Banyak Milih Old V-ixion daripada NVL

Bonsaibiker.com – Masih obrolan seputar motor Yamaha mas bro yaitu Yamaha V-ixion. Sebuah fakta yang beberapa kali James Bons jumpai terjadi dalam dunia motor bekas, atau dalam group fb disebut bekakas dengan singkatan dari bergejil suka motor bekas. Bahwa Di Pasar Motor Bekas Banyak Milih Old V-ixion daripada NVL. Nah pilihan itu Karena Memang Bagus atau Bujuk Rayu Pedagang semata mas bro?

Ya, beberapa bulan lalu, tetangga James Bons berburu V-ixion bekas mas bro, ke pedagang motor bekas. Dia disodori dua pilihan rada ruwed. Yaitu ditawari NVL tahun 2013 seharga Rp. 10 Juta, lalu juga ditawari V-ixion lawas tahun 2011 seharga Rp. 11 Juta. Kedua motor tersebut ditawarkan harga net samasekali gak bisa ditawar.

Dia curhat ke James Bons, kok bisa yang legih tua dua tahun malah lebih mahal harganya, kenapa?

Yup, yang jelas yang tahun 2011 adalah old V-ixion facelift pertama, lalu yang 2013 adalah NVL yaitu New V-ixion Lightning, atau V-ixion face lift ke 2. Selengkapnya baca sejarah V-ixion dalam artikel berikut :

Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old alias Lawas

Ya, James pastiin tuh NVL apakah masih dalam kondisi bagus? Dan ternyata bener, motor dalam kondisi siap pakai. Sementara yang OLD juga tak kalah juoz, masih mantab.

Apakah Old V-ixion Lebih Bagus Dari NVL?

Saat tetangga James Bons tanya kenapa yang tua lebih mahal? Si penjual bilang bla-bla-bla. Dengan bahasa yang kadang sedikit bombastis, tapi kadang ada benarnya juga. Diantara yang dia katakan, old V-ixion lebih bandel dan lebih gesit, serta materialnya lebih bagus.

Inget mas bro, itu hanya kata pedagang. James Bons belum seratus persen percaya. Yup mas bro jangan-jangan ini cuman ulah pedagang motor bekas saja agar dangannya yang lawas bisa laku. Ya meski dengan catatan, ini bukan kali pertama James Bons denger hal yang beginian, dimana Old V-ixie lebih mahal dari NVL.

Seher Old V-ixion Lebih Mahal dari New V-ixion

Mas bro, saat nulis artikel ini James Bons jadi inget dulu saat rame-rame brolan seputar peertanyaan kenapa Seher old V-xion lebih mahal dari New V-xion?

Ya, ternyata blok silinder V-xion dengan kode 3C1 kepunyaan Old V-ixion (2007-2012) ini banyak dibilang istimewa dan menjadi buruan. Simak mas bro, bahwa harga blok silinder 3C1 di pedagang bisa 3-5 kali lebih mahal dari harga blok standar V-ixion lainnya. Gila nggak!

Simak saja di buka lapak, olx dan sebagainya, ada blok silinder V-ixion dengan harga 800-an, eh ada yang dengan harga 250-an. Simak dulu part numbernya mas bro!
Part Number : 1PA-E1311-00 Untuk New V-xion
Part Number : 3C1-WE160-00 Untuk Old Vixion, dan harganya jelas jauh beda.

Menurut para pakar atau mekanik, materialnya memang lebih bagus. Para mekanik selama ini jarang menemukan blok 3C1 yang ngemal, yaitu fenomena dinding blok silinder yang terkikis.

Sementara untuk blok silinder New V-ixion yang terkikis adalah lapisan Diasil, nah kalau di blok silinder 3C1 jarang banget terkikis. Dengan fenomena ini ternyata banyak penunggang New V-ixion yang ingin mengganti blok bawaannya dengan blok silinder 3C1.

Fakta Seher Old V-ixion Mantab ini Ternyata Nyebar juga ke Pedangang

Nah mas bro, ternyata Fakta Seher Old V-ixion Mantab ini Nyebar juga ke Pedangang. Dan akhirnya mereka banyak mengeluarkan statmen bahwa V-ixion lawas lebih bandel, lalu membanderoll lebih mahal.

Nah, padahal banyak hal baru lho mas bro dalam NVL ini apalagi NVA alias New V-xion advance, apalagi V-xion R. Mmm, apa iya harga hanya ditentukan leh seher saja? Bagaimana dengan Fitur, Model, power dan sebagainya?

Nah, bagaimana menurut mas bro sekalian?