Gara-gara Cuci Steam Komstir V-Ixion Karatan | Bonsaibiker

Gara-gara Cuci Steam Komstir V-Ixion Karatan

komstir-vixion-copotan-4_resize

komstir-vixion-copotan-4_resize

Brader sekalian sebuah ulasan menarik dari Gila Motor tentang keluhan komstir bermasalah. Yakni ada yang seret, macet dan oblak, ya hal ini memang sebagaimana sering kita dengar tentang kerapuhan si home steer V-ixion ini. Sebuah kasus yang ternyata sering terjadi adalah komstir V-ixion ini karatan, jadi terasa berat untuk membelokkan stang, bahkan ada yang radius putarnya jadi kecil.

Lha kok bisa? Ya, setelah melalui beberapa analisa ternyata komstir karatan akibat kemasukan air saat proses pencucian dengan air bertekanan. Kata sumber rujukan Gila motor yakni AVMos tentang bagaimana kasus ini bisa terungkap, “Saya tanya ke mereka, mulai dari cara merawat, pemakaian sampai kondisi jalan yang mereka lalui setiap hari. Memang ada yang rusak akibat kondisi jalan yang kurang bagus, tapi tak sedikit yang rusak atau karat akibat proses pencucian.” Menurut sumber tersebut, saat proses penyemprotan dengan air bertekanan, biasanya pencuci mengarahkan air nya dari bawah ke arah stang motor, saat itulah air yang disemprotkan dengan tekanan cukup tinggi sidikit-banyak masuk ke selah-selah komstir. Jadi, kata dia, ada baiknya kita meminta untuk menggunakan air tanpa tekanan di bagian-bagian tertentu.

Anehnya kok kasus ini nggak terjadi pada home steer motor lain ya, ada apa dengan bahan home steernya? Ya setelah kasus oblak memang bak gayung bersambut, banyak fihak membahas, lalu fihak YMKI sudah mengkaji hal ini, tapi sekarang YMKI bubar! Ya, yang jelas apapun namanya pasti dari Yamaha Indonesia akan memberisolusinya.

Advertisements

17 thoughts on “Gara-gara Cuci Steam Komstir V-Ixion Karatan

    ya begitulah,
    hiiiiiiiiiiiii

    awas kobonggg

    YAMAHAL
    on said:

    Karena jelas bahannya yang murahan, kalau bukan murahan yamahal gak bakalan profit taking alias ambil untung gede gedean, kan sekarang Yamahal sudah kecap operpressssssss

    aku gak melu2…

    Juragan Rondooo,,, request ngebahas motor2 cruiser second dong, macam Honda Phantom, Kaisar Ruby, atau Kawasaki Eliminator175,,, siap2 jadi homosek kapak merah motor cruiser nih 😀

    masa cuma gara’ cuci steam bisa karatan?
    kualitas material nya gimana itu ???

    alah…mosok sih?? salah itungan titik berat kendaraan…center gravity nya bertumpu pada cones abal2 yang seupil itu….lha yang sekelas scorpio aja ndak masalah…padahal tenaga lebih gahar…mosok yang 150cc ra beres-beres….kasus serupa kan juga terjadi pada filter oli jupi mx dan vixy…mesin kasar dan cepat panas…sedang scorpio yang konvensional adem-ayem…nah ternyata bahan filter olinya lain…yang punya jupi mx/vixy cuma 20-an rebu berbahan kertas saring…sedang si kalajengking pake kasa berbandrol 90-an rebu….hehehehe…..

    anton
    on said:

    vixionku br 6 bulan…komstirnya uda kendor,kata beres kencengin aja. tapi sy was nih….setelah baca artikel yang bilang bahwa komstir vixion lemah!!!!!!!!!!!! tahan berapa lama ya komstir abis dikencengin!!!!!!!!!!!!!jangan-jangan.waduh……………..!!!!!!!!!!!!!!!padahal baru 9856 km. motor hanya dipakai buat pulng-pergi kerja. pemakain standar gak pake kebut-kebutan. top speed mak.90km. itupun jarang.oh ya jarak kerja sekitar 70km pulng-pergi. tangerang-jakarta. gimana nih mas bro?? salam.

      Salam balik mas bro.
      memang kasus Vixion home steernya oblag ini sejak beberapa bulan lalu enjadi topik hangat yang menghiasi setiap portal otomotif.Banyak sudah home steer oblak melanda V-ixion yang berumur lebih dari 2 tahun (tapi mohon maaf V-ixion sampean baru 6 bulan, sungguh bikin nyut-nyutan nih), para blogger kondang yang pakek V-ixion juga mengalami hal yang sama dengan sampean mas bro.Parahnya harga home steer sekitar 400-an ribu,sebagai perbandingan Tiger hanya 95 ribu.
      Kalau saya boleh memberi saran coba diskusikan dengan beberapa klub V-ixion boleh jadi adasolusi, atau pastikan oblag atau nggak, karena motor sampai beberapa waktu lamanya kan ada garansinya, saya dulupernah knalpot tiger saya catnya ngelupas setelah 6 bulan, lalu saya komplain langsung diganti mas bro.
      Sementara itu kalau tidak salah Yamah Indonesia sudah pernah menyatakan untuk mengkaji ulang tentang home steer ini. Cimiw semoga bisa membantu.

    y nich,, si mrah ane jg agak oblak. Mmang sring d steem sich,, mnimal 2 mnggu skali.

    Juhaimin
    on said:

    ya…….
    katanya teknologinya terdepan……
    hiks.hiks..hiks….INIKAH TEKNOLOGINYA?……………..
    terdepan ke bengkel terdepan ke SPBU

    kirain vega r w doang yang oblak. yang mahal juga OBLAK……

    salam kenal Buat Bro Anton, gk usah ragu dikecengin aj klw ada gejala seret atau lari2 stirnya setelah dikencegin, di pastikan ada karat di komstir paling bawah.. kenapa saya bilang seperti itu? karena saya jg habis bongkar komstir viksen saya ya sama penyakitnya seperti bro anton. karna tau sendiri harganya yg gila bener komstir viksen.. setelah di bongkar ternyata bener dugaan laher komstir yg bawah karat2 ampe coklat. gres pun tak ada atau pelumas, jadi besi dan besi yg beradu klw sedang dibelokan kemudinya. alhamdulilah setelah di pasang kembali hilang gejala tadi. thanks

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan

%d bloggers like this: