang dianggap perlu. Yakni agar suhu mesin bisa kembali normal. Jadi mas bro, ketika suhu mesin melewati batas ideal maka akan bagian dalam mesin seperti silinder, piston, stang piston bisa jadi rusak kalau dipaksain mesin nyala. Nah kalau yang demikina itu terjadi maka bakal berakibat faral, kendaraan harus turun mesin untuk memperbaikinya, kemudian bisa menghabiskan biaya banyak.

Penyebab Indikator Suhu Mesin Menyala

Nah mas bro, ada beberapa hal yang menyebabkan mesin sepeda motor mengalami overheat, yakni diantaranya adalah:

  • Cairan pendingin habis, Jika cairan pendingin habis atau kurang, Maka tidak ada cairan untuk menjaga suhu kerja mesin dalam kondisi ideal.
  • Kipas radiator mat, Kipas radiator akan bekerja untuk menurunkan suhu cairan pendingin Agar cairan yang disirkulasikan ke mesin dapat menjaga suhu kerja mesin.
  • Thermostat tidak bekerja, Jika thermostat tidak bekerja atau tidak terbuka saat suhu mesin tinggi maka cairan tidak akan bisa dialirkan ke mesin. Jika demikian maka mesin akan mudah overheat.
  • Pompa air tidak berfungsi, Meski cairan yang ada dalam tangki reservoir dalam kondisi penuh, tidak akan ada manfaatnya jika pompa air tidak bekerja dengan normal. Karena air tak akan mengalir ke dinding mesin untuk mendinginkan suhu mesin.
  • Sensor suhu mesin bermasalah, Sensor yang bermasalah tidak akan membaca kondisi suhu mesin dengan benar, apakah suhu mesin dalam kondisi normal atau mengalami panas berlebih. Kesalahan informasi dari sensor akan mempengaruhi kinerja mesin saat dihidupkan atau lampu indikator high temperature akan menyala.

Yang dilakukan jika Indikator Suhu Mesin Menyala

Mas bro, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan jika Indikator Suhu Mesin Menyala :

  1. Matikan mesin dan biarkan mesin hingga suhunya turun atau dingin.
  2. Setelah mesin dingin, periksalah kondisi selang radiator apakah ada kebocoran.
  3. Periksa volume cairan pendingin di tangki cairan atau reservoir, apakah masih dalam batas normal atau kurang. Jika kurang atau berada di bawah batas minimal, segera isi hingga batas yang dianjurkan.
  4. Jika tidak ditemukan masalah pada selang radiator dan volume cairan pendingin, maka perjalanan bisa dilanjutkan.
  5. Jika kondisi (indikator suhu menyala) terulang, bila kendaraan anda motor misal motor Honda, segeralah bawa sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat.

Demikian mas bro, beberapa hal terkait Indikator Suhu Mesin Menyala pada kendaraan kita. Semoga bermanfaat mas bro, hati-hati saat berkendara!

27 komentar pada “Indikator Suhu Mesin Menyala, Lakukan 5 Hal Berikut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.